Cara Membuat Blog Gratis Dari Blogspot (Blogger) Dan Apa itu Blog?

Di zaman sekarang ini semakin marak blog atau website yang bermunculan dengan berbagai macam konten/isi yang dikemas dengan dengan cara penulisan yang berbeda-beda. Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah bedanya Blog dengan Website bukan?

Sebelum kita masuk ke cara membuat blog gratis dengan blogspot, ada baiknya anda terlebih dahulu mengenai pengertian dari blog, website, atapun blogspot. Simaklah penjelasan dibawah ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Blog Dan Blogspot

Apa itu Blog?

Blog adalah sebuah Aplikasi Web yang juga merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online menggunakan koneksi internet. Blog berfungsi untuk memuat dan menampilkan tulisan-tulisan, gambar, video yang  dimuat didalam postingan pada setiap halaman web tersebut.

Apa itu Website atau Web?

Website atau Web adalah sebuah halaman yang berisikan informasi yang disediakan dan hanya dapat di akses melalui koneksi jaringan internet bahkan sebuah situs website dapat diakses dari segala penjuru diseluruh dunia selama masih terkoneksi dengan jaringan internet tersebut.

Nah, itulah pengertian dari blog dan website (web), lantas bagaimana dengan blogspot? pasti itu pertanyaan yang sering muncul bagi seorang pemula yang ingin membuat sebuah blog, jika anda ingin membuat sebuah blog menggunakan blogspot, simaklah lagi penjelasan saya berikut ini.

Apa itu Blogspot?

Blogspot adalah sebuah layanan gratis yang merupakan salah satu produk dari Google yang bertujuan untuk membuat suatu blog. Dengan menggunakan fasilitas dari Blogspot anda dapat membuat sebuah blog sebagai ruang untuk anda menuliskan atau menuangkan ide-ide yang anda miliki dan nantinya akan ditayangkan pada blog yang diakses melalui koneksi internet.

Baca Juga : Cara Membuat Website Dengan Wordpress

Dan jika anda sudah mulai rutin menulis di dalam blog biasanya anda akan disebut dengan blogger sejati dan jika anda mendapatkan trafik pengunjung yang banyak pastilah tulisan-tulisan anda akan menjadi populer, selain itu Anda juga berpeluang untuk mendapatkan uang atan penghasilan dari iklan diblog anda. Bahkan Google juga memberikan fasilitas agar situs blog anda dapat berpartisipasi dalam layanan iklan dari pihak Google.

Anda sudah paham kan apa perbedaan antara blog, website, dan juga blogspot. Jadi jika anda berencana dan ingin memulai untuk membuat sebuah blog, sebaiknya gunakanlah blogspot sebagai media anda, karena selain gampang fasilitas ini juga gratis.

Dan saatnya kita kembali topik utama tentang bagaimana cara membuat blog. Mungkin jika anda mencarinya melalui Mesin Pencari Google, pastilah sudah banyak sekali yang memberikan informasi tutorialnya kepada anda. Namun di sini saya akan coba memberikan cara yang paling mudah agar anda dapat membuat blog gratis dengan menggunakan layanan blogspot.

Berikut Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot

Cara Paling Mudah Buat Blog Gratis :
  1. Daftar blog baru anda melalui www.blogger.com, namun sebelumnya anda harus sudah memiliki email terlebih dari Google. Jika anda belum punya email silahkan daftar dan ikuti langkah-langkahnya di artikel ini: Cara Membuat Email Google Baru Menggunakan Gmail Terbaru
  2. Selanjutnya halaman pada website blogger sudah terbuka, Klik "buat blog". Setelah mengklik akan muncul form isikan alamat email dan password anda, lalu Klik "Masuk".
  3. Kemudian akan muncul tampilan Selamat Datang di Blogger, lalu Klik tombol "Lanjutkan Ke Blogger", muncul pemberitahuan, klik saja "Mengerti".
  4. Klik tombol, "buat blog baru", maka akan muncul tampilan Daftar Blog > Buat blog baru
  5. Selanjutnya, isikan Judul, Alamat, dan pilih Template blog baru anda, Namun jika Alamat yang anda isikan sudah terpakai, gunakanlah alamat lain. Disini saya memakai Judul: Ciptaan Tangan, Alamat : ciptaan-tangan.blogspot.co.id.


  6. Selanjutnya lalu klik "Buat blog!", maka blog baru anda pun sudah siap untuk digunakan. Klik semua tanda "X" mengenai pemberitahuan.
  7. Selesai, dan sekarang anda sudah dapat membuat tulisan-tulisan dengan Klik tombol "Entri baru", isikan lah Judul dan Isi postingan anda.
Itulah langkah-langkah untuk buat blog gratis menggunakan blogspot. Di sini anda juga dapat memilih warna dan bentuk template dari blog anda dengan mencarinya template blog gratisan melalui Google. Bagaimana mudah banget kan cara bikin blog gratisan.

Setelah anda melakukan semua langkah-langkah di atas dengan benar, anda akan mendapatkan tampilan blog yang sempurna. Dengan ide-ide yang ada di pikiran anda, pastinya anda sudah tidak sabar bukan untuk membuat sebuah postingan pertama untuk membuat artikel.

Demikianlah cara membuat blog gratis dengan blogspot paling mudah yang dapat anda praktekan langsung. semoga dengan adanya blog baru ini, anda dapat lebih semangat untuk membuat banyak artikel-artikel yang tentunya dapat bermanfaat bagi banyak orang. Dan ingat semakin banyak artikel anda makan akan semakin cepat peluang anda untuk menghasilkan uang yang pastinya sesuai dengan peraturan Google pada blog anda. Selamat mencoba :D

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...