Cara Membuat Donat Super Lembut Dan Empuk

CiptaanTangan.com
Cara Membuat Donat Super Lembut Dan Empuk

Donat atau Donut/Doughnuts adalah makan sejenis kue yang digoreng yang di buat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti selai, jelly, krim, dan custard.
Donat

Cara membuat donat yang super lembut dan empuk memang terbilang susah-susah gampang. Kita semua pasti mengetahui donat adalah makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan tentu saja rasanya juga sangat lezat dan sangat cocok di nikmati bersama dengan keluarga.

Kali ini, saya akan kasih tahu tips bagaimana cara membuat donat yang enak, dan tentu saja dengan komposisi yang super lembut dan empuk banget.

Berikut Cara Membuat Donat Super Lembut dan Empuk :


Bahan :

- Tepung Terigu = 1/2 kg
- Gula Pasir = 4 Sendok Makan (Sdm)
- Air = 200 cc
- Ragi Instan =11 gram atau 1/2 bungkus
- Mentega = 3 Sdm
- Susu Bubuk/Kental = 3 Sdm
- Telur = 2 butir
- Garam = 2 sendok teh

Caranya Membuat Donat Super Empuk:
  • Kocok 2 butir telur Terlebih dahulu, lalu campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, susu, dan mentega, dan aduk hingga merata.
  • Selanjutnya itu masukkan ragi ke dalam air ke dalam adonan yang sudah dibuat, lalu setelah itu aduk adonan tersebut sampai halus, kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup dan diamkan sekitar 21 menit hingga adonan mengembang.
  • Setelah di diamkan sekitar 21 menit, lalu ambil adonan tersebut = 1 Sdm dan Bulatkan. Kemudian campurkan adonan yang sudah dibulatkan ke dalam  tepung terigu agar adonannya tidak lengket.
NB: Lakukan cara tersebut berulang-ulang, hingga habis kemudian diamkan kembali selama 21 menit agar adonan mengembang
  • Sebelumnya jangan lupa membuat lubang pada adonan yang sudah diberi tepung tadi,
  • Panaskan minyak goreng,
  • Masukkan adonan donat tersebut kedalam  minyak goreng, dan gunakan api kecil, tunggu sampai donat berubah warna menjadi kecoklatan
  • Angkat donat, lalu donat sampai dingin.
  • Selanjutnya setelah donatnya dingin, Olesi donat dengan mentega, lalu taburi donat yang sudah di olehsi mentega dengan ceres, atau keju,  atau dengan bahan-bahan yang sesuai dengan selera anda.
  • Donat siap untuk di santap...!!! :D
Demikianlah Cara Membuat Donat Super Lembut Dan Empuk. Bagaimana menurut anda? Mudah sekali bukan, dan saya yakin anda pasti bisa membuatnya sendiri dirumah dengan cara yang lebih baik dan benar tentunya, Akhir kata saya ucapkan semoga sukses dan selamat mencoba. :D

Loading...
Loading...
Oldest
Loading...