Cara Membuat Gantungan Kunci Fiberglass Cantik Dan Unik

Bagi anda yang ingin membuat kerajinan dari fiberglass untuk hiasan gantungan kunci, pernak-pernik untuk cindera mata, dan lain sebagainya. Seni kerajinan fiberglass ini mungkin patut untuk ada coba. Dimana seni kerajinan ini ymasih sedikit orang tahu untuk cara pembuatannya.
Gantungan Kunci Fiberglass
Apa itu Fiber atau Fiberglass?  

Fiberglass (Serat Kaca) adalah kaca cair yang telah ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah berkisar 0,005 mm-0,01 mm. Fiberglass ini biasanya dipergunakan untuk membuat kerajinan fiber yang di campur resin sebagai bahan perekat dan membuat bahan tersebut menjadi sangat kuat. Biasanya fiberglass juga dijadikan bahan untuk untuk modifikasi body mobil atau sepeda motor.

Itulah penjelasan singkat mengenai Fiberglass, nah sekarang saya akan memberikan anda langkah-langkah untuk membuat Fiberglass yang bisa anda jadikan sebagai hiasan pada gantungan kunci. Simak penjelasan dibawah ini.

Bahan Dan Alat Membuat Fiberglass

Bahan
a. Resine blue / bening
b. Catalis Oil

Alat
1. Cetakkan bisa terbuat dari kaca, plastik, besi/seng, dan lain-lain.
2. Kapas.
3. Minyak goreng.
4. Aneka pernik untuk hiasan berupa foto, koin, pernak pernik, hewan yang diawetkan
5. Tempat adukan dari plastik/kaca/seng.

NB:  Bahan bahan untuk membuat kerajinan fiberglass seperti catalis oil dan resine bisa Anda dapatkan ditoko bahan bahan kimia terdekat.

Cara Membuat Fiberglass
  1. Siapkan terlebih dahulu alat cetak, lalu olesi permukaannya dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dalam minyak goreng.
  2. Kemudian Campurlah kedua bahan (No. 1 dan No. 2) sampai merata dengan perbandingan 10:1.
  3. Selanjutnya masukkan pernik-pernik untuk hiasan (bisa foto, bunga, hewan kecil, dan tulisan).
  4. Kemudian diamkan beberapa menit sampai kedua bahan mengeras (biasanya didahului dengan panasnya campurkan kedua bahan).
  5. Setelah beberapa menit dan campuran kedua bahan sudah dingin keluarkan dari cetakan dengan hati-hati.
  6. Anda dapat memperhalus fiberglass dengan digerinda/diamplas lalu dikompon yang halus.

Cara Membuat Gantungan Kunci Fiberglass

Setelah anda selesai membuat Fiberglass, selanjutnya anda tinggal membuat sebuah lubang di fiberglass tersebut dan kemudian mengkaitkannya pada besi pada gantungan kunci tersebut.


Demikian tips cara membuat gantungan kunci fiberglass cantik dan unik yang dapat anda praktekkan langsung di rumah. Atau bahkan ini bisa anda jadikan sebagai salah satu pilihan usaha baru anda, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...