Cara Membuat Sabun Mandi Sendiri Di Rumah

Sabun adalah senyawa yang dihasilkan dari reaksi antara alkali dengan asam lema. Asam lemak ini terdapat di dalam lemak hewan dan minyak nabati. Sabun mempunyai reaksi dari lemak hewan dan minyak nabati dengan alkali disebut dengan reaksi saponifikasi. Selain berasal dari minyak dan lemak, sabun juga dibuat langsung dari tanaman, minyak bumi dan gas alam.
Sabun Mandi

Dalam sejarah pengetahuan Sumaria, sabun dibuat dari campuran abu dengan minyak yang berasal dari pembakaran kayu. Sabun yang dihasilkan biasanya disebut dengan sabun kalium yang digunakan untuk mencuci bulu domba. Sabun ditemukan juga dalam catatan medis Mesir Kuno, yang menyebutkan bahwa sabun berasal dari soda alami yang biasa dikenal dengan istilah "natron: yang dihasilkan melalui dehidrasi Natrium Karbonat lalu dicampurkan dengan lemak nabati. 

Nah itulah sekilas pengertian tentang sabun, namun yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Sabun Mandi yang biasanya digunakan oleh orang-orang untuk membersihkan tubuh mereka dari kuman, serta kotoran yang menempel di tubuh setelah beraktifitas seharian.

Apa itu Sabun Mandi?

Sabun Mandi adalah salah satu kelengkapan mandi yang digunakan oleh manusia untuk membantu membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel setelah seharian beraktifitas. Sabun Mandi biasanya harus ada di dalam kamar mandi untuk digunakan setiap kali akan membersihkan diri.

Hampir setiap orang mempunyai sabun mandi, tidak hanya itu sabun juga biasa di gunakan digunakan untuk mencuci, baik pakaian, hingga peralatan-peralatan yang lainnya.

Tentunya sabun mandi ini sudah menjadi kebutuhan yang wajib untuk dipakai oleh semua orang pada saat akan membersihkan diri sewaktu mandi. Tidak hanya itu saja, sabun mandi pun saat ini semakin berkembang dengan berbagai bentuk dan bermacam-macam aroma untuk menambah keharuman pada tubuh kita.

Biasanya Sabun Mandi banyak dijual di toko dan juga supermarket dengan berbagai jenis dan merk yang bermacam-macam. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya Sabun Mandi juga bisa di buat dengan tangan kita sendiri. Mungkin cara ini dapat anda gunakan sebagai lahan bisnis baru yang patut untuk anda coba.

Simaklah langkah-langkah dibawah ini untuk membuat sabun mandi dengan aroma yang sesuai dengan selera yang anda inginkan.

Berikut Cara Membuat Sabun Mandi Sendiri Di Rumah

Bahan-Bahan yang diperlukan:
  • Caustik Sod 38 Be 400 gram
  • Susu Murni 200 CC
  • Dextrin Alba 30 gram
  • Garam 4 gram
  • Minyak Rose/Serai 25 cc
  • Bibit Minya Wangi (selera) 25 CC
  • Kesumba Warna Secukupnya
  • Minyak Kelapa 1 Liter
  • Minyak Lemak Sapi 200 cc
Berikut Cara Cara Membuat Sabun Mandi Sendiri Di Rumah:
  1. Larutan Coustik soda di campur dengan susu murni dan air bersih ke tempat yang bukan aluminium, direbus hingga mendidih
  2. Minyak Kelapa dilarutkan dengan minyak lemak sapi dicampur merata dipanaskan.
  3. Campuran A yang sudah mengental dicampur dengan larutan B diaduk sampai mengental.
  4. Masukan Dextrin Alba, minyak rose, kesumba warna, dan bibit minyak wangi, aduk hingga merata
  5. Masukkan ke cetakan yang sudah disiapkan, diamkan beberapa saat hingga mengeras. Setelah mengeras, maka dikeluarkan.
Nah, demikianlah cara untuk membuat sabun mandi sendiri di rumah, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membuat sabun mandi yang sesuai dengan selera anda. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...