Cara Membuat Parfum atau Minyak Wangi Dan Tips Agar Wanginya Tahan Lama

Pastinya kita sudah mengetahui bukan bahwa parfum atau minyak wangi tidak hanya digunakan oleh para wanita saja, akan tetapi para pria  pun juga menggunakan parfum untuk menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri bagi mereka. Parfum juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan.

Namun, sebelum kita masuk ketopik utama tentang bagaimana cara membuat parfum, terlebih dahulu saya akan menjelaskan kepada anda apa itu parfum dan dimanakah sejarahnya awal terciptanya sebuah parfum.

Ilustrasi Gambar Cara Memakai Parfum

Apa itu Parfum?

Parfum atau minyak wangi adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma, fiksatif, dan pelarut yang biasanya digunakan untuk memberikan aroma bau wangi untuk tubuh manusia, objek, serta ruangan. Parfum memiliki jumlah dan tipe pelarut yang tercampur dengan parfum menentukan apakah suatu parfum bisa dianggap sebagai ekstrak parfum,


Parfum memang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu kata "parfum" sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu per fume yang artinya "melalui asap". Dan salah satu dari kegunaan parfum tertua adalah berupa bentuk pembakaran dupa dan juga herbal aromatik yang dipakai dalam suatu pelayanan keagamaan, bau dari parfum tersebut yang biasanya adalah aromatik gums, kemenyan dan juga mur yang  dikumpulkan dari pohon.

Dan negara Mesir adalah negara yang pertama kali memasukkan parfum ke budaya mereka yang diikuti oleh Cina kuno, Israel, Carthaginians, Arab, Hindu, Romawi dan Yunani. Dan perlu anda ketahui bahwa ternyata Mesir juga negara yang menggunakan botol parfum sekitar 1000 SM. Dimana Mesir menemukan botol dan gelas untuk parfum juga merupakan sebagai dasar dimana penggunaan umum untuk pertama kalinya didunia yang menggunakan kaca.

Nah, itulah sekilas pengenalan serta penjelasan Apa itu Parfum? Anda sekarang sudah mengetahuinya bukan, bagaimana sejarah terciptanya parfum serta fungsi dari parfum tersebut. Dan selanjutnya saya akan memberikan tutorial cara membuat parfum atau minyak wangi dan juga tips agar wangi dari parfum tersebut dapat bertahan lama.

Parfum atau minyak wangi seiring berjalannya waktu, kini telah mengalami perkembangan. Sebab saat ini aroma parfum sudah begitu bervariasi mulai dari aroma bunga, aroma buah, fresh, cool, magic, splash cologne, aqua, dan lain sebagainya. Bahkan parfum juga telah menjadi tren yang memiliki tema dari parfum tersebut yang mana penggunaanya hanya dipakai pada saat-saat acara tertentu saja. Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabaran dan segera ingin mencoba membuat parfum sendiri, langsung saja simak langkah-langkah membuat parfum dengan mudah dan sederhana dibawah ini.

Cara Membuat Parfum/Minyak Wangi Dan Tips Agar Wanginya Tahan Lama

Bahan Dan Takaran Untuk Membuat Parfum :
  • Alkohol 200 cc
  • Hekslin 10 cc
  • Bibit Minyak Wangi 10 cc
Langkah-Langkah Membuat Minyak Wangi (Parfum) :
  1. Campurkanlah Alkohol, Hekslin, dan Bibit Minyak Wangi (sesuai dengan selera) menjadi satu kedalam sebuah wadah seperti botol kaca, botol kaleng, dan sejenisnya.
  2. Kemudian, kocok-kocok botol tersebut hingga seluruh campuran tercampur secara merata, lalu masukkan ke dalam botol semprot yang sesuai dengan selera anda.
  3. Namun perlu anda ketahui botol semprot yang digunakan tersebut sebelumnya telah diberi gas angin/balon, lalu anda dapat memasukan campuran parfum tadi kedalam botol.
  4. Setelah anda masukkan, kocok kembali parfum atau minyak wangi untuk kembali memastikan agar campuran tercampur merata, 
  5. Terakhir, parfum pun sudah selesai dibuat dan siap untuk digunakan.
Itulah cara membuat parfum atau minyak wangi sendiri, mudah banget bukan langkah-langkah membuatnya? Selain untuk dipakai sehari-sehari, parfum ini juga dapat anda jual hitung-hitung sebagai lahan bisnis baru anda. Perlu anda pahami jika anda ingin membuat parfum dalam jumlah yang besar sesuaikanlah takaran yang lebih banyak. Anda dapat menggunakan perbandingan bahan-bahan diatas.

Cara Membuat Parfum Sendiri Dari Bahan Alami

Parfum atau minyak wangi juga dapat dibuat dengan memakai bahan alami seperti, buah dari kulit jeruk, bunga, dan ada juga parfum yang dibuat secara sederhana tanpa menggunakan alkohol (non alkohol). Dan tentunya cara pembuatan parfum non alkohol tersebut juga dibuat dengan mudah dan sederhana.

Selanjutnya saya akan memberikan tips kepada anda agar aroma dari bau parfum dapat bertahan lama, sehingga akan menambah percaya diri anda jika akan bepergian keluar bersama pacar, sahabat, mapun teman-teman anda.

Tips Agar Bau Parfum Tahan Lama

Nah, sekarang saya akan berbagi tips kepada anda agar aroma parfum dapat bertahan lama, namun sebelumnya anda harus tahu bahwa sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai cara menggunakan parfum yang baik dan benar, akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mau mengikuti tips agar wangi parfum bisa bertahan lama ditubuh.

Berikut Tips Agar Parfum Awet Dan Wangi Lebih Lama :
  1. Pertama, ketika Anda ingin menyemprotkan parfum ke tubuha anda, perhatikanlah dimana titik penyemprotan yang akan anda lakukan. Menurut para pakar ahli parfum, agar wangi dari parfum dapat bertahan lama, semprotkanlah parfum pada titik nadi seperti pada pergelangan tangan dan juga leher atau anda juga dapat menyemprotkan parfum di bagian belakang telinga dan dibelahan dada.
  2. Janganlah anda gosok-gosokan pergelangan tangan Anda setelah parfum disemprotkan, sebab hal ini hanya akan membuat wangi parfum cepat menghilang.
  3. Mandilah terlebih dahulu sebelum menggunakan parfum
  4. Anda dapat gunakan body lotion untuk menguatkan wangi dari parfum
  5. Pastikan botol parfum Anda tertutup rapat.
  6. Perhatikan tempat penyimpanan parfum
  7. Gunakanlah parfum ketika kulit masih lembab atau sesudah mandi.
Itulah sedikit tips bagaimana cara memakai parfum yang benar agar wanginya awet dan tahan lama. Mungkin tidak banyak yang peduli tentang bagaimanakah sebenarnya cara penggunaan parfum yang baik dan benar. Namun setelah anda membaca tips atas tentunya anda sudah paham bukan cara yang benar untuk menggunakan parfum.

Demikianlah artikel tentang cara membuat parfum/minyak wangi dan tips agar wanginya tahan lama yang dapat saya bagikan kepada anda kali ini dan semoga saja dengan adanya tulisan saya ini dapat berguna serta bermanfaat bagi anda pembaca setia CiptaanTangan.com yang selalu mengikuti artikel-artikel terbaru. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »