Cara Membuat Proposal Penelitian Dan Contoh Pembuatan Proposal

Halo pembaca setia CiptaanTangan.com yang tetap setia berkunjung ke situs Ciptaan Tangan, Dan kali ini bagi kami yang sedang mencari informasi tentang cara membuat proposal penelitan yang baik dan benar semoga saja artikel yang saya tuliskan kali ini dapat membantu kamu.

Ada berbagai macam jenis proposal seperti, proposal bisnis, proposal bantuan dana, proposal kegiatan, proposal usaha, dan juga proposal penelitian, bahkan saat ini ada proposal yang lagi ngetren yang dinamakan proposal cinta (hehehe :D), proposal cinta gak termasuk ya guys. Pokoknya masih banyak lagi deh yang lainnya.

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai pembuatan proposal penelitian yang mana pastinya setiap mahasiswa harus membuat proposal ini terlebih dahulu sebelum menuju pembuatan skripsi, Bagi para mahasiswa hal yang pertama kali harus dilakukan sebelum membuat sebuah proposal penelitian tentunya haruslah diajukan terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian atau biasanya disebut magang.

Contoh Proposal Penelitian

Proposal penelitian ini merupakan langkah awal untuk menuju pembuatan skripsi. Akan tetapi mungkin masih banyak diantara kalian yang masih belum tahu bukan cara untuk menulis proposal penelitian yang baik dan benar.

Baca Juga : Cara Membuat Makalah Dan Panduan Lengkap Penulisan Makalah

Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu kepada kalian apa itu sebenarnya proposal penelitian, dan tujuan dari proposal itu sendiri serta bagaimana ciri-ciri dan teknik penulisan, penyusunan serta urutan proposal tersebut.

Apa itu Proposal Penelitian?

Proposal Penelitian adalah sebuah rancangan penelitian dari seorang mahasiswa yang akan mengadakan penulisan karya ilmiah berupa skripsi, tesis maupun disertasi. Proposal penelitian menjadi keharusan bagi mahasiswa yang ingin membuat skripsi.

Tujuan umum proposal penelitian adalah untuk memberitahukan secara rinci dan jelas tentang tujuan penelitian, siapa sajakah yang hendak ditemui dan apa yang akan dicari dan dilakukan di lokasi penelitian. Proposal penelitian biasanya dibuat pe­neliti sebelum melakukan kerja lapangan.

Itulah pengertian dari proposal penelitian, dan tujuan umum proposal penelitian yang perlu untuk kalian ketahui, dan sebelum kita membuat proposal penelitian ada baiknya jika kita menambah wawasan kita untuk mengenal ciri-ciri penulisan ilmiah pada sebuah proposal.

Ciri-Ciri Penulisan Karya Ilmiah

Proposal memiliki ciri-ciri khusus dari beberapa penulisan karya lmiah lain. adapun karakteristik yang terdapat pada proposal, yaitu :
  1. Isi proposal berfokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang mencakup disiplin ilmu tertentu, sesuai dengan program studi yang di tempuh oleh mahasisiwa yang bersangkutan.
  2. Merupakan rancangan pengujian empirik terhadap posisi teoritik tertentu dalam disiplin ilmu yang di pelajari.
  3. Mengungkapkan data primer sebagai data utama yang dapat di tunjang oleh data sekunder, sedangkan pada proposal bilbiograpi menggunakan sumber yang otentik.
  4. Ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, namun ada pengecualian pada program luar negeri atau mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa Inggris, proposal tentunya harus ditulis dalam bahasa Inggris.
Itulah beberapa ciri-ciri khusus proposal penelitian yang dapat kalian pahami, sehingga kalian dapat membedakannya dengan proposal yang lainnya.

Penyusunan Proposal
Proposal penelitian harus dibuat sistematis dan logis sehingga dapat dijadikan pedoman yang mudah diikuti dan juga dipahami oleh pembaca proposal tersebut, maka untuk mempermudahnya dibutuhkan teknik dan cara penyusunan proposal yang tepat.

Penyusunan proposal atau usulan penelitian dapat membantu kalian memberi arah sehingga mampu menekan kesalahan yang mungkin terjadi selama proses penelitian berlangsung. Bila proposal penelitian sudah disusun secara sistematis, lengkap dan tepat, pastinya akan mempercepat pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan.

Cara Membuat Proposal Penelitian
Untuk membuat sebuah proposal penelitian ada beberapa langkah-langkah yang harus anda lakukan, mulai dari sususan dan urutan yang baik dan benar dari proposal penelitian tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ini saya akan berikan kepada kalian langkah-langkah serta urutan dalam menyusun proposal penelitian.

Langkah-Langkah Dan Urutan Penyusunan Proposal
  1. Halaman Judul
  2. Daftar Isi
  3. Isi
  4. BAB I Pendahuluan
  5. BAB II Tinjauan Pustaka
  6. BAB III Metode Penelitian
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran
Contoh Pembuatan Proposal

Halaman Judul
Secara umum, halaman ini berisi usulan penelitian, dan juga  persetujuan dari dosen pembimbing beserta tanda tangan dan waktu persetujuan. Halaman judul ini sudah memiliki susunan yang ditetapkan yaitu sebagai berikut :
  1. Judul ulasan penelitian (Pilihlah judul yang singkat dan jelas yang merupakan gambaran dari keseluruhan penelitian, memiliki keterkaitan antara variabel, lokasi penelitian, sampel dan tahun penelitian)
  2. Jenis laporan
  3. Lambang Instusi Perguruan Tinggi
  4. Nama Mahasiswa dan NIM
  5. Nama Jurusan
  6. Nama Program Studi
  7. Nama Perguruan Tinggi
  8. Tahun Pengajuan Proposal
  9. Halaman Persetujuan
Daftar Isi
Secara umum halaman ini berisikan seluruh daftar halaman pada proposal, baik bagian isi, sub dan juga lampiran-lampiran.

IsiBagian ini merupakan alasan kenapa penelitian diadakan, teori yang mendukung penelitian berikut penyelesaiannya. Berikut ini bagian yang terdapat pada isi proposal.

BAB I Pendahuluan

Ada 6 hal yang harus dituliskan pada saat akan membuat sebuah Pendahuluan, diantaranya:

1. Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah pada proposal harus mampu menjawab apa alasan memilih judul penelitian tersebut dan biasanya dijelaskan secara mengerucut dari garis besar hingga spesifik.

2. Perumusan Masalah
Rumusan masalah harus berupa pertanyaan yang berhubungan dengan dua variabel atau lebih.

3. Batasan Masalah
Sub bab ini membahas batasan masalah, baik melalui ruang lingkup tempat penelitian, ataupun informasi penelitian serta waktu penelitian.

4. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dibagi atas 2 bagian, yakni tujuan  penelitian umum dan tujuan penelitian khusus.
- Tujuan umum: berisikan tujuan secara keseluruhan atau secara garis besar.
- Tujuan khusus: berisiskan tujuan secara khusus ditujukan.

5. Manfaat Penelitian
Disini kamu harus menjelaskan apa-apa saja manfaat dari penelitian yang dilakukan setidaknya ada 3 manfaat yang paling umum untuk dijelaskan yakni:

- Manfaat bagi peneliti
- Manfaat bagi masyarakat
- Manfaat bagi pengembang keilmuan

6. Keaslian Penelitian
Bagian ini adalah pernyataan paling penting dimana peneliti menyatakan keaslian penelitian yang akan dilakukan oleh penelitan maupun replikasi penelitian sebelumnya.
BAB II Tinjauan Pustaka

1. Landasan teori
Landasan teori sebaiknya mendukung hipotesis penelitian yang mengurai kerangka teori yang berdasarkan oleh pendapat para ahli.

2. Kerangka teori
Kerangka teori berisikan isu atau fakta penelitian.

3. Kerangka konsep penelitian
Kerangka konsep adalah gambaran dari kerangka teori yang dipilih.

4. Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara dari sebuah masalah yang dipilih dan juga mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hipotesis dinyatakan dalam bentuk pertanyaan.

BAB III Metode Penelitian
  1. Jenis Penelitian : merupakan langkah yang akan diambil untuk membuktikan kebenaran hipotesis
  2. Populasi Dan Sampel : Populasi merupakan keseluruhan subjek peneliti, sedangkan sampel adalah sebagian dari jumlah populasi
  3. Lokasi Dan Waktu Penelitian : menjelaskan tempat dan waktu penelitian
  4. Variabel; menjelaskan keterangan variabel dan faktor yang diteliti dalam penelitian
  5. Teknik Pengumpulan Data : boleh berupa observasi, wawancara langsung, angket, dan pengukuran
  6. Instrumen Penelitian : merupakan alat ukur berupa kuisioner dan cek list sebagai pedoman observasi, wawancara dan angket.
  7. Tehnik Pengolahan Data : berisi cara pengolahan data yang dapat digunakan untuk menarik kesimpulan penelitian
  8. Metode Analisis Data : menjelaskan seluruh data yang diperoleh menjadi sebuah informasi.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisikan nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis dalam pembuat sebuah proposal yang diperoleh dari berbagai sumber. Daftar Pustaka juga dipakai pada semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan sebagainya 

LAMPIRAN.

Lampiran merupakan dokumen pendukungaatau dokumen tambahan yang dilampirkan (ditambahkan) ke dalam dokumen utama baik berupa gambar ataupun foto yang digunakan selama proses penelitian berlangsung.

Yernyata lumayan panjang juga yah langkah-langkah untuk membuat proposal penelitian, tapi ya begitulah yang harus dilakukan oleh kalian yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Jika kalian ingin segera menyelesaikan pendidikan yang sedang ditempuh di bangku perkuliahan, hal tersebut harus tetap dilaksanakan, dan hal itu sangat wajar mengingat bahwa kalian benar-benar dapat mempertanggungjawabkan hasil karya ilmiah yang kalian tulis sendiri.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara membuat proposal penelitan dan contoh pembuatan proposal. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua khususnya mahasiswa,

Jika kalian punya pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dikolom yang telah disediakan dibawah ini. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan semoga sukses.
Previous
Next Post »