Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Special Pake Telor

Nasi Uduk sudah pasti semua pencinta kuliner mengetahui makanan yang satu ini. Makanan yang memiliki cita rasa yang unik dengan berbagai topping tambahan yang dapat di kreasikan sendiri ini menjadi para incaran pencinta kuliner.

Nasi Uduk Betawi

Apa itu Nasi Uduk?

Nasi Uduk adalah sejenis makanan yang berbahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, lalu dibumbui dengan pala, daun serai, jahe, kayu manis, dan merica. Nasi Uduk ini kemudian dihidangkan dengan telur dadar / telur goreng yang sudah diiris-iris, emping goreng, tahu goreng, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang.

Biasanya Nasi Uduk yang paling disukai adalah nasi uduk betawi. Karena, Nasi Uduk Betawi ini memiliki cita rasa yang unik. Akan tetapi, keseringan makanan ini hanya ada di waktu malam hari saja.

Nasi Uduk Betawi biasanya memiliki isi mulai dari nasi uduk, bihun, orek tempe, gorengan dan bahkan ada juga yang memakai Jengkol yang menambah nikmatnya makanan nasi uduk ini.

Baca Juga : Cara Membuat Soto Betawi Kuah Santan Sederhana Tapi Nikmat

Namun, sering kali ketika lagi kepingin makan nasi uduk betawi tempat yang menjualnya tuh tutup dan tidak buka. Pasti rasanya sempet kesel kan. Nah kali ini saya akan memberikan resep dan cara membuat nasi uduk betawi special pake telor yang cita rasanya tidak kalah dengan yang di jual di beberapa tempat makanan.

Bahan Membuat Nasi Uduk Betawi Spesial :

- Beras kualitas baik 3 Cangkir.
- Air Secukupnya.
- Daun Salam 3 Lembar.
- Santan Kelapa 200 ml.
- Serai 2 Batang. Geprek.
- Garam 1 Sendok Teh.
Bahan Pelengkap :

- Sambal Kacang.
- Ayam Goreng.
- Bihun.
- Orek Tempe.
- Telur Dadar.
- Kerupuk.

Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Special Pake Telor :
  1. Beras di cuci bersih dan buang apabila ada kotorannya.
  2. Siapkan wadah rice cooker dan masukan santan dan air secukupnya.
  3. Pastikan kalian tidak kebanyakan memberikan santan dan airnya.
  4. Cukup sampai beras terendam kurang lebih 2cm.
  5. Tambahkan Serai yang sudah di geprek, Daun Salam, dan Garam.
  6. Aduk - Aduk Hingga semua bahan tercampur merata.
  7. Masukan Rice Cooker.
  8. Hidupkan Rice Cooker dan masak setengah matang kurang lebih 20 Menitan.
  9. Buka Rice Cooker dan aduk aduk manual hingga semua bahan benar benar tercampur merata dan beras matang dengan merata.
  10. Tutup Kembali Rice Cooker dan masak hingga Matang.
  11. Setelah matang Nasi Uduk Betawi Siap untuk dihidangkan.
  12. Sajikan bersama dengan bahan pelengkap seperti, Ayam Goreng, Telur Dadar, Orek Tempe, Sambal Kacang, Bihun, dan Kerupuk.
Mantab banget nih ketika anda makan di waktu malam tiba. Karena nasi uduk yang hangat dan juga minuman yang hangat pasti makin menambah kenikmatan yang luar biasa ketika anda makan. Apalagi dimakan bersama dengan keluarga.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...