Cara Membuat Telur Asin Dan Tips Memilih Telur Yang Baik

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dapat dikonsumsi oleh manusia selain daging, ikan dan susu. Telur yang dikonsumsi umumnya berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, burung unta dan juga puyuh, namun telur yang lebih kecil seperti telur-telur ikan (kaviar) kadang-kadang juga sering digunakan sebagai campuran dalam hidangan makanan.
Telur Asin

Nah, itulah sekilas pengertian tentang telur yang perlu anda ketahui, dimana selain untuk konsumsi makanan, ternyata telur juga sangat bermanfaat bagi tubuh, karena di dalam telur terkandung banyak sekali protein yang berguna untuk menambah daya tahan dan kekebalan tubuh kita.

Telur juga banyak sekali di jadikan sebagai makanan dengan berbagai macam variasi termasuk seperti yang akan kita bahas berikut ini, yaitu cara membuat telur asin dan tips memilih telur yang baik. Sebelum anda memulainya, berikut ini ada sedikit informasi singkat tentang kandungan gizi yang terkandung didalamnya.

Baca Juga : Cara Membuat Sabun Colek (Cream Detergent)


Telur memiliki sumber gizi yang cukup lengkap yang berisi karbohidrat dan protein serta delapan macam asam amino. Telur sangat mudah sekali diolah menjadi berbagai macam makanan bahkan telur ini juga mudah dicerna oleh tubuh kita.

Sebenarnya hampir semua jenis telur hewan bisa dimakan, hanya saja ada beberapa jenis telur yang biasanya lazim dimakan baik sebagai lauk maupun sebagai obat. Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar kualitas telur tetap terjaga, salah satunya dengan cara mengasinkan telur yang biasa disebut dengan telur asin.

Apa itu Telur Asin?

Telur Asin adalah jenis masakan berbahan dasar telur yang diawetkan terlebih dahulu dengan cara diasinkan untuk menonaktifkan enzim perombak dengan memberikan garam yang berlebih. Telur yang sering diasinkan kebanyakan telur bebek (itik), meski demikian untuk jenis telur-telur yang lainnya juga memungkinkan untuk dijadikan sebagai telur asin.

Sebagai salah satu jenis makanan yang cukup digemari saat ini. Telur asin ini sangat mudah dijumpai, biasanya di jual diwarung-warung maupun di supermarket/toko-toko dalam bentuk yang sudah dikemas dalam kemasan khusus.

Masa kadaluwarsa dari telur asin ini bisa mencapai 30 hari. Makanan ini juga selain memiliki cita rasa yang asin namun ternyata terasa sangat enak dilidah. Bukan hanya rasanya lezat, telur asin juga memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik untuk anak-anak sebagai antibodi. Hal itu dikarenakan kuning telur asin mampu membantu perkembangan otak pada anak bahkan telur juga sangat dianjurkan bagi orang yang sedang dalam masa pemulihan kesehatan dan juga bagi wanita hamil.
Dan kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang cara membuat telur asin ini, dan ini juga merupakan panduan bagi Anda jika ingin mencoba untuk membuat telur asin sendiri di rumah dengan rasa yang tak kalah lezat seperti yang dijual dipasaran. Telur asin yang enak dan lezat biasanya daapat di lihat dari teksturnya yang tidak menggumpal dan masir.

Berikut Cara Membuat Telur Asin Dan Tips Memilih Telur Yang Baik

Bahan Membuat Telur Asin :
  • Telur yang masih segar (Telur Bebek/Ayam, dan lainnya)
  • Garam dapur
  • Kapur sirih
  • Serbuk bata
Cara Membuat Telur Asin :
  1. Cuci Telur terlebih dahulu
  2. Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada cangkang telur dengan spon
  3. Rendam telur selama 2 menit di dalam air bersih, perhatikanlah saat merendam telur, bila telur mengapung itu berarti kondisi telur tersebut jelek atau rusak dan sebaiknya jangan digunakan
  4. Campurkan garam, kapur sirih dan juga serbuk bata dengan air secukupnya.
  5. Telur yang hendak diasinkan sebaiknya dibaluri dengan campuran bahan-bahan diatas sebagai pembungkus telur tersebut.
  6. Simpanlah telur selama kurang lebih 10 hari, kemudian rebuslah telur hingga matang.
Nah, demikianlah Cara Membuat Telur Asin yang patut untuk anda coba sendiri dirumah, anda juga dapat menambahkan kreasi-kreasi anda pada saat penyajiannya. Dan saya juga memberikan sedikit tips kepada anda untuk memilih telur yang baik untuk dijadikan sebagai telur asin. Simaklah penjelasan dibawah ini.

Tips Memilih Telur Yang Baik

Ketika anda akan memilih telur perhatikanlah kondisi pada cangkang telur serta pastikan bahwa tidak ada yang retak, dan juga lihat warna telur tersebut bahwa tidak pucat ataupun terlalu gelap, tekstur cangkangnya pun usahakan halus, mulus dan juga tidak kasar. Ukuran telur juga jangan terlalu besar dan tidak terlalu kecil, dan pada saat akan dimasukkan ke dalam air, pastikan bahwa telur tersebut tidak mengapung. Kemudian ciumlah bau pada telur tersebut apakah normal atau tidak berbau busuk, dan jika kita teropong pada telur tersebut terlihat jernih dari kuning telur yang ada ditengah.

Itulah tips memilih telur yang baik yang bisa saya sampaikan kepada anda, semoga pembahasan cara membuat telur asin dan tips memilih telur yang baik pada artikel kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin melakukan kreasi makanan yang patut untuk anda coba sendiri di rumah. Selamat Mencoba :D

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...