Cara Membuat Lem Kanji Untuk Kertas (Lem Kertas)

Kita semua pasti pernah menggunakan sebuah cairan untuk merekatkan barang-barang yang gampah pecah ataupun retak. Dan biasanya untuk membuat barang tersebut menyatu kembali tentu saja menggunakan sebuah cairan perekat yang biasa di sebut dengan lem.

Cara Membuat Lem Kanji (Lem Kertas)
Apa itu Lem?

Lem adalah cairan atau senyawa bahan lengket (biasanya cairan) yang dapat merekatkan 2 benda atau lebih agar barang tersebut tidak lepas atau terpisah. Lem dapat dibuat dengan menggunakan bahan yaitu bagian dari tumbuhan atau hewan ataupun bahan kimia dari minyak.

Lem pertama yang biasanya dapat langsung kita gunakan mungkin yaitu cairan alami yang berasal dari beberapa jenis pohon saat ditebang yang akan mengeluarkan cairan berupa getah yang dapat kita gunakan untuk melekatkan benda/barang.

Tanpa kita sadari lem merupakan salah satu barang yang wajib kita miliki dan simpan di rumah sebagai kebutuhan, terutama di zaman sekarang ini, lem juga merupakan kebutuhan yang tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan yang lain seperti korek api, lilin, obat, tissue, sabun, dan lain sebagainya.

Dan kali ini saya akan berbagi informasi kepada Anda seputar cara untuk membuat lem yang terbuat dari tepung kanji yang biasanya kita gunakan untuk merekatkan kertas, seperti amplop, perangko, buku, dan lain sebagainya dan biasanya lem ini sering disebut dengan lem kanji.

Apa itu Lem Kanji?

Lem Kanji adalah cairan atau bahan lengket berbahan dasar tepung kanji yang biasanya digunakan untuk merekatkan kertas seperti, amplop, buku, perangko, dan lain-lain. Lem kanji biasanya selalu ada dikantor yang sering digunakan dalam hal surat-menyurat.

Nah, Itulah sekilas tentang pengertian lem yang perlu untuk anda ketahui serta bagaimana cara penggunaanya yang sering dianggap sepele ternyata dalam urusan tertentu lem kertas/lem kanji sangat penting untuk digunakan.

Proses Pembuatan Lem Kanji

Setelah anda mengetahui dan paham akan maksud penjelasan diatas, selanjutnya saya akan memberikan langkah-langkah cara membuat lem kanji yang dapat Anda praktekkan langsung di rumah.

Untuk cara pembuatan lem kanji (lem kertas) ini anda dapat mengikuti langkah-langkah proses pembuatan lem kanji / lem kertas di bawah ini .

Bahan Pembuatan Lem Kanji (Lem Kertas) : 


  • 100 gr tepung kanji-pati atau sesuai kebutuhan
  • 300 ml air bersih
  • 3,2 gr sodium hiroksida (bisa pakai bisa tidak)
  • 24 gr Urea (bisa pakai bisa tidak)

Cara Membuat Lem Kanji/ Lem Kertas

  1. Pertama, panaskan terlebih dahulu air sebanyak 300 ml sampai mendidih, jika ingin menggunakan sodium hiroksida, maka ambil 1/4 bagian air mendidih dari 300 ml air yang dipanaskan tersebut untuk melarutkan sodium hiroksida, demikian juga dengan Urea jika Anda ingin memakainya.
  2. Lalu tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit dengan cara diaduk-aduk secara perlahan pada air yang sudah mendidih tersebut.
  3. Setelah tepung kanji larut dengan merata, selanjutnya tuangkan sodium hiroksida yang sudah dilarutkan dan ureanya secara bersamaan dengan perlahan-lahan sambil diaduk sampai merata (Abaikan langkah ini jika Anda tidak mau menggunakan sodium hiroksida dan urea).
  4. Kemudian setelah semua bahan tercampur merata, Aduk secara terus menerus dengan perlahan hingga kekentalan lem tersebut di rasa sudah cukup.
NB :
Sodium hiroksida dan urea adalah bahan campuran supaya lem yang dihasilkan memiliki tingkat kerekatan yang lebih tinggi.

Demikianlah cara membuat lem kanji untuk kertas (lem kertas) yang dapat anda coba buat sendiri di rumah tentunya dengan cara yang sangat sederhana bahkan jika Anda ingin membuatnya dalam jumlah besar, bukan tidak mungkin ini bisa juga anda jadikan sebagai lahan bisnis baru bagi Anda.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih karena telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel tentang cara membuat lem kanji dengan cara sederhana ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Previous
Next Post »