Cara Membuat Tas Unik Dari Potongan Kain Perca Bekas Limbah

CiptaanTangan.com
Cara Membuat Tas Unik Dari Potongan Kain Perca Bekas Limbah

Tas adalah sejenis wadah yang tertutup dan dapat dibawa pada saat akan bepergian. Tas biasanya dibuat menggunakan materi bahan antara lain seperti kulit, kain, kertas, plastik, dan lain-lain. Tas sering digunakan untuk membawa buku, pakaian, dan lain sebagainya.
Tas Kain Perca

Tas ada beberapa macam pemakaiannya, tas yang digendong di punggung disebut dengan ransel, yang mana tas jenis ini banyak dipakai oleh anak sekolah, mulai dari SD sampai Perguruan Tinggi. Tas yang bermuatan besar dan biasanya dipakai untuk membawa banyak barang disebut dengan koper yang berasal dari bahasa belanda koffer dan sering sekali dipakai seseorang jika akan melakukan perjalanan jauh baik Menggunakan Pesawat Terbang, Kapal, Kereta Api, ataupun menggunakan Bus/Bis.

Selain ransel dan koper, ada pula tas kecil yang biasanya digunakan untuk membawa peralatan rias atau make up, dan yang paling sering menggunakan tas ini adalah kaum wanita biasanya tas jenis ini disebut dengan tas kecantikan.

Baca Juga : Cara Membuat Mie Gomak Siantar Khas Batak Toba Kuah Dan Goreng

Zaman sekarang ini tas sudah menjadi salah satu produk industri yang sangat menggiurkan. Dikarenakan mayoritas penduduk di dunia ini menghabiskan sebagian dari uangnya hanya untuk membeli tas. Bahkan saat ini ada tas yang terbuat dari batik. Model nya juga tidak kalah menarik dari tas-tas lainnya. Selain itu, tas ini memiliki corak yang mampu menarik perhatian banyak orang dan juga batik merupakan salah satu simbol kebudayaan bangsa Indonesia.

Nah, itulah sekilas pengenalan dengan apa sebenarnya yang di maksud dengan tas. Namun dari sekian banyak jenis tas yang sudah di jelaskan di atas, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya untuk membuat tas sendiri dari potongan kain perca.

Sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu yang di maksud dengan kain Perca, dan anda bisa simak penjelasan berikut ini.

Kain Perca adalah limbah kain bekas dari sisa-sisa potongan kain produksi pabrik konveksi. Kain Perca yang biasanya digunakan untuk membuat kerajinan tangan yaitu kain bekas limbah berbahan Flanel. Di Indonesia sendiri belum terlalu banyak orang yang menggeluti karajinan tangan dari kain perca untuk dijadikan bisnis, maka sangat terbuka peluang bagi anda yang ingin mencoba peruntungan di bisnis ini.

Jika anda punya potongan kain perca bekas yang tidak terpakai. Cobalah untuk mempraktekan cara membuat tas sendiri dari kain perca bekas limbah, karena anda adalah orang kreatif yang memiliki keinginan untuk belajar, maka kain perca tersebut dapat anda buat menjadi tas yang trendi dan juga modis.

Berikut Cara Membuat Tas Unik Dari Potongan Kain Perca Bekas Limbah

Bahan & Alat yang dibutuhkan :
  • Potongan kain bekas sisa limbah (Perca) sesuai dengan warna kesukaan anda
  • Benang jahit, sesuaikan warnanya dengan kain
  • Resleting yang nantinya digunakan untuk membuka-tutup tas.
  • Busa Angin yang tipis untuk membuat bagian dalam
  • Gunting atau Cutter
  • Bahan tambahan lainnya seperti kancing, pita, dan aksesoris lainya sesuai keinginan anda
Cara Membuat Tas Unik dengan Kain Perca:

  • Pertama sekali anda buatlah pola untuk tas sesuai dengan selera anda
  • Potonglah setiap lembaran kain perca sesuai ukuran yang ditentukan, misalnya pada contoh ini pola berukuran 30x40 cm. Anda sisakan 2 cm sebagai lipatan untuk jahitan
  • Lalu letakkan busa angin yang telah dipersiapkan sebelumnya di atas kain
  • Kemudian jahitlah masing-masing potongan untuk menyatukan kain perca dengan busa angin.
  • Selanjutnya buat tali yang berfungsi sebagai penyandang tas yang sudah disatukan dengan ukuran sekitar 5x15 cm sebanyak 2 buah
  • Lapislah tali tas tersebut dengan busa angin, kemudian jahit dan pasang pada tas
  • Terakhir, Anda hanya tinggal memasang resleting dan menambahkan aksesoris tambahan seperti pita dan kancing atau aksesoris yang lainnya
  • Dan tas dari kain perca buatan tangan sendiri pun sudah bisa anda gunakan
Ternyata membuat Tas Unik Dari Potongan Kain Perca Bekas tidaklah sulit bukan. Bahkan dalam proses pembuatannya juga tidaklah serumit yang kita bayangkan. Disini Anda hanya perlu sedikit ketelitian menerapkan ide kreatif yang anda miliki pada saat proses pembuatannya.

Demikianlah Cara Membuat Tas Unik Dari Potongan Kain Perca Bekas Limbah, semoga anda dapat membuatnya dengan langkah-langkah yang tepat dan benar. Semoga sukses dan selamat mencoba :D
Previous
Next Post »