Cara Membuat Zine Dengan Kreatif

CiptaanTangan.com
Cara Membuat Zine Dengan Kreatif

Zine adalah sebuah media cetak alternatif yang diterbitkan secara personal atau kelompok kecil dan direproduksi kembali dengan cara fotokopi. Zine disingkat fanzine atau magazine. Artikel bertopik buku atau majalah ini adalah sebuah rintisan.
Ilustrasi Zine

Zine merupakan salah satu bentuk publikasi yg diterbitkan dan dipublikasikan oleh pembuatnya, Namun tidak ada batasan dalam membuat sebuah zine kecuali batasan itu dibuat oleh si pembuat zine itu tersebut.

Para pembuat zine dapat menentukan kira-kira zine seperti apa yang akan mereka inginkan. Zine bersifat otonom dan nonkomersial. Kemungkinan yang dimiliki untuk memproduksi sebuah zine adalah bebas yang artinya melupakan semua persyaratan baku tentang sebuah media yang hanya menghambat untuk menciptakan produktifitas dan kreatifitas.

Hasil dari sebuah zine biasanya berupa fotokopi atau dicetak dengan mesin cetak dengan hitam putih (Black White) ataupun berwarna (Colorfull), ditulis tangan, diketik dengan mesin ketik atau menggunakan komputer.

Baca Juga : Cara Membuat Zupa Zupa (Zuppa Soup) Yang Lezat, Nikmat Dan Enak Banget 

Zine juga dapat di artikan sebagai sesuatu yang sederhana dan menyenangkan. Sesuatu yang dapat dikerjakan oleh semua orang. Setiap orang mempunyai ruang yang bebas untuk berekspresi dan imajinasi.

Dalam zine si pembuatnya dapat tampil sebagai sosok yang berbeda dari yang biasanya orang kenal.
Seorang laki-laki bisa tampil sebagai perempuan dan membicarakan banyak hal tentang perempuan, menggunakan nama-nama yang identik dengan nama perempuan. Atau mereka juga bisa  menjadi seorang anak kecil dengan semua keluguannya, dialek cedalnya dan dunia anak-anaknya.

Zine juga memberikan jalan alternatif bagi setiap kebuntuan terhadap komunikasi dan interaksi, melawan setiap aleniasi yang hadir dalam tontonan masyarakat masa kini.
Zine bisa saja menjadi nyata pada saat kita benar-benar menjalaninya. Kita bisa merasakannya, membawanya saat kemana pun kita pergi, membacanya di sebuah temapat dimana saat kita mulai ingin untuk membacanya, memberikannya kepada orang-orang di berbagai event yang kita kunjungi.

Berjam-jam yang dihabiskan untuk membuat sebuah tulisan, menggambar, melay-out, dan lain sebagainya merupakan waktu yang tak hanya digunakan untuk sekedar dihabiskan di depan layar televisi, dihabiskan untuk konsumerisme, atau untuk berbagai hal-hal lainnya yang sering digunakan untuk membunuh waktu luang oleh sebagian besar masyarakat kita.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sebenarnya cara untuk membuat sebuah zine yang melambangkan kebebasan berkreasi.

Berikut Cara Membuat Zine Dengan Kreatif :
  • Dibuat dengan bentuk kecil atau besar yang memuat gambar atau tulisan (keduanya)
  • Di layout menggunakan komputer atau menggunakan mesin ketik
  • Menggunakan gunting, lem, pena dan kertas bekas.
  • Dikerjakan sendirian atau bersama teman-teman
  • Berisi catatan-catatan tentang ide-ide atau topik apapun yang diinginkan pembuatnya
  • Distribusikan dengan teman-teman terdekat didalam lingkar komunitas
  • Dapat juga didistribusikan secara luas dan di bagikan secara gratis
  • Bisa di barter atau bisa juga dijual
  • Menciptakan setiap apapun yang ada dalam pikiran kita tanpa ada batasan
NB: Ciptakanlah hal-hal yang menurutmu biasa saja menjadi hal yang luar biasa tanpa harus membatasi ruang pikiranmu untuk tetap berkarya yang penuh dengan imajinasi-imanjinasi kreatif, maka akan melahirkan suatu karya ciptaan tangan yang akan membuat setiap orang terperangah.

" Zine akan selalu ada dan hidup selama media massa (mainstream) masih tetap ada"

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...