Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana Dan Spesial

Nasi Uduk yang gurih dan juga wangi biasanya dihidangkan dengan tambahan beragam lauk pauk sebagai pelengkap saat akan disantap. Nasi Uduk ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan selera makan, maka tak heran jika nasi uduk terdengar di telinga kita begitu populer.
Nasi Uduk Sederhana Dan Spesial
Apa itu Nasi Uduk?

Nasi Uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang di kukus dan di aron bersama dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, jahe, daun serai, kayu manis, dan merica. Hasilnya, rasanya pun menjadi gurih dan beraroma harum.

Nasi Uduk adalah makanan khas Betawi yang berbahan dasar nasi putih namun berbeda dengan nasi putih pada umumnya, Nasi Uduk tidak terlihat putih dan butiran nasinya tidak lengket satu sama lain. Hal itu dikarenakan proses memasak beras yang terlebih dahulu di aron dengan menggunakan air santan hingga matang.

Cara Membuat Nasi Uduk Spesial

Hidangan ini kemudian dihidangkan dengan taburan bawang goreng, emping goreng, tahu dan tempe goreng, telur dadar / telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang, sambal kemiri kental berwarna kemerahan yang rasanya pedas, serta daun kemangi, dan kadang-kadang dilengkapi juga dengan sambal bercampur kecap manis.

Makanan ini biasanya lebih sering dijual pada pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam. Namun pada malam hari,biasanya nasi uduk ini dijual di warung pecel lele, yaitu warung yang menjual nasi uduk beserta tambahan lauk, seperti : lele, ikan mas, ayam bakar dan goreng, dan lain lain.

Sejarah Nasi Uduk

Dahulu, konon awalnya Nasi Uduk dijual secara tradisional di kawasan Kebon Kacang, Jakarta, Dimana daerah ini memang terkenal sebagai asal muasal Nasi Uduk yang memiliki rasa yang sangat enak, sehingga menjadikan nama “Kebon Kacang” sering dipakai penjual Nasi Uduk di daerah-daerah lain sebagai embel-embel untuk menarik pembeli.

Kebanyakan Nasi Uduk khas Kebon Kacang dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang berbentuk kerucut dan pada bagian atasnya ditaburi bawang goreng. Nama Kebon Kacang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, dimana nama tersebut memiliki filosofi dari sejarah lahirnya nasi uduk.

Nah, itulah sekilas pengertian nasi uduk dan juga sejarah nasi uduk di Indonesia yang perlu anda ketahui untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda. Dan selanjutnya saya kan memberikan informasi kepada anda tentang bagaimana cara membuat nasi uduk sederhana dan spesial yang memiliki rasa yang sangat nikmat.

Resep Nasi Uduk Enak dan Nikmat

Resep nasi uduk yang enak dan nikmat ini layak untuk anda coba dan praktekkan langsung di rumah, dimana resep makanan nasi uduk ini dapat anda sajikan sebagai santapan makan pagi dan malam buat keluarga tercinta. Dan juga cara pembuatannya terbilang cukup mudah.

Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana

Nasi uduk ini terkenal gurih karena bumbu-bumbunya yang komplit yang bikin lidah ketagihan. Disamping itu yang namanya nasi uduk akan terasa pas kalau ada aneka lauk dan pelengkap lainnya. Bagi anda yang sudah mulai penasaran untuk tahu bagaimana cara membuat nasi uduk dengan cara sederhana dan memiliki rasa yang spesial. Simak dan ikutilah langkah-langkah pembuatan nasi uduk dibawah ini.

Bahan Dan Bumbu Nasi Uduk:
  • 500 gram beras, cuci lalu rendam ± 1 jam. tiriskan
  • 600 ml santan, gunakan kelapa tua 1 buah
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja (memarkan)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun pandan, buat simpul (sesuai selera)
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh ketumbar, yang bubuk
Pelengkap :

- Sambal Kacang
- Bihun goreng
- Bawang goreng, buat taburan
- Sambal goreng tempe
- Kerupuk
- Irisan telur dadar
- Irisan Timun
- Ayam goreng kalasan / udang goreng

Cara Membuat Nasi Uduk Gurih, Nikmat dan Lezat
  1. Pertama, siapkan lah terlebih dahulu santan di panci dan tambahkan garam, daun salam, serai serta daun pandan.
  2. Kemudian didihkan selama beberapa menit (gunakan api kecil)
  3. Setelah mendidih, masukkan beras, lalu aduk sampai meresap.
  4. Selanjutnya kukus beras kurang lebih selama 30 menit atau sampai matang.
  5. Nasi Uduk pun, siap disajikan bersama pelengkap lainnya
Nah itulah proses pembuatan nasi uduk yang bisa anda kerjakan sendiri dirumah, dan tentunya anda dapat membuatnya dengan menggunakan kreasi yang lain sesuai dengan selera anda. Saya juga akan memberikan anda bonus resep cara membuat sambal kacang dan untuk bahan dan proses pembuatannya, simaklah penjelesan dibawah ini.

Bahan Sambal Kacang
  • 100 gram kacang tanah, goreng
  • 3 buah cabe merah keriting, rebus
  • 5 buah cabe rawit, rebus
  • 3 siung bawang putih, rebus
  • 1 sendok teh garam
  • ½ teh gula pasir
  • 1½ sendok teh cuka
  • 250 ml air panas

Cara Membuat Sambal Kacang
  1. Haluskan terlebih dahulu semua bahan jadi satu sampai kehalusannya sesuai keinginan.
  2. Kemudian masukkan air panas serta cuka, dan aduk hingga merata.
  3. Dan sambal kacang pun siap jadi pelengkap nasi uduk.
Demikianlah cara membuat sambal kacang yang dapat anda gunakan sebagai pelengkap untuk menikmati nasi uduk dan menjadikannya spesial untuk dinikmati bersama keluarga.

Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel tentang cara membuat nasi uduk sederhana dan spesial, semoga informasi yang saya berikan kepada anda dapat berguna serta bermanfaat. Dan jika anda punya pertanyaan atau kreasi makanan yang lain anda dapat membagikannya pada kolom komentar yang telah disediakan, selamat mencoba dan semoga sukses.
Previous
Next Post »