Cara Membuat DFD Dengan Mudah Menggunakan Micorosoft Office Visio

Selamat datang sahabat CiptaanTangan.com, senang rasanya bisa menulis dan menerbitkan artikel pada situs saya ini, berhubung kemarin dalam keadaan sibuk jadi saya memutuskan untuk mengambil menuliskan kembali pada saat ini.

Kali ini saya akan share sebuah cara bagaimana untuk membuat Data Flow Diagram (DFD) dengan mudah menggunakan microsoft visio, tentu saja hal ini akan sangat penting dan berguna untuk kalian para mahasiswa-mahasiswa yang jurusannya bagian komputer. Namun sebelum saya memberikan langkah-langkah membuat DFD kepada anda, terlebih dahulu saya akan menjelaskan kepada anda apa itu Data Flow Diagram, dan bagaimana cara membuatnya.

Apa itu DFD (Data Flow Diagram)?

Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi ataupun berupa gambar ataupun simbil yang berguna untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, dimana penggunaannya tentu saja sangat membantu dalam memahami sistem secara logika, tersruktur dan juga jelas. DFD sangat mirip dengan Flowchart.

Itulah pengertian tentang DFD yang perlu untuk anda ketahui, sehingga ketika anda akan membuatnya, anda tidak akan bertanya-tanya lagi bukan, apa sebenarnya fungsi dari Data Flow Diagram tersebut.

Berikut langkah-langkah yang saya bagikan kepada anda tentang bagaimana menggunakan microsoft visio untuk memnbuat sebuah DFD (Data Flow Diagram).

Cara Membuat DFD Menggunakan Microsoft Visio

1. Buka/Jalankan Micorosoft Visio anda 


2. Lalu pada Other Template Silahkan anda pilih Data Flow Diagram lalu pilih Create



3. Setelah itu akan tampil lembar kerja pada layar komputer anda seperti berikut ini:


4. Pada sebelah kiri terdapat komponen/atau bentuk dari masing symbol DFD yang anda bisa gunakan dengan mendrag/menarik nya ke dalam lembar kerja anda.

Demikianlah tentang cara bagaimana membuat sebuah DFD dengan menggunakan data flow diagram dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Previous
Next Post »