Cara Membuat Aquarium Air Laut Dan Tawar Untuk Ikan Hias

Membuat Aqarium Air Laut - Bagi para penghobi ikan terutama ikan hias baik itu yang berasal dari laut ataupun air tawar tentunya anda dapat membawa keindahan yang di dalam laut sehingga dapat dinikmati di rumah dan bahkan anda juga dapat melihat ikan-ikan tersebut sebagai peliharaan anda yaitu dengan menggunakan Aquarium. Dimana dengan menggunakan akuarium dapat membuat lingkungan yang menyerupai laut dapat terwujud dengan adanya Aquarium air laut dan tawar.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa untuk pembuatan sebuah aquarium air laut akan membutuhkan biaya yang mahal dibanding aquarium air tawar, sebabt alat-alat pendukung pada akuarium air asin (laut) memang cenderung lebih mahal. Akan tetapi anda tak perlu khawatir, karena sebenarnya anda bisa membuatnya sendiri dirumah.
Membuat Aquarium Air Laut

Apa itu Aquarium atau Akuarium?

Aquarium atau Akuarium adalah sebuah benda yang berbentuk vivarium dan biasanya ditempatkan pada sebuah tempat dengan sisi-sisi yang transparan seperti (gelas atau plastik berkekuatan tinggi) dan di dalamnya terdapat hewan seperti ikan dan tumbuhan air, namun dapat kadang-kadang juga ditemukan invertebrata, mamalia laut, amfibi, dan juga reptil yang ditampung didalamnya bertujuan untuk display publik.

Baca Juga : Cara Membuat Makalah Dan Panduan Lengkap Penulisan Makalah

Dalam memelihara ikan air laut dan air tawar anda perlu mengetahui sifat air dari masing-masing ikan yang nantinya akan anda tempatkan, aksesoris yang dipakai seperti saringan aquarium, filter akuarium, dan juga cara menghias aquarium air tawar . Buatlah konsep terlebih dahulu untuk akuarium yang akan anda buat bisa konsep yang unik dan kreatif dengan sederhana. Karena konsep tersebut nantinya akan mempengaruhi penggunaan dan juga perawatan yang tepat.
 

Membuat Aquarium Air Laut

Tentunya kamu sudah tahu bukan dari penjelasan singkat diatas, yang mana jika anda memiliki aquarium dapat menampung berbagai macam ikan sesuai dengan sifat air yang terkandung dalam akuarium tersebut. Dan saatnya saya akan memberikan informasi kepada anda bagaimana caranya membuat aquarium air laut dan juga air tawar untuk ikan hias.

Cara Membuat Aquarium Ikan Hias Air Laut dan Tawar

Bahan-bahan Membuat Aquarium :
  • Kaca (sesuaikan tingkat ketebalan kaca sesuai keinginan, ukuran dan juga budget)
  • Lem silikon
  • Alat tembak lem
  • Alat pemotong kaca dan cairan khusus
  • Lakban
  • Pisau cutter
  • Mistar atau penggaris
  • Spidol
  • Obeng
  • Sticker, (batu karang dan penghias)
  • Skimer
  • Kabel


Langka-Langkah Membuat Aquarium Ikan Hias :

1. Tentukanlah bentuk aquarium
Anda dapat menentuk bentuk seperti apa yang anda inginkan untuk aquarium anda. Umumnya aquarium berbentuk segi empat, segi enam, segi delapan, dan juga ada yang berbentuk tabung, trapesium bahkan ada yang berbentuk aquarium elit.

2. Tentukan ukuran aquarium
Kamu dapat menentukan sendiri seberap besar kah ukuran aquarium yang akan kamu buat, dan pastinya sesuai dengan space yang ada di rumah serta jumlah ikan yang akan diletakkan didalamnya.

3. Potonglah Kaca Aquarium dengan cara sebagai berikut :
  • Letakkan kaca di atas sebuah meja kayu yang rata dan bersih (gunakan karton atau kain sebagi alas tempat pemotongan)
  • Sebelum dipotong, buatlah pola pada masing-masing lembaran dengan membuat tanda menggunakan spidol dan penggaris. (sesuai dengan ukuran aquarium yang akan dibikin)
  • Selanjutnya, letakkan cairan pemotong kaca ke dalam alat pemotong kaca
  • Lalu, potong kaca sesuai dengan tanda yang sudah diberikan tadi
  • Dalam proses memotong usahakan jangan sampai putus, buatlah potongan kira-kira setengah dari ketebalan kaca, yang kemudian kamu bisa ketok saja kaca tersebut dengan gagang obeng yang terbuat dari karet maka kaca pun akan terbelah dengan sempurna.
  • Ambil bekas potongan dan taro di tempat yang aman
4. Menghaluskan pinggir kaca
Haluskanlah pinggiran kaca yang tadi sudah dipotongan dengan menggunakan batu asahan karbonrondum maupun gerinda.

5. Tempelkan lakban di pinggir kaca yang akan menjadi alas aquarium
Hal ini bertujuan agar posisi berdirinya antara kaca yang satu dengan yang lain tidak bergeser. Dan ingat bahwa anda juga perlu menempel lakban di kaca selain alas untuk membatasi agar lem silikon yang akan dioleskan nanti tidak merambat luas.

6. Lem pinggir kaca dengan lem silikon
Sebelumnya kamu harus masukkan terlebih dahulu lem silikon ke dalam alat tembak lem.

7. Susunlah potongan-potongan kaca tersebut sesuai dengan bentuk yang tadi telah ditentukan
  • Tempelkan kaca (dinding aquarium) yang telah dioleskan lem ke kaca yang dijadikan alas, tempelkan di atas lakban
  • Lakukan hal yang sama ke bagian dinding aquarium yang lainnya
  • Lalu, tambahkan lem di sudut-sudut yang terbentuk agar menjadi lebih kuat.
  • Tempelkan lakban pada masing-masing dinding agar lebih kuat dan kaca tidak jatuh
8. Jika sudah kering, buanglah lakban dan juga sisa lem
Pada tahapan ini kamu harus mengecek apakah aquarium bocor atau tidak, yaitu dengan cara memasukkan air kedalam aquarium yang sudah dibuat. Dan proses ini juga sekalian membersihkan aquarium. Jangan gunakan sabun saat membersihkan aquarium supaya kualitas air untuk ikan terjaga.

9. Jika semua sudah ok, pasang sticker (gambar) dan juga aksesoris lainnya sesuai selera
Disini kamu bisa dapat meletakkan kerang, batu karang, saringan (filter) aquarium dan penghias lainnya.

10. Letakkan skimer dan power head
Letakkan skimer di sisi kanan, kiri atau belakang aquarium beserta power head di sisi kanan atau kiri aquarium dengan condong agar menghadap ke tengah aquarium. Dan jangan lupa untuk colokan listriknya juga disesuaikan.

11. Isi ikan dan air
Dan langkah yang terakhir, anda dapat mengisi ikan hias yang sesuai dengan keinginan anda. Dan akhirnya aquarium pun sudah jadi dibuat.

Tips:
- Anda dapat membuat saringan akuarium untuk menjaga agar akuarium anda tetap dalam keadaan bersih yaitu membuat saringan akuarium yang sederhana.

Demikian artikel kali ini tentang cara membuat aquarium ikan laut dan air untuk ikan hias. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda. Jika anda punya pertanyaan atau punya contoh aquarium lain, anda dapat berbagi di kolom komentar yang telah disediakan dibawah ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »