Cara Membuat Kliping Iklan Kreatif Dan Inovatif

Pembuatan kliping biasanya sering dijadikan tugas oleh para guru kepada murid-muridnya ataupun dosen kepada para mahasiswa, yang mana bertujuan untuk mengumpulkan beberapa potongan informasi yang dibutuhkan, baik itu dari media cetak, majalah, dan lain sebagainya yang sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan.

Akan tetapi hal tersebut juga sering dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga dengan maksud untuk mengumpulkan beberapa resep dari beberapa media seperti tabloid, majalah, maupun tutorial memasak yang didapat dari surat kabar sebagai koleksi pribadi.

Contoh Kliping
Membuat Kliping

Tentunya jika kamu pernah menempuh dunia pendidikan kata kliping tidak asing lagi terdengar ditelinga kamu bukan, namun tak banyak orang yang mengetahui apa itu kliping? dan bagaimana pula sebenarnya tujuan dari pembuatan kliping tersebut.

Apa itu Kliping?

Kliping adalah suatu kegiatan memotong atau menggunting bagian-bagian tertentu dari beberapa media cetak, seperti koran, majalah, buku, tabloid ataupun sumber lainnya. Setelah itu, potongan-potongan tersebut disusun secara acak dalam sistem tertentu pada suatu bidang seperti karton, kertas, kartu, dan lain sebagainya untuk dijadikan sebuah bahan dokumentasi.

Seiring perkembangan zaman kini kliping juga sudah dijadikan sebagai sarana untuk membuat iklan yang kreatif, dimana bertujuan agar menarik orang agar lebih tertarik melihat isi dari iklan tersebut. Dimana potongan artikel pada iklan yang berisi gambar dalam sebuah kliping tentunya berisikan tema yang sama, misalanya jika membuat kliping resep masakan maka artikel dan gambar didalamnya tentulah akan membahas resep masakan juga.

Sama halnya dengan kliping iklan kreatif, anda pastilah harus membuat potongan-potongan gambar dan tulisan yang menarik sehingga mengundang orang untuk melihat kliping iklan yang anda buat tersebut.

Cara Membuat Kliping Iklan Kreatif

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kliping iklan pada sebuah produk tidaklah terbatas hanya mengambil potongan-potongan gambar dari majalah ataupun koran saja, namun dengan berkembangnya media elektronik seperti internet, saat ini anda pun dapat membuatnya dengan memanfaatkan gambar-gambar dan tulisan-tulisan keren dari internet yang bisa anda cari melalui mesin pencari Google.

Manfaat pembuatan kliping sebenarnya banyak sekali, misalnya pada saat seorang guru memberikan tugas atau PR kepada siswa-siswanya, hal berguna untuk melatih kreativitas dan menambah wawasan mereka. Dalam pembuatan kliping pastilah siswa akan belajar untuk mencari bahan-bahan yang relevan dari beberapa sumber yang berbeda, sehingga ketika kelak sudah menempuh jalur perguruan tinggi mereka tidak kewalahan dengan tugas-tugas seperti itu.

Namun jika kliping tersebut dibuat untuk iklan, hal ini pastinya bertujuan untuk menarik perhatian orang banyak agar melihat iklan tersebut serta tertarik untuk membeli produk yang terdapat pada kliping tersebut.

Nah, sekarang setelah anda mengetahui pengertian dan tujuan pembuatan kliping, selanjutnya saya akan memberikan kepada anda cara membuat kliping iklan yang kreatif dan inovatif. Anda dapat mengikut langkah-langkah membuat kliping seperti dibawah ini.

Berikut Cara Membuat Kliping Kreatif dan Inovatif

Seperti halnya membuat karya tulis untuk membuat sebuah kliping yang baik harus menggunakan struktur yang benar agar lebih terlihat rapi dan disusun dengan baik, adapun strukturnya adalah sebagai berikut:

Struktur Penyusunan Kliping :

1. Sampul Kliping
2. Kata Pengantar Kliping
3. Daftar Isi Kliping
4. Isi atau Pembahasan Kliping
5. Kesimpulan dan Saran
6. Daftar Pustaka

Dengan menyusun struktur pada kliping secara sistematika seperti diatas, maka akan membuat tampilang kliping menjadi lebih profesional, selain itu tambahkan juga berbagai ornamen-ornamen untuk menghiasi kliping tersebut. Dan agar kliping menjadi lebih menarik dan menimbulkan minat pembaca untuk melihat kliping iklan tersebut dan betah berlama-lama melihatnya, anda juga dapat menambahkan orname-ornamen yang lainnya.

Langkah-Langkah Membuat Kliping Iklan

Alat Dan Bahan Membuat Kliping :
  • Potongan-Potongan gambar dan artikel dari beberapa media cetak maupun internet
  • Karton/Kertas
  • Gunting
  • Penggaris
  • Lem
  • Aksesoris tambahan lainnya
Cara Membuat Kliping Iklan Kreatif :
  1. Setelah bahan kliping terkumpul, selanjutnya gunting lah bahan tersebut sesuai dengan ukuran dan selera anda.
  2. Selanjutnya setelah selesai proses pengguntingan, lalu tempelkan bahan tadi dengan lem pada lembaran kertas HVS dan lakukan hal yang sama pada setiap lembaran HVS berikutnya.
  3. Untuk Proses penempelan artikel, susunlah secara sitematis mulai dari tanggal, bulan dan sampai dengan tahun terbitnya, sehingga akan  kelihatan lebih rapih dan menarik. Namun jangan lupa untuk menempelkan sumber artikel entah itu dari koran ataupun internet.
  4. Untuk proses penempelan gambar, tempelkanlah gambar-gambar sesuai dengan kreatifitas dan keinginan anda, anda dapat juga dapat menambahkan dan menempelken hiasan berbentuk bunga ataupun lainnya pada halaman kliping.
  5. Setelah semua proses penempelan isi kliping selesai, selanjutnya buatlah cover atau sampul kliping dengan tampilan yang kreatif dan inovatif, hal ini bertujuan untuk membuat pembaca lebih penasaran serhingga membuat mereka tertarik untuk membaca kliping buatan anda.
  6. Buatlah daftar isi dengan menyisakan satu atau dua lembar dihalaman depan pada setiap lembaran HVS, selain itu sertakan juga nomor halaman di footer HVS agar para pembaca dapat dengan mudah menemukan halaman-halaman yang sesuai dengan daftar isi
  7. Setelah itu jilidlah kliping iklan tersebut menggunakan. Dan kliping pun siap untuk anda tunjukkan dan pergunakan sesuai keinginan anda.
Mudah bukan cara membuat kliping iklan, anda hanya tinggal memberikan kreasi baru yang anda buat sendiri sesuai bentuk yang anda inginkan agar kliping lebih menarik perhatian para pembaca. Itulah langkah-langkah untuk membuat kliping dan untuk lebih jelasnya saya akan memberikan tips kepada anda untuk memudahkan anda dalam membuat kliping yang kreatif dan menarik.

Tips Membuat Kliping Iklan :
  1. Pertama yang harus dilakukan, terlebih dahulu tentukanlah tema yang akan diambil dalam sebuah kliping. Contohnya tema kliping iklan yang diambil adalah bidang industri kreatif, seperti gambar lukisan, berbagai jenis tulisan yang keren dan menarik, maka isi seluruh kliping membahas masalah industri kreatif, dan ingat jangan memasukan artikel yang tidak sesuai dengan tema dalam satu kliping.
  2. Dalam pengumpulan bahan-bahan pembuatan kliping carilah bahan kliping dari media cetak seperti majalah, surat kabar, ataupun internet. Untuk media internet terlebih dahulu anda cetak/print menggunakan printer agar kliping terlihat lebih menarik.
  3. Carilah informasi tambahan dari media cetak dari tahun-tahun lalu sampai yang tahun yang sekarang, jika di media cetak anda tidak dapat menemukan artikel yang relevan maka boleh mencari di internet. Namun untuk keseluruhan kliping jangan seluruhnya mengambil bahan-bahannya dari internet.
Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada anda, dan semoga tips diatas dapat membantu anda untuk menemukan ide-ide menarik yang lebih kreatif dan invoatif lagi. Selanjutnya anda dapat melihat contoh-contoh kliping yang umum di buat dan tujuan dari masing-masing kliping tersebut, simaklah penjelasan dibawah ini.

Contoh-Contoh Kliping

Anda mungkin pernah pergi kesebuah perpustakaan bukan, nah disana pastilah anda akan menemukan beberapa kumpulan-kumpulan kliping, baik itu kliping dari hasil tugas siswa yang dibuat secara khusus untuk tugas sekolah, maupun sumbangan dari para mahasiswa yang sengaja membuatkan kliping untuk memberikan contoh pembuatan kliping yang baik dan benar kepada orang-orang yang ingin tahu bagaimana sebenarnya tampilan dari kliping itu sendiri.

Nah, dibawah ini ada beberapa contoh kliping yang mungkin bisa anda jadikan referensi untuk membuat kliping iklan yang kreatif, adapun contoh-contoh kliping adalah sebagai berikut.

1. Kliping Agama

Kliping agama ini pada umumnya berisikan tentang permasalahan seputar kerohanian, baik itu rangkaian cerita nabi ataupun panduan belajar seperti kliping yang berjudul "Belajar Alquran Dan Hadist".

2. Kliping Resep Masakan

Kliping resep masakan biasanya dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga, yang mana bertujuan sebagai panduan untuk cara memasak sebuah makanan, contoh kliping resep yaitu dengan judul "Kliping Resep Masakan Daerah".

3. Kliping Komputer

Kliping komputer tentulah akan berisi sebuah panduan dan juga permasalahan yang ada pada komputer, biasanya kebanyakan dari kliping ini sering dijadikan tugas siswa ataupun mahasiswa yang berjurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ataupun lmu komputer. Contoh judul klipingnya "Kliping Panduan Merakit Komputer".

Contoh kliping-kliping di atas adalah sebagian contoh kliping yang sering sekali dibuat, namun selain contoh diatas masih banyak lagi contoh-contoh kliping yang lainnya yang bisa anda temukan diperpustakaan tempat anda menimbah ilmu.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara membuat kliping iklan kreatif yang bisa anda praktekkan langsung di rumah. Semoga artikel tentang seputar pembuatan kliping ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semua.

Jika anda punya pertanyaan ataupun contoh kliping yang lainnya, marilah kita saling berbagi dengan meninggalkan komentar anda dikolom yang sudah disediakan dibawah ini. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »