Cara Membuat Minyak Rambut Pomade Rumahan

Bagi anda pria yang selalu menjaga penampilan anda terutama gaya rambut yang menjadi ciri khas diri anda, tentu saja untuk menata rambut anda agar selalu terlihat rapi biasanya akan memakai yang namanya minyak rambut. Biasanya penggemar model rambut klimis pastinya tidak asing lagi dengan minyak rambut Pomade, yang sering di pakai kalangan artis untuk merapikan rambut agar rambut nampak terlihat basah dan gampang di atur.

Hair Pomade
Apa itu Pomade?

Pomade adalah minyak berbahan dasar minyak kelapa, lanolin, wax dan parfum atau fragrance yang dicampur dengan wax, namun pomade nggak membuat rambut kering dan keras seperti gel, dan juga nggak akan mengering. Pomade mirip seperti wax yang nggak kering dan bisa ditata ulang.

Pomade merupakan produk hairstyling yang ngetrend di tahun 1900 an. Namun semenjak Elvis dan berakhirnya era 50-an, satu-satunya yang loyal mempertahankan pomade sebagai identitas mereka adalah skena rockabilly dan kustom-kulture.

Mungkin sebagian para kaum pria di Indonesia tentunya sudah tau apalagi saat ini sedang marak dan trend model rambut ala rockabilly yang mengharuskan rambut agar terlihat tetap rapi, tampak basah/klimis, serta tahan lama.

Proses Pembuatan Pomade

Proses pembuatan Pomade ternyata tidaklah terlalu sulit, bahkan kita dapat dengan bebas menentukan bahan-bahan maupun aroma Pomade yang diinginkan. Dan kali ini saya akan memberikan informasi kepada anda tentang cara membuat pomade rumahan dan sebagai contoh saya akan membuat Oil Based Pomade.

Cara Membuat Minyak Rambut Pomade Rumahan

Bahan Membuat Pomade

  • Fresh Olive Oil/Vegetable Oil (Minyak Nabati)
  • Fresh Vegetable Shortening (Minyak Sayur)
  • Scented Oil/Essential Oil (Minyak Esensial)
  • Bee's Wax (Lilin Lebah)
Langkah-Langkah Membuat Pomade 

  1. Pertama, setelah anda menyiapkan bahan-bahannya, anda dapat memilih khusus untuk minyak esensialnya tergantung pada wangi pomade yang di inginkan.
  2. Selanjutnya, lelehkan lilin lebah (Bee's Wax) dalam panci bersih dengan suhu panas rendah, lalu lanjutkan aduk sampai cair.
  3. Kemudian tuangkan lilin cair ke dalam wadah pencampuran/pendinginan.
  4. Tambahkan Minyak Sayur, hal ini dimaksudkan agar lilin tidak menjadi terlalu keras bila didinginkan lagi.
  5. Selanjutnya tambahkan Minyak Esensial (wangi yang anda suka) untuk menambah aroma pomade tersebut.
  6. Setelah dingin periksa Pomade Custom anda apakah kurang kental atau malah terlalu kental, hal ini penting karena ini akan mempengaruhi 'hold' dari pomade ciptaan anda.
  7. Kemudian panaskan campuran untuk mengubah konsistensi.
  8. Jika terlalu kaku cobalah untuk menambahkan lebih banyak minyak sayur lalu panaskan kembali (hal ini akan menghasilkan pomade jenis Shine dengan tingkat hold yang tidak terlalu kuat).
  9. Jika terlalu lembut, tambahkan lilin lebah (Bees Wax) dan panaskan kembali (ini akan menghasilkan pomade tingkat medium atau bahkan Heavy Hold).
  10. Untuk masalah takaran yang tepat, tergantung pada bagaimana anda menginginkan Pomade yang sesuai dengan keinginan anda agar pomade pas dan cocok untuk jenis rambut anda.
NB :

  • Untuk mencairkan lilin hanya menggunakan Hotplate atau Kompor.
  • Pastikan juga anda hanya menggunakan bahan minyak alami, seperti minyak nabati atau minyak wangi untuk pomade.
  • Jangan gunakan lilin yang lain selain dari lilin lebah.

Dengan menggunakan minyak rambut pomade ini pastinya penampilan rambut anda akan selalu tampak rapi dan klimis, sehingga meningkatkan rasa percaya diri anda saat bepergian dan menghadiri suatu acara yang penting dalam kehidupan anda.

Demikianlah artikel singkat tentang cara membuat minyak rambut Pomade ala rumahan, selain proses pembuatannya yang terbilang cukup mudah, tentunya anda juga dapat menentukan aroma wangi yang sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan pesan anda pada kolom komentar yang disediakan dan akhir kata saya ucapkan terimakasih, selamat mencoba dan semoga sukses.
Previous
Next Post »