Cara Membuat Bubur Mutiara Sederhana Dan Nikmat

Bubur adalah sejenis makanan untuk mengacu pada campuran bahan padat dan cair, dengan komposisi cairan yang lebih banyak daripada padatan. Dimana keadaan bahan padatan yang tercerai-berai. Dalam dunia kuliner, bubur dapat dikatakan sejenis makanan yang dimasak dengan cara menggodog bahannya sampai menjadi sangat lunak.

Bubur Mutiara
Nah, mungkin kata bubur sudah sering kita dengar atau bahkan kita pastinya juga pernah mengkonsumsi bubur, hanya saja biasanya kebanyakan orang Indonesia memakan bubur yang berbahan dasar beras. Namun tahukah anda bahwa ada bubur yang disebut dengan nama bubur mutiara yang berbahan dasar sagu.

Apa itu Bubur Mutiara?

Bubur Mutiara biasa disajikan dalam keadaan dingin sebagai melepas dahaga dikala terik matahari. Akan tetap bubur mutiara juga bisa disajikan dalama keadaan masih hangat hangat yang sangat nikmat untuk disantap pada sore atau malam hari. Di bulan puasa, bubur mutiara biasanya dijadikan sebagai takjil. Dan ada beberapa resep yang hampir mirip dengan bubur mutiara antara lain : Bubur Sumsum, Es Cendol, Es Airmata Pengantin, dan lain sebagainya.

Dan bila anda tertarik untuk membuat bubur mutiara, berikut ini saya akan memberikan resep membuat bubur mutiara sederhana bagi anda yang ingin mencobanya sendiri dirumah. Simaklah langkah-langkah membuat bubur mutiara berikut ini.

Bahan Membuat Bubur Mutiara

Berikut ini saya hanya membuat untuk tiga porsi bubur mutiara saja, jika ingin membuat dengan lebih banyak porsi, anda dapat menambahkan takaran pada masing-masing bahan.
  • Sagu Mutiara = 2 Genggam
  • Gula Pasir = 5 Sendok makan
  • Air Putih : 350 Mililiter
  • Garam Halus : Setengah sendok teh
  • Daun Pandan : 2 Lembar
  • Santan Kelapa : 1 Kemasan kecil

Cara Membuat Bubur Mutiara Sederhana
  1. Pertama, terlebih dahulu rendamlah sagu mutiara selama kurang lebih 1 jam. 
  2. Selanjutnya didihkan santan menggunakan 50 mililiter air serta masukkan juga daun pandan.
  3. Selanjutnya masak sagu mutiara menggunakan air sebanyak 300 ml dan jangan lupa tambahkan gula pasir dan garam.
  4. Tunggu hingga air sedikit menyusut dan sagu mutiara mulai sedikit mengental.
  5. Selesai, bubur mutiara pun sudah jadi, dan untuk penyajiannya siramkan santan ke dalam sagu mutiara tersebut.
Demikianlah resep cara membuat bubur mutiara sederhana dan nikmat, apabila anda ingin membuat bubur mutiara dengan kreasi baru, silahkan anda tambahkan dengan bahan-bahan lainnya sesuai dengan selera anda. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...