Cara Membuat Novel Untuk Pemula Dan Tips Menjadi Penulis Profesional

Halo sobat CiptaanTangan.com terimakasih sudah telah menjadi pembaca setia artikel-artikel kreatif dan inovatif yang ada disitus Ciptaan Tangan. Nah, kali ini saya akan berbagi informasi menarik yang perlu anda ketahui dan pastinya sangat berguna bagi anda yang berprofesi sebagai penulis novel.

Tips Cara Membuat dan Menjadi Penulis Profesional

Kalian tentunya pernah bukan membaca sebuah karya tulisan yang berisikan tentang sebuah cerita kehidupan manusia yang ada dimuka bumi ini, dan biasanya tulisan tersebut bersifat pengamalan pribadi ataupun pengalaman orang lain yang diceritakan dalam bentuk tulisan yang disebut dengan novel. Anda dapat menuliskan novel buatan sendiri dengan menggunakan microsoft word, yang selanjutnya anda dapat mengirimkannya ke bagian penerbitan novel.

Baca Juga : Cara Membuat Parfum atau Minyak Wangi Dan Tips Agar Wanginya Tahan Lama

Anda juga dapat menuliskan sebuah novel yang berisikan cerita cinta (Novel Cinta), ataupun tentang kisah persahabatan dan kehidupan didalam rumah tangga. Dan berikut ini saya akan memberikan kepada anda langkah-langkah membuat novel yang baik dan benar.

Apa itu Novel?


Novel adalah sejenis karangan prosa yang berisikan tentang sebuah rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang yang ada disekelilingnya dimana tulisan tersebut menonjolkan watak ataupun sifat setiap pelaku. Novelis adalah istilah yang diartikan sebagai "Penulis Novel". Dari masing-masing Genre novel biasanya digambarkan serta memiliki sejarah yang berkelanjutan dan komprehensif selama sekitar dua ribu tahun.

Nah itulah pengertian dari apa itu novel, yang mungkin selama ini tidak anda ketahui, dan selanjutnya saya akan menjelaskan kepada anda bagaimana caranya membuat novel bagi anda yang masih pemula dan ingin menjadi seorang penulis novel. Bahkan bisa saja novel buatan anda menjadi best seller.

Cara Membuat Novel Untuk Pemula

* Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya

Novel juga merupakan suatu bentuk karya sastra yang memiliki unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang mengandung cerita fiksi atau kisah nyata dalam bentuk tulisan dan kata-kata.

* Unsur-Unsur Novel (Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik)

A. Unsur Intrinsik Novel
Unsusr intrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra dari dalam yang terdiri dari 7 unsur, diantaranya:

1. Tema
Tema adalah pokok-pokok permasalahan yang dibahas sesuai dengan jalur cerita  yang terdapat di dalam sebuah cerita novel yang di buat.

2. Penokohan
Penokohan adalah Pemberian karakter atau watak pada setiap pelaku atau pemeran dalam sebuah cerita yang ada didalam novel tersebut. Para pelaku/tokoh bisa diketahui karakternya melalui ciri-ciri fisik, cara bertindak, dan juga lingkungan tempat tinggalnya.

3. Alur
Alur adalah rangkaian-rangkaian peristiwa yang terjadi yang membentuk jalannya suatu cerita pada novel yang mana Alur juga dibedakan menjadi 2 (dua) bagian yaitu : Alur maju (progresif) yang artinya 'Persitiwa yang bergerak secara bertahap berdasarkan dari urutan kronologis menuju alur cerita'. Sedangkan alur mundur (flash back progresif) adalah terjadi dikarenakan adanya kaitan dengan peristiwa yang sedang berlangsung.

4. Gaya bahasa
Gaya bahasa adalah alat utama si pengarang untuk melukiskan, menggambarkan dan juga menghidupkan cerita pada novel secara estetika dengan menggunakan 2 jenis gaya bahasa yaitu personifikasi, simile dan hiperbola.

Jenis-Jenis Gaya Bahasa Novel:\
  • Personifikasi
    Personifikasi merupakan sebuah gaya bahasa yang mendeskripsikan bermacam-macam benda mati dengan cara memberikan sifat-sifat seperti manusia.
  • Simile (perumpamaan)
    Simile atau Perumpamaan adalah sebuah gaya bahasa yang mendeskripsikan cerita dengan cara pengibaratan (mengibaratakan) sesuatu.
  • Hiperbola
    Hiperbola adalah sebuah gaya bahasa yang mendeskripsikan sesuatu dengan cara yang berlebihan sebagai maksud untuk memberikan efek atau kesan yang berlebihan.
5. Latar/Setting
Latar atau setting bertujuan untuk menggambarkan tempat, waktu, sosial budaya, dan juga keadaan lingkungan tentanng terjadinya peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita dituliskan.

6. Sudut pandang
Sudut pandang merupakan penempatan diri si pengarang dan juga bagaiamana cara pengarang untuk dapat melihat berbagai macam kejadian-kejadian dalam cerita yang dipaparkannya.

7. Amanat
Amanat adalah sebuah pesan yang disampaikan, yang terdapat dalam cerita dalam novel tersebut.

B. Unsur Ekstrinsik Novel
Unsur eksrinsik adalah suatu unsur yang digunakan untuk membangun karya sastra, yang mana berasal dari luar yaitu, kapankah karya sastra itu dibuat? apa latar belakang kehidupan si pengarang? latar belakang sosial pengarang tersebut? dan apa latar belakang penciptaan? biografi pengarang? atau sejarah dan lain-lain.

Itulah hal-hal mendasar yang perlu untuk anda ketahui dalam membuat novel bagi pemula, dan setelah anda paham dengan penjelasan diatas, selanjutnya saya akan memberikan tips menjadi penulis novel profesional kepada anda tentunya ini adalah tips yang paling umum dipakai para penulis novel baik itu yang masih pemula maupun yang sudah profesional.

Tips Menjadi Penulis Novel Profesional


Berikut ini saya akan jelaskan Empat Tips umum tentang cara membuat novel yang baik dan menarik untuk dibaca dan akan menjadikan sebagai penulis novel profesional. Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak tips membuat novel berikut ini:

  1. Pertama, cobalah untuk menuliskan apa yang anda ketahui baik itu pengalaman pribadi anda, ataupun pengalamaan teman-teman yang ada disekitar anda, sebab itu adalah cara menulis novel yang paling baik. Akan tetapi anda juga dapat menuliskan tentang cerita di luar dari pengalaman anda ataupun teman anda, misalnya anda dapat menuliskan sebuah cerita karangan yang berbentuk fiksi.

    Anda juga dapat membuat novel dengan latar belakang di luar negeri, contoh: Negara Cina, terlebih dahulu anda harus membaca hal-hal yang berkaitan tentang negara tersebut. Baik dari makanan khasnya, bagaimana sejarah bangsanya, dan juga bagaimana gaya hidupnya serta tata krama yang lazim digunakan. (Wajib melakukan riset-riset kecil tentang Cina)
  2. Kedua, Buatlah masing-masing karakter pada cerita sampai terlihat senyata mungkin. Hal ini bertujuan untuk menerangkan kepada pembaca, karena biasanya pembaca tidak ingin membaca profil biografi lengkap dari setiap karakter. (tulislah secukupnya saja sesuai dengan keperluan cerita)
  3. Ketiga, Jangan pernah hanya menyebutkan tapi buat juga adegannya. Misalkan sebuah cerita yang anda buat adalah tentang rumah tangga yang bermasalah. Dimana sang Ibu mengetahui bahwa sang bapak telah melakukan perselingkuhan dengan wanita lain. Maka buatlah adegan bahwa telah terjadi pertengkaran hebat antara suami istri.

    Hal ini penting dilakukan karena Pembaca biasanya ingin melihat dan mendengar pertengkaran itu. Tampilkan apa yang sang istri katakan dan apa jawaban suaminya. Dan juga tampilkan bagaimana bahasa tubuh mereka. Dan jangan lupa juga untuk menampilkan reaksi anak-anak mereka yang tengah menyaksikan pertengkaran tersebut. Jika terjadi pengerusakan barang anda juga dapat menampilkan bercak noda di dinding bagaimana sang istri melempar gelas berisi kopi. Dan bagaimana adegan-adegan lainnya.

    Yakinlah, ketika Anda membuat adegannya senyata mungkin, maka saya pastikan bahwa pembaca Anda akan seolah-olah sedang menonton sinetron atau film. Dan itu sangat baik sebab pembaca akan menyenangi novel Anda.
  4. Keempat, Tulislah ringkasan novel Anda dalam satu paragraf. Jika Anda merasa ada yang janggal dalam menulis ringkasan, itu artinya ide-ide Anda belum cukup terfokus. Dan Anda harus menambahkan kekurangan itu.
Demikianlah tips/panduan umum tentang cara membuat novel yang baik, menarik dan juga bagus serta tips menjadi penulis profesional khususnya bagi anda yang masih pemula dan sedang belajar bagaimana caranya untuk membuat novel. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk menjadi penulis novel yang profesional.

Jika anda punya pertanyaan, mari kita diskusikan bersama dengan meninggalkan komentar dikolom yang tersedia dibawah ini. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
9 Desember 2016 14.51 ×

Salam Kreativitas.

Terimakasih buat artikel yang sangat menginspirasi ini.
Pastinya ini akan sangat membantu bagi teman-teman yang hobi menulis.

Layaknya menulis diary yang kita adalah tokoh utama,
kita juga dapat menulis dengan orang lain yang menjadi pemerannya. Itu yang dinamakan karya fiksi (novel, cerpen, atau sejenisnya).

Bagi yang hobi menulis, tulislah apa yang ingin teman-teman tulis. Jangan takut salah. Jangan takut tidak sesuai dengan EYD. Banyak penerbit yang menampung hasil karya kita. Banyak teman-teman dan keluarga menantikan tulisan kita. Beberapa kegagalan akan semakin mengasah dan membentuk kita semakin baik lagi.

Mari menghasilkan tulisan terbaik yang dapat kita ciptaan.

Semangat berkarya, Teman-teman.

Congrats bro Soni Simatupang you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar