Cara Membuat Celemek Dari Bungkus Plastik Bekas

Dalam kegiatan masak-memasak biasanya ada perangkat pelindung yang digunakan agar terhindar dari kotoran yang menempel dibaju. Dan biasanya perangkat itu disebut dengan nama 'Celemek'.

Mungkin yang sering kita lihat menggunakan celemek ini biasanya ibu-ibu pada saat akan memasak didapur, akan tetapi koki disetiap restoran-restoran ataupun warung-warung yang ada dipinggir jalan juga menggunakan. Namun tidak semua orang mengetahui apa sebenarnya fungsi dan kegunaan celemek.

Cara Membuat Celemek Dari Bungkus Plastik Bekas

Apa itu Celemek?

Celemek atau apron adalah kain kecil penutup baju pada dada yang biasanya digunakan pada saat memasak didapur, celemek juga dipakai oleh anak kecil sebagi alat untuk menjaga kebersihan dari ingus, makanan, dan lain sebagainya.

Kain celemek ini juga merupakan kain penutup baju mulai dari dada, pinggang sampai ke lutut dan bisa juga digunakan pada saat membersihkan rumah.

Membuat Celemek Bungkus Plastik

Kebanyakan celemek terbuat dari kain, akan tetapi kali ini saya akan berbagi informasi kepada anda cara membuat celemek dari bungkus plastik bekas.

Untuk membuat celemek/apron dengan plastik bungkus kemasan, Anda dapat memakai bungkus bekas makanan ringan, bungkus minuman serbuk, bungkus pewangi maupun bungkus sabun, atau bisa juga menggunakan bungkus kemasan yang lain.

Bahan Dan Alat Membuat Celemek Dari Bungkus Plastik :

– Bungkus plastik kemasan
– Tali dari kain bekas/pita
– Gunting
– Jarum dan benang jahit
– Meteran (jika diperlukan)

Cara Membuat Celemek Dari Bungkus Plastik :
  1. Pertama, potonglah bungkus plastik kemasan bagian atas dan bawahnya.
  2. Kemudian, lebarkan plastik dengan cara memotong bagian pengerat yang ada di tengah.
  3. Selanjutnya, setelah plastik berbentuk lembaran, cuci bersih plastik dan jemur hingga kering dan lap dengan menggunakan kain.
  4. Jahitlah satu-persatu lembaran bungkus plastik kemasan.
  5. Jika Anda ingin mempersingkat waktu menjahit, pakailah plastik bungkus kemasan yang besar untuk menghasilkan lembaran yang lebar.
  6. Lalu tentukanlah pola sesuai dengan selera Anda.
  7. Kemudian gunting lembaran sesuai pola yang dibentuk.
  8. Buat tali dari kain/pita.
  9. Lalu lapisi pinggir celemek dengan tali pita atau kain agar hasilnya terlihat lebih rapi.
  10. Terakhir, pasang tali pada celemek sesuai panjang yang diinginkan.
  11. Celemek atau Apron dari bungkus plastik kemasan pun kini sudah jadi dan siap digunakan
Demikianlah cara membuat celemek dari bungkus plastik bekas dengan mudah dan sederhana yang dapat Anda praktekkan langsung dirumah. Celemek ini juga lebih aman dan praktis karena terbuat dari plastik.

Langkah-langkah membuat celemek plastik bila anda buat dengan rapi makan akan terlihat lebih cantik dibandingkan dengan celemek yang terbuat dari kain. Bahkan kelebihan dari celemek plastik ini jika terkena saus atau minyak tinggal di lap aja dan proses pencuciannya pun lebih gampang dibanding celemek yang berbahan kain.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca artikel saya ini. Jika anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar yang disediakan, selamat mencoba dan semoga sukses.
Previous
Next Post »