Cara Membuat Perkedel Kentang Daging Sapi

Mungkin jenis makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga para pembaca setia CiptaanTangan.com atau bahkan untuk dapat menikmati makanan ini juga sangat mudah didapatkan diwarung-warung yang menjual makanan atau biasa disebut dengan warteg. Sebut saja perkedel yaitu makanan yang memiliki rasa yang nikmat dan lembut pada saat dimakan.

Perkedel merupakan jenis makanan yang biasanya terbuat dari suatu bahan yang proses pembuatannya melalui penghalusan bahan kemudian dicampur dengan bahan lain kemudian digoreng menggunakan minyak goreng.

Perkedel Kentang Daging Sapi
Apa itu Perkedel?

Perkedel adalah makanan yang terbuat dari kentang yang direbus atau digoreng sebelum dilumatkan kemudian dicampur dengan irisan daun bawang dan daun seledri serta daging cincang, kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu. Lalu dibentuk bulat-bulat gepeng, dan selanjutnya dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lalu digoreng.

Umumnya perkedel dibuat dengan bahan dasar kentang, tahu, dan bahkan ada juga perkedel yang terbuat dari tempe yang biasa disebut dengan mendol.

Baca Juga : Cara Membuat Bubur Mutiara Sederhana Dan Nikmat


Namun kali ini saya akan berbagi resep perkedel menggunakan kentang dan daging sebagai bahan dasar. Dan daging yang akan digunakan adalah daging sapi, tentu saja akan membuat rasa perkedel semakin gurih dan lezat. Selain untuk menghasilkan protein, penambahan telur pada perkedel juga berguna sebagai perekat adonan perkedel supaya perkedel tak mudah hancur pada saat digoreng.

Berikut ini anda dapat mengikuti langkah-langkah cara membuat perkedel kentang dan daging paling mudah dan enak.

Cara Membuat Perkedel

Bahan Yang Diperlukan :
- 1 Ons Daging
- 1/2 kg Kentang
- 1 Butir Telur Ayam
- Minyak Goreng atau Mentega secukupnya

Bumbu-Bumbu Perkedel :
- 5 Buah Bawang Merah
- 3 Siung Bawang Putih
- 10 Biji Merica
- 1 Sendok Makan irisan seledri
- Garam dan Vitsin secukupnya


Cara Memasak Perkedel : 
  1. Pertama, kentang dikupas, diiris-iris lalu digoreng.
  2. Sesudah matang, dihaluskan. daging dicincang sampai halus dan telur ayam dikocok. 
  3. Bawang merah dan bawang putih dirajang dan digoreng setengah matang lalu dihaluskan bersama garam dan merica (sebagian bawang merah goreng disisakan).
  4. Selanjutnya semua bahan dan bumbu dicampur menjadi satu lalu dibubuhi sledri dan vitsin. Bentuklah bulat-bulat pipih lalu digoreng.
  5. Selesai, perkedel pun siap untuk disajikan.
Demikianlah cara membuat perkedel kentang daging sapi yang bisa anda praktekkan dirumah. Dan perkedel ini sangat cocok dihidangkan sebagai lauk untuk makanan sehari hari yang bisa digunakan sebagai pengganti tempe goreng maupun tahu goreng. Semoga artikel ini dapat bermafaat bagi anda, selamat mencoba dan semoga sukses.
Previous
Next Post »