Cara Membuat Powerbank Sederhana Dengan Biaya Murah

CiptaanTangan.com
Cara Membuat Powerbank Sederhana Dengan Biaya Murah

Smartphone atau Handphone (HP) adalah sebuah alat komunikasi yang sangat berguna di era perkembangan teknologi zaman sekarang ini, namun Smartphone biasanya akan menyerap daya baterai dengan sangat cepat/boros sampai-sampai harus mengecas baterai berulang-ulang agar Smartphone kita tetap dapat dipakai.
Powerbank Sederhana Dengan Biaya Murah

Kebanyakan Smartphone saat ini sudah berbasis Sistem Operasi Android yang mana sistem ini akan memakan banyak sekali kapasitas daya baterai dalam pemakaiannya, sehingga diperlukan alat bantu tambahan untuk dapat menggunakan Smartphone pada saat daya baterai sudah hampir habis yaitu dengan menggunakan Powerbank.

Powerbank adalah alat portable yang bisa dipakai untuk mengecas kembali Smartphone pada saat gadget anda mulai kehabisan daya ketika anda berada di luar ruangan yang tidak terdapat stop kontak atau colokan listrik. Powerbank memiliki ukuran yang terbilang cukup kecil sehingga memungkinkan para pengguna Smartphone untuk dapat membawa alat ini pada saat kemana pun mereka pergi.

Baca Juga : Cara Membuat Tripod Handphone/Smartphone Sederhana 

Mungkin sudah banyak Powerbank yang di jual dengan harga yang bervariasi dengan kapasitas daya yang berbeda-beda pula, namun tahukah bahwa sebenarnya anda juga dapat membuat Powerbank itu sendiri dengan cara yang sederhana.

Kali ini saya akan memberikan anda tips bagaimana caranya untuk membuat sebuah powerbank sederhana yang berguna untuk anda pada saat anda membutuhkan daya untuk mengecas ulang Smartphone anda.

Berikut Cara Membuat Powerbank Sederhana Dengan Biaya Murah

Bahan Yang dibutuhkan:
- Baterai
- Kabel Charger
- Konektor Charger
- IC LM7805
- Resistor 470 Ohm
- Lampu LED
Cara Membuat Powerbank Sederhana  :
  • Pasang Komponen yang telah disiapkan sesuai dengan rangkaian gambar seperti berikut ini


  • IC 7805 yang kita pakai berfungsi untuk menurunkan tegangan baterai supaya menjadi stabil
  • Sambungkan Kabel USB dengan Smartphone (HP), namun perlu diperhatikan untuk menggunakan kabel yang sesuai dengan Smartphone (HP) yang nantinya akan dipakai
  • Kemudian sambungkan baterai yang sudah disiapkan pada rangkaian di atas
  • Untuk Baterai pastikan terlebih dahulu bahwa tegangan yang dimiliki lebih dari 5 Volt, yaitu dengan menggunakan cara menggabungkan baterai seperti gambar dibawah ini:


  • Selanjutnya lakukan pararel suapay daya lebih terawat dan awet 
  • Langkah terakhir masukan kedalam box bila semuanya sudah selesai
Demikianlah cara membuat Powerbank Sederhana Dengan Biaya Murah.
Semoga Bermanfaat... :D

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...