Cara Membuat Kata Pengantar Makalah Yang Benar Beserta Contohnya

Di artikel sebelumnya saya telah menjelaskan kepada bagaimana cara membuat makalah dan panduan lengkap penulisan makalah yang saya buat dengan struktur isi di dalamnya, namun di artikel tersebut saya belum memberitahukan kepada anda bagaimana untuk membuat kata pengantar yang baik dan benar, dan kali ini saya akan menjelaskannya kepada anda dan juga akan saya berikan contoh-contoh kata pengantar tersebut kepada anda.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Saat membuat makalah tentulah anda harus menyertakan kata pengantar untuk melengkapi susunan sebuah karya tulis ilmiah yang anda buat, Baik itu makalah untuk sekolah, ataupun kampus. Dimana isi dari kata pengantar makalah biasanya terdiri dari ucapan syukur kepada Sang Pencipta, ucapan terimakasih kepada dosen atau guru pembimbing, teman-teman, sahabat, ataupun instansi terkait.

Namun, terlebih dahulu saya akan menjelaskan kepada anda apa itu kata pengantar dan apakah sebenarnya tujuan dari penggunaan kata pengantar tersebut, dimana kata pengantar juga dipakai dalam pembuatan skripsi, laporan, laporan praktikum, karya ilmiah, jurnal ilmiah, dan juga proposal yang tentunya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Apa itu Kata Pengantar?

Kata pengantar adalah tulisan yang berbentuk sebuah ungkapan sepatah dua patah kata oleh penulis mengenai karya ilmiah (makalah) atau karangan yang dibuat oleh penulist. Kata pengantar makalah yang baik dan benar haruslah mencakup keseluruhan dari isi makalah.

Baca Juga : (Cara Membuat Makalah Dan Panduan Lengkap Penulisan Makalah)

Susunan sebuah kata pengantar makalah harus dibuat sedemikian rapi dan teratur dengan dilengkapi tata bahasa yang baik dan benar sehingga memudahkan untuk dibaca dan dimengerti akan makna yang tertuang di dalamnya.

Dan dalam kata pengantar juga boleh menambahkan harapan-harapan dari penulis termasuk saran maupun kritik sampai manfaat dari makalah yang telah dibuat tersebut, sehingga lebih dapat menegaskannya kepada pembaca makalah tersebut.

Nah, itulah yang perlu anda ketahui sebelum anda membuat sebuah kata pengantar pada karya tulis ilmiah, untuk membuat sebuah kata pengantar ada 4 pokok isi yang perlu diperhatikan supaya kata pengantar anda menjadi kata pengantar yang baik dan benar.

Cara Membuat Kata Pengantar Yang Baik Dan Benar

4 Pokok Isi Kata Pengantar :

  1. Paragraf pertama adalah ucapan puji syukur kepada Tuhan.
  2. Paragraf kedua diisi dengan ucapan terima kasih dan penjelasan judul makalah.

  3. Paragraf terakhir adalah kata penutup yang didalamnya terdapat ucapan terima kasih dan mohon kritik dan saran untuk membuat makalah yang lebih baik.
  4. Jangan lupa menulis nama kota dan tanggal pembuatan.
Jika anda mencermati setiap karya ilmiah tentunya anda akan menemukan kata pengantar di bagian halaman depan pada sebuah makalah, setiap orang dapat merangkai kata pengantar, akan tetapi belum tentu semuanya dapat membuat kata pengantar yang baik dan benar, oleh karena itu saya akan memberikan referensi kepada anda contoh kata pengantar makalah yang baik, berikut contoh kata pengatar yang baik dan benar.

Contoh-Contoh Kata Pengantar Yang Baik Dan Benar

Contoh Menulis Kata Pengantar Makalah 1

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat, karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tentang “Penerapan Bahasa Pemrograman HTML Dan PHP Pada Website CiptaanTangan.com” dengan baik meskipun masih banyak kekurangan didalamnya. Dan saya ucapkan terima kasih kepada Prof. Glen Hanz Sky, M.Kom. yang telah membimbing dan memberikan tugas ini.

Saya sangat berharap dengan adanya makalah ini dapat bermanfaat dalam memberikan pelajaran tentang penarapan bahasa pemrogaraman html dan php pada situs website tersebut dan juga bagi orang banyak. Juga dapat mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan situs tersebut. Namun dalam pembuatan makalah ini tentu saja masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk perbaikan makalah saya ini dimasa yang akan datang.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua. saya yakin dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, Saran dan kritik dari pembaca sangat saya butuhkan untuk memperbaiki makalah ini nantinya.

Pematangsiantar,  Desember 2016
Penyusun

Contoh Menulis Kata Pengantar Makalah 2

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Dampak Virus Internet Bagi Komputer”. Dalam pembuatan makalah ini tentu banyak dukungan dari berbagai pihak, maka saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :

  1. Bapak Nimrod Napitupulu, M.Kom, selaku kepala sekolah SMA Pecinta Binatang, yang memberikan bimbingan, saran, dan juga ide serta beberapa fasilitas yang saya butuhkan.
  2. Bapak Angga Pane, S. Sos, selaku guru pembimbing saya, yang telah memberikan kritik dan saran untuk menyelesaikan makalah-makalah ini dengan tepat waktu.
  3. Ibu Indarny, S.E, selaku wali kelas saya, yang memberikan dukungan materi dan juga bimbingan yang bermanfaat untuk penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini tentu masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari para pembaca sangat dibutuhkan dalam penyempurnaan makalah ini kedepannya. Terima kasih.
Medan,  Desember 2016
Penyusun

Contoh Menulis Kata Pengantar Makalah 3


Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga dapat menyelesaikan makalah tentang “Manfaat Website Bagi Pembaca setia CiptaanTangan.com”. Doa yang saya haturkan kepangkuan Tuhan Yesus Kristus yang telah menunjukkan ajaran ilmu pengetahuan seputar pembuatan website sehingga dapat bermanfaat dan berguna dengan baik untuk kita semua, semoga kita semua mendapatkan ilmu pengetahuan yang semakin baik kelak.

Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu kami selama proses pembuatan makalah ini sampai dengan selesai dan tepat waktu. Tentunya makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki makalah ini agar lebih baik.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat dan memberikan edukasi yang baik untuk penulis dan pembaca yang budiman.

Tebing,  September 2016
Penyusun

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat kata pengantar makalah yang benar beserta beberapa contoh kata pengantar makalah, dan semoga artikel inni dapat bermanfaat dan menjadikan penulisan makalah anda semakin baik dan benar.

Jika anda punya pertanyaan, mari kita diskusikan dikolom komentar dan akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...