Cara Membuat Origami Bunga Sakura Yang Cantik

Banyak hal yang dapat kita lakukan menggunakan kertas, selain digunakan sebagi tempat untuk menuliskan sebuah tulisan dengan menggunakan pena, ternyata kertas juga dapat digunakan sebagai hasil karya ciptaan tangan yang sangat kreatif, unik dan juga menarik. Salah satunya yaitu membuat kertas dengan cara membuatnya dengan menggunakan teknik origami.

Teknik lipatan origami biasanya hanya menggunakan tangan saja, namun ada juga yang menggunakan alat bantu seperti penggaris, dan ada juga yang menggunakan metode dengan cara membuat garis-garis terlebih dahulu pada kertas origami tersebut.

Origami Bunga Sakura

Apa itu Origami?

Origami berasal dari kata Ori dan kami (Bahasa Jepang) Ori berarti "lipat", dan kami yang berarti "kertas" yang artinya adalah sebuah seni lipat yang dengan menggunakan teknik yang berasal dari negara Jepang. Bahan yang dipakai adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi.

Nah, itulah pengertian dari origami yang mana sangat bermanfaat bagi anda ataupun anak anda dalam mengasa kreatifitas mereka. Banyak bentuk origami yang dapat dibuat mulai dari bentuk bunga, kapal, pesawat, burung, bintang, kupu-kupu, love dan lain sebagainya. Namun yang akan saya jelaskan untuk anda adalah cara membuat origami berbentuk bunga yang cantik dan dengan cara yang mudah dan sederhana.

Dan kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat origami bunga kepada anda. Itu karena saat ini tren origami sedang naik daun belakangan ini dan sudah banyak yang membuat kreasi ciptaan tangan dengan bentuk origami bunga yang bermacam-macam. Membuat origami akan mengasa kreatifitas anda dalam menuangkan ide-ide yang ada dipikiran anda. Dan kali ini saya akan coba untuk membuat origami bunga sakura yang berasal dari jepang.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah membuat Origami Bunga dengan sederhana yang berbentuk bunga sakura, simaklah cara membuat origami bunga sakura berikut ulasan dibawah ini.

Bahan-Bahan Origami Bunga :
- Kertas origami dari HVS (warna pink) dipotong-potong menjadi ukuran 3x3cm.

Langkah-Langkah Membuat Origami Bunga Sakura Yang Cantik: 

Cara Membuat Origami Bunga :
  • Ambilah satu lembar kertas origami.
  • Butalah lipatan menyudut seperti pada gambar.
  • Lipatlah bagian yang ada disudut kanan bawah ke sudut atas (seperti langkah No 3)


  • Kemudian lipat setengah bagian keluar.
  • Selanjutnya lakukan juga untuk yang sisi satunya lagi.
  • Lalu buka lipatan yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.
  • Kemudian ujung yang lancip dilipat ke dalam. (lihat gambar).


  • Selanjutnya, beri lem pada salah satu sisinya dan kemudian rekatkan kedua sisi.
  • Maka bentuknya akan menjadi seperti contong es krim (untuk membuat satu bunga diperlukan 5 contong bunga. contong biasanya disebut 'kelopak' bunga.
  • Kemudian ambilah satu kelopak, lalu tempelkan dengan double tip.
  • Lalu ambil satu kelopak lagi, kemudian tempelkan ke kelopak yang tadi diberi double tip.
  • Selanjutnya, tempelkan double tip untuk kelopak yang ditempel tadi sampai mencapai total 5 kelopak menempel dan menjadi satu kesatuan.
  • Hasilnya menjadi seperti pada gambar.
  • Bagaimana menurut anda origami bunga sakuranya, cantik kan?
Demikianlah cara membuat origami bunga dengan sangat mudah dan sederhana yang dapat anda praktekkan sendiri dirumah, dan berkreasilah dengan jenis-jenis bunga yang lain seperti bunga lily, bunga mawar, bunga melati, origami bunga tulip, teratai, carambola dan juga anggrek serta jenis bunga yang lainnya.

Membuat origami bunga bisa anda lakukan dimana saja, baik di rumah, kantor, atau pun sekolah, dan dimana saja, anda juga dapat mengkreasikannya dengan membuat tangkai bunga dari kawat atau tangkai lidi. Jika anda mengikuti langkah-langkah membuat origami bunga diatas, makan anda tidak akan sulit bila anda mengikutinya dengan benar.

Jika anda punya kreasi yang lain membuat origami bunga dengan cara yang berbeda, anda bisa tinggalkan komentar anda di bawah ini ya. Semoga tutorial cara membuat origami bunga sakura yang cantik ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda. Selamat Mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...