Cara Membuat Deterjen Bubuk Dengan Mudah

Deterjen Bubuk adalah bahan aktif berbentuk serbuk yang diformulasikan khusus untuk melepaskan kotoran pakaian yang telah direndam semalaman sehingga dapat dicuci dengan menggunakan tangan. Deterjen bubuk memiliki daya bersih yang kuat dalam membersihkan kotoran yang membandel dan jika direndam semalaman baju tidak akan menimbulkan bau.
Deterjen Bubuk

Deterjen (Detergent) bubuk memiliki campuran berbagai macam bahan yang digunakan untuk mencuci pakaian. Deterjen tidaklah sama dengan sabun, walaupun sabun juga termasuk dalam deterjen. Namun jika dibanding dengan sabun, deterjen ini mempunyai keunggulan antara lain mempunyai daya cuci yang lebih baik serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air. Air sadah adalah air yang mengandung garam kalsium, magnesium yang dilarutkan dari batuan yang dialiri air.

Baca Juga : Cara Membuat Sabun Colek (Cream Detergent)


Deterjen tentunya sudah sudah sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari terutama pada saat akan mencuci pakaian, pastilah kita akan menggunakan deterjen untuk membantu meringankan beban dalam membersihkan kotoran atau noda yang menempel di pakaian, terutama bagi ibu rumah tangga diman kebersihan pakaian dan tempat tinggal merupakan faktor penting bagi kesehatan.

Pernahkan anda berpikir sebelumnya tentang bagaimana cara untuk membuat deterjen bubuk sendiri. Dalam pembuatan deterjen memang dispesialisasikan untuk membersihkan bahan-bahan seperti kain dan baju, handuk, sprei, kemeja kaos dan juga celana. Hal ini dikarenakan sifat deterjen adalah sebagai penghilang noda pada bahan-bahan tersebut.

Pada zaman dahulu tentunya belum banyak orang yang mengetahui cara untuk mencuci pakaian menggunakan deterjen seperti sekarang ini, namun kegiatan mencuci pakaian biasanya dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seperti kelerak atau lerak. Lerak merupakan sejenis tumbuhan yang dikenal karena keunggulan dari bijinya yang berguna sebagai deterjen tradisional. Kandungan yang ada pada biji lerak disebut dengan sponin (alkaloid beracun) yang mampu menghasilkan busa yang berfungsi sebagai bahan untuk mencuci pakaian.

Namun pada era modern sekarang ini lerak tidak lagi digunakan untuk mencuci pakaian atau berbagai peralatan sehari-hari, itu dikarenakan banyaknya produk-produk deterjen yang dinilai lebih modern sehingga orang-orang sudah mulai meninggalkan lerak sebagai bahan utama pencuci pakaian. Tetapi lerak juga masih sering digunakan untuk mencuci kain batik, dan terbukti sudah terbukti mampu mempertahankan kualitas kain seperti pada saat pertama kali di buat.

Macam-Macam Bentuk Deterjen

Pada umumnya deterjen berbentuk serbuk (bubuk), akan tetapi berdasarkan dari bentuk fisiknya bahwa deterjen sebenarnya ada tiga macam, antara lain:
  1. Deterjen cair, yang biasanya dipakai untuk laundry dengan menggunakan mesin cuci yang memiliki kapasitas besar serta memakai teknologi canggih.
  2. Deterjen krim, bentuk dari deterjen krim ini hampir sama bentuknya dengan sabun colek, namun kandungan formula dari bahan baku keduanya sangatlah berbeda.
  3. Deterjen bubuk, bentuk dari deterjen ini paling familiar di masyarakat umum dan bahkan paling banyak digunakan.
Saat ini deterjen sudah tersedia dalam berbagai merk, dan memiliki kandungan pewangi serta pelembut dan juga bahan-bahan tambahan lain yang fungsinya lebih beragam. Namun jika anda ingin mencoba untuk membuat deterjen bubuk sendiri, Berikut ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk membuatnya kepada anda.
Berikut Cara Membuat Deterjen Bubuk Dengan Mudah

Bahan-Bahan Membuat Deterjen Bubuk :
  • Bubuk sabun putih 300 gram
  • Bibit minyak wangi 15 cc
  • Causik Soda 15 gram
  • Bicarbonat Natricus 270 gram
  • Biboras Tatricus 15 gram
*Anda dapat membeli bahan-bahan diatas ditoko bahan bahan kimia.

Cara Membuat Deterjen Bubuk :
  1. Campurkanlah bubuk sabu putih dengan Bicarbonat Natricus serta Causik Soda dan juga biboras Tatricus. 
  2. Kemudian tumbuk atau gilas sampai halus dan kering.
  3. Setelah campuran bahan tadi halus, lalu masukkan bibit minyak wangi dan aduk hingga merata.
  4. Terakhir, jemurlah adonan yang tadi telah anda buat hingga benar-benar mengering, kemudian diayak dan ambil bubuk yang paling halus.
Diantara bahan-bahan untuk membuat deterjen bubuk diatas, ada yang tidak bisa larut/hancur oleh mikro organisme, sehingga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Dibutuhkan kesadaran yang tinggi oleh kita sebagai manusia supaya kestabilan pada ekosistem lingkungan selalu terjaga, dengan cara membuang limbah rumah tangga pada tempatnya.

Semoga artikel Cara Membuat Deterjen Bubuk Dengan Mudah ini dapat bermanfaat bagi anda, dan akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel yang saya buat ini. Selamat mencoba :D
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Mega Ndower
admin
8 Mei 2018 14.09 ×

Bahan - bahan yang digunakan di atas apakah ramah lingkungan gan ???

Congrats bro Mega Ndower you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar