Cara Membuat Kembang Api Murah Dan Sederhana

Tak lengkap rasanya dalam perayaan sebuah momen penting seperti Tahun Baru dan juga hari-hari besar lainnya bila tidak dibarengi dengan perayaan pesta kembang api, dimana momen tersebut adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Kembang Api Pada Saat Menyala
Seperti yang kita ketahui bersama tentu saja pada saat acara perayaan hari besar dan juga Tahun Baru pastinya akan sangat meriah, sebab lokasi yang digunakan biasanya akan mengambil tempat umum dimana akan menjadi sebuah ruang bagi banyak orang untuk berkumpul dan berinteraksi sambil menyaksikan kembang api.


Apa itu Kembang Api?

Kembang Api adalah sebuah bahan peledak yang memiliki daya ledak rendah, yang biasanya digunakan di tempat terbuka untuk estetika dan hiburan pada sebuah perayaan momen spesial. Kembang api juga menghasilkan empat efek primer yaitu: cahaya, asap, suara, dan bahan terbang (contohnya confetti). Penggunaan kembang api pada umumnya sering dipakai pada pertunjukan kembang api seperti acara Penyambutan Tahun Baru.

Anda tentu saja akan melihat banyak kembang api yang menghiasi angkasa pada saat proses penyambutan Tahun baru, baik itu kembang api yang dinyalakan oleh perorangan yang biasanya dinyalakan oleh anggota keluarga seperti anak yang masih kecil dan masih senang-senangnya bermain kembang api ataupun dinyalakan oleh pemerintah kota bahkan negara-negara tertentu yang tengah menyambut pergantian tahun yang lama ke tahun baru.

Jenis-Jenis Kembang Api

Pernahkah anda tahu ada berapa jenis kembang api? Kembang api memiliki beberapa jenis dan juga sangat beragam, mulai dari kembang api tangkai yang bisa dipegang, kembang api warna-warni, dan juga ada jenis kembang api yang dapat meluncur ke atas / ke udara, kembang api tetes serta kembang api gasing yang bisa berputar-putar pada saat dinyalakan, dan masih banyak jenis kembang api yang lainnya.

Cara Membuat Kembang Api

Tahukah anda bagaimana cara membuat kembang api? Nah, kali ini saya akan coba berbagi kepada anda tentang panduan cara membuat kembang api murah dan sederhana, yaitu jenis kembang api tangkai atau kembang api sulut.

Kembang api jenis ini merupakan kembang api yang sangat aman, karena diberikan sebuah pegangan, biasanya pegangan berupa kawat besi dan juga terbuat dari kayu yang diltempatkan di ujung pangkalnya. Dan juga jenis kembang api yang satu ini adalah kembang api yang paling banyak dan sangat mudah untuk ditemui dipasaran.

Bahan Membuat Kembang Api Dengan Biaya Murah


Ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan ketika hendak membuat kembang api, yaitu :
  • 6 gram Serbuk Besi Baja
  • 1 gram Sulfur / Belerang
  • 1 gram Serbuk Karang Ayu
  • 9 gram Serbuk Sedaya
  • Kawat tali secukupnya
  • 10 cc Lem Kayu / Perekat Kayu
Proses Pembuatan Kembang Api
  1. Pertama, Haluskan dan campurkan serbuk besi baja, belerang, serbuk karang ayu dan serbuk sedaya.
  2. Kemudian, siapkan ember atau kaleng plastik yang telah di isi dengan lem kayu.
  3. Selanjutnya, celupkan kawat ke lem kayu, lalu dicelupkan kembali ke campuran bahan-bahan yang telah dihaluskan tadi.
  4. Terakhir angkat dan tunggulah sampai kering.
Itulah langkah-langkah membuat kembang api yang dapat anda praktekkan langsung dirumah, jika anda ingin membuat kembang api sebanyak yang inginkan, anda dapat mengulangi langkah-langkah yang sama seperti di atas dan setelah kembang api kering, barulah kembang api tersebut bisa di sulut.

Dan ketika anak-anak mulai menyulut dan bermain kembang api sebaiknya didampingi oleh orang dewasa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa saja terjadi dan bahkan dapat menyebabkan kebakaran.

Demikianlah cara membuat kembang api murah dan sederhana dan bahan pembuatan kembang api. Karena kembang api adalah bahan yang sangat gampang sekali terbakar, sebaiknya jauhkan kembang api dari tempat yang memiliki suhu panas yang tinggi.


Semoga informasi yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda punya pertanyaan, Silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom yang disediakan. Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »