Cara Membuat Lem Karet Super Untuk Menempel Ban, Perahu Karet, Dan Pelampung

Banyak barang-barang maupun benda di dunia ini yang sering mengalami kerusakan, seperti patah, pecah, ataupun retak. Dan biasanya harus menggunakan bahan tertentu untuk menyambungnya dengan cara memberikan cairan lengket yang biasa disebut lem. Serta juga untuk menempelkan pengumuman berupa kertas ke dinding haruslah menggunakan lem.
Ilustrasi Gambar

Apa itu Lem?

Lem adalah zat atau bahan perekat yang lengket berbentuk cairan yang berfungsi merekatkan dua benda atau lebih bisa digunakan untuk melekatkan plastik, logam, kulit, keramik, kayu, dan juga karet. Lem bisa dibuat dari bagian tumbuhan atau hewan, maupun bahan kimia dari minyak. Lem pertama mungkin adalah cairan alami yang berasal dari pohon saat ditebang.

Karet adalah sebuah polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks dari beberapa jenis tumbuhan. Sumber produksi utama pada karet di dalam perdagangan internasional yaitu para atau Hevea brasiliensis (suku Euphorbiaceae). Karet juga sering di pakai untuk mengikat makanan-makanan yang dibungkus menggunakan daun.

Baca Juga : Cara Membuat Pembersih Porselen Keramik Toilet Dan Lantai Kamar Mandi

Itulah sekilas pengertian dari Lem dan Karet yang perlu anda ketahui, jadi dari penjelesan di atas anda mungkin sudah dapat mengartikan apa yang dimaksud dengan lem karet, jika anda belum bisa menyimpulkannya, saya akan coba simpulkan kepada anda.

Lem Karet adalah bahan perekat berbentuk cairan yang lengket dan bertujuan untuk merekekatkan benda berbahan dasar polimer hidrokarbon (karet). Lem Karet biasanya sering digunakan untuk menambal ban mobil atau motor yang mengalami bocor.

Dan kali ini saya akan berbagi infromasinya kepada anda tentang cara membuat lem karet super dengan mudah. Sebenarnya ada cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk membuat lem perekat karet. Dimana lem karet super ini nantinya akan berguna untuk merekatkan bahan-bahan yang terbuat dari karet seperti, ban, perahu karet, pelampung, dan juga jenis bahan lainnya yang terbuat dari karet.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan lem perekat karet super ini juga cukup mudah untuk didapatkan. Bagi anda yang sudah tidak sabar untuk membuat lem karet sendiri, anda dapat mengikuti tutorial yang akan saya jelaskan kepada anda dibawah ini.

Berikut Cara Membuat Lem Karet Super Untuk Ban, Perahu Karet, Dan Pelampung

Bahan Membuat Lem Karet Super :
  • Mastic vernis 35 gr
  • Bensin 1000 cc
  • Crepe rubber 200 gr
  • Kaleng kecil yang bersih
Cara Membuat Lem Karet Super :
  1. Pertama, Campurkan Bensin dan crepe rubber, lalu masukkan ke dalam kaleng yang bersih kemudian ditutup dengan rapat.
  2. Selanjutnya, diamkanlah selama beberapa menit agar crepe rubber meleleh dan juga hancur menyerupai bubur.
  3. Kemudian, masukkan Mastic Vernis ke dalam larutan tersebut dan aduk sampai merata.
  4. Bila larutan tersebut tercampur secara merata, maka cepatlah tutup kaleng rapat-rapat agar lem karet yang telah di buat tidak mengering.
Demikianlah cara membuat lem karet super untuk menempel ban, perahu karet, dan pelampung, dengan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari karet. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
30 April 2017 18.10 ×

Maaf bang.. mastic vernis dan crepe rubber itu bahan kimia kah?

Congrats bro Budhy Setroumx you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar