Cara Membuat Lampu Hias Cantik Dari Kardus Bekas


Pada malam hari yang identik dengan kegelapan biasanya kita pasti akan menyalakan lampu sebagai alat untuk penerangan. Dengan demikian cahaya yang di hasilkan oleh lampu akan membantu kita untuk menikmati suasana malam yang indah. Akan tetapi mungkin di antara kita semua masih banyak yang belum tahu tentang pengertian lampu.

Lampu Hias Cantik Dari Kardus Bekas
Apa itu Lampu?

Lampu adalah sebuah perangkat yang memproduksi cahaya sebagai penerang dalam kegelapan. Lampu biasa disebut juga dengan "Bola Lampu". Penemu Lampu pertama kali adalah oleh Sir Joseph William Swan Pada tahun 1860 menggunakan kertas karbon sebagai filamen dalam percobaan bola lampunya. Yang kemudian di teruskan oleh Thomas Alva Edison.

Jenis-Jenis Lampu

Ada berbagai macam jenis lampu di dunia saat ini dan berdasarkan jenis-jenisnya lampu dibedakan menjadi beberapa kelompok antara lain :
  1. Lampu Incandescent (Lampu Pijar)
  2. Lampu Halogen
  3. Lampu Fluorescent (Lampu TL)
  4. Lampu Mercury
  5. Lampu Sodium Tekanan Rendah (SOX)
  6. Lampu Sodium Tekanan Tinggi (SON)
  7. Lampu LED
Nah, itulah sekilas pengenalan tentang pengertian lampu dan macam-macam lampu yang ada di dunia. Namun disini saya tidak akan membahas terlalu jauh mengenai lampu tersebut, akan tetapi kali ini yang akan saya bagikan kepada adalah bagaimana langkah-langkah membuat lampu hias cantik yang terbuat dari kardus bekas.

Bahan Membuat Lampu Hias Cantik Dari Kardus Bekas :

- Kardus bekas
- Gunting/pisau
- Lem perekat
- Lampu lengkap.

Cara Membuat Lampu Hias Cantik Dari Kardus Bekas
  1. Pertama, tentukan terlebih dahulu tempat lampu yang seperti apa yang akan dibuat.
  2. Lalu tempat lampu yang dibuat berbentuk balok (lihat gambar)
  3. Selanjutnya potong kardus berbentuk seperti salib.
  4. Gabungkan potongan kardus hingga membentuk seperti balok.
  5. Kemudian potong membentuk sesuatu agar cahaya lampu bisa keluar dan terlihat indah di kegelapan (lihat gambar).
  6. Pasang lampu sesuai jenis yang anda inginkan dan yang pas dengan ukuran kotak tempat yang anda buat.
  7. Lampu dari kardus bekas pun siap untuk digunakan.
Anda juga dapat membuatnya dalam bentuk lain jika anda tidak ingin berbentuk kotak, mungkin anda bisa mencoba membuatnya dengan bentuk silinder seperti gambar dibawah ini.

Lampu Hias Silinder Dari Kardus Bekas

Demikianlah cara membuat lampu dari kardus bekas yang bisa anda coba untuk membuatnya sendiri di rumah. Semoga dengan adanya lampu cantik ini dapat membuat anda semakin nyaman dalam menikmati malam-malam indah anda sebelum tidur.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda telah membaca artikel singkat saya ini, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda dan orang di sekitar anda dan jika anda punya pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar yang telah disediakan.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...