Cara Membuat Tempe Bacem Dan Tahu Bacem Sederhana

Kebanyakan orang Indonesia pastinya sering mendengar makanan khas yang berasal dari pulau Jawa ini lebih tepatnya di daerah Jawa Tengah kota Yogyakarta, sebut saja Tempe Bacem dan Tahu Bacem yang menjadi salah satu pilihan makanan favorit yang sangat patut untuk dinikmati.

Tempe Bacem Dan Tahu Bacem
Orang Yogyakarta sangat menyukai bacem yang memiliki citarasa manis yang dibuat dengan tambahan bumbu khas gula merah. Namun tahukah anda bahwa bacem kini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, namun juga sudah mulai merambah ke mancanegara.

Apa itu Bacem?

Bacem atau Baceman adalah cara pengolahan makanan untuk mengawetkan produk biasanya berbahan dasar tempe dan tahu. Bacem juga merupakan sajian panganan dari daerah Jawa Tengah, juga Yogyakarta bagian timur (Mataraman). Dibacem artinya direndam di dalam larutan air garam atau gula agar bahan makanan tersebut menjadi awet.

Resep Tempe Dan Tahu Bacem

Sebenarnya ada banyak resep untuk membuat bacem, akan tetapi hampir semuanya menggunakan cara yang sama dimana bahan direbus bersama bumbu halus yang terbuat dari ketumbar, bawang merah dan bawang putih bersama rempah-rempah seperti lengkuas dan daun salam.

Rempah-rempah ini berfungsi untuk memberikan aroma harum pada bacem sekaligus menumpas bau langu yang biasanya terdapat di dalam tempe mentah.

Namun beberapa resep juga sering menggunakan kulit bawang merah untuk memberikan warna coklat gelap, atau menggunakan air kelapa untuk merebus, namun semuanya bertujuan untuk menghasilkan bacem sedap dengan tampilan yang mantap yaitu warna coklat tua.

Cara Membuat Tempe Bacem Khas Jawa Tengah

Dalam proses pembuatan bacem biasanya memiliki kendala utama yaitu pada saat membuat bacem adalah warnanya yang terlihat pucat, karena itu dalam pemilihan jenis gula Jawa yang digunakan tentunya sangat berperan penting. Pilih gula Jawa yang berwarna coklat gelap atau tambahkan beberapa sendok makan kecap manis ke dalam rebusan bumbu.

Menurut saya semua tempe dan tahu bacem seharusnya memiliki tekstur yang legit, padat dengan rasa dominan manis dan harum ketumbar yang menggoda selera, sehingga akan menambah gairah makan kita saat akan menikmati tempe dan tahu bacem tersebut.

Cara Membuat Tahu Bacem

Jika anda penggemar berat tempe seperti saya, maka rasa menggebu untuk mengolah bahan murah meriah dan lezat ini selalu menjadi cita-cita yang tak pernah padam.

Menurut saya menghasilkan rasa bacem yang sedap, tidak terlalu dominan manis, dan ada sedikit jajak rasa asam dari asam Jawa yang digunakan. Resep ini telah berpuluh kali saya gunakan untuk membuat aneka baceman di rumah, seperti bacem ayam, telur atau rempelo-hati ayam, dan hasilnya selalu memuaskan.

Resep Cara Membuat Bacem Untuk 6 Potong Tahu dan 6 Potong Tempe

Bahan-Bahan Membuat Bacem:

- 6 potong tempe, ukuran 4 x 4 cm tebal sekitar 3 cm
- 6 potong tahu putih, ukuran 4 x 4 cm
- 1 liter air kelapa (bisa digantikan dengan air kelapa kemasan kotak di supermarket)

Bumbu Dihaluskan:

- 1 1/2 sendok makan ketumbar sangrai
- 3/4 sdt jinten
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih

Bumbu Lainnya: 

- 70 gram gula merah, sisir halus
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdm garam atau tergantung selera
- 1 sdm asam Jawa, lumatkan dengan 100 ml air, saring dan gunakan air asamnya saja
- 2 potong besar lengkuas, pipihkan (sekitar 4 cm lengkuas)
- 6 lembar daun salam yang masih segar
- 4 sendok makan kecap manis
- 1 genggam kulit bawang merah (optional)

NB:
Bahan lainnya yang bisa di bacem seperti telur rebus, ayam, rempelo-hati.

Cara Membuat Tempe Bacem Dan Tahu Bacem Sederhana :

  1. Siapkan panci untuk tempat rebusan, lalu masukkan air kelapa dan semua bumbu (bumbu halus, lengkuas, daun salam, garam, gula, kecap dan kulit bawang merah).
  2. Rebus hingga beberapa menit hingga mendidih. 
  3. Selanjutnya, masukkan tempe dan tahu ke dalam rebusan air, tutup panci dan masak dengan api kecil hingga air mengering. 
  4. Jika air telah habis, angkat tempe dan tahu, lalu diamkan beberapa menit.
  5. Kemudian siapkan wajan, beri minyak agak banyak dan goreng tempe dan tahu hingga permukaannya agak kering (Jangan menggorengnya terlalu lama karena bumbu yang mengandung gula membuatnya mudah gosong).
  6. Terakhir, angkat dan tiriskan.
  7. Tempe dan Tahu Bacem pun siap untuk di santap bersama nasi hangat dan sambal terasi goreng.
Demikianlah cara membuat tempe bacem dan tahu bacem sederhana yang dapat anda buat sendiri di rumah sebagai pelengkap hidangan makanan keluarga sehari-hari atau jika anda berencana untuk membuka warung makanan juga bisa menjadi salah satu menu andalan Anda.

Terimakasih telah telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel singkat ini dan jika anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan pesan anda pada kolom yang disediakan, selamat mencoba dan semoga sukses.
Previous
Next Post »