Cara Membuat Es Puter (ES Krim Putar) Lezat Dan Nikmat

Cuaca di bawah terik matahari yang terkadang menjadikan suhu udara sangat panas dapat menyebabkan tenggorokan kita merasakan dahaga yang luar biasa, bahkan cenderung membuat kita malas untuk beraktifitas di luar ruangan.

Adakalanya kita ingin menikmati sensasi dingin untuk membuat tenggorokan terasa sejuk bukan? Biasanya kita pasti akan mengambil air dingin untuk diminum sebagai pelepas dahaga. Namun bagi anda yang ingin menikmati sensasi yang berbeda mungkin menikmati secangkir es krim tidak ada salahnya untuk dicoba.

Menikmati Es Puter (Es Krim Putar)

Apa itu Es Krim?

Es krim adalah sebuah makanan beku yang terbuat dari campuran berbagai macam produk susu seperti krim dan sejenisnya, biasanya dicampurkan juga dengan perasa dan pemanis. Campuran Es krim tersebut kemudian didinginkan menggunakan es kristal atau es batu dengan cara mengaduknya memakai alat penghancur es untuk mencegah pembentukan es menjadi kristal besar.

Es krim tradisional di Indonesia biasanya disebut dengan es krim putar (es puter) atau es dung dung, yaitu merupakan salah satu jenis hidangan pencuci mulut berbahan dasar santan sebagai pengganti susu yang berbentuk es krim. Es puter sendiri biasanya bertekstur lebih kasar dan dibekukan dengan cara tradisional menggunakan sebuah alat berbentuk tabung. Dimana untuk membuat es krim tradisional yaitu menggunakan campuran yang telah menjadi bahan dasar es krim ditempatkan diantara es batu yang sudah dipecah-pecah lalu diberikan campuran garam.


Jika anda berencana untuk membuat es krim yang sangat nikmat dengan cara sederhana dan juga mudah anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Karena es krim ini memakai bahan dasar susu yang bergizi tinggi haruslah diolah secara higienis dan modern supaya teksturnya menjadi lembut.

Rata-rata orang didunia pasti tahu dan bahkan sangat menyukai yang namanya es krim, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak tentu saja pernah memakan es krim atau es puter. Makan dingin ini paling enak untuk dinikmati pada saat kondisi terik panas matahari.

Perlu untuk anda ketahui terlebih dahulu sebelum saya memberikan tips dan cara membuat es puter atau eskrim yang sangat nikmat ini mari kita bahas manfaat yang terkandung didalamnya. Mungkin anda pernah mendengar sebuah mitos yang mengatakan jika mengkonsumsi es krim dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

Sebenarnya es krim tidaklah membuat anda menjadi gemuk, sebab kandungan yang terdapat pada es krim hanyalah berupa energi bisa dikatakan sangat kecil yang hanya sekitar 10% dari total kebutuhan energi (per satu cangkir takaran saji). Jumlah itu bahkan tergolong kecil, maka kurang tepat jika es krim disebut sebagai penyebab kegemukan. Bahkan ternyata Es krim justru memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh seperti, merangsang sistem kekebalan tubuh, menurunkan resiko terkena kanker payudara dan juga dapat menjaga kesehatan jantung anda.

Bahkan ada juga mitos yang beredar jika mengkonsumsi es krim dapat menyebabkan batuk pilek. Dan pastinya itu sudah sangat sering kita dengan bukan, namun kenyataanya es krim tidak menyebabkan batuk pilek, sebab ketika masuk ke dalam mulut, krim akan dengan segera meleleh. Dimana proses pelelehan es krim yang cepat tersebut disebabkan oleh pengaruh suhu tubuh, Maka pada saat es krim mulai masuk ke dalam kerongkongan suhunya tedak lagi sedingin es batu ataupun air es.

Nah, itulah sedikit penjelasan yang sangat penting untuk anda ketahui agar anda jangan ragu untuk mengkonsumsi Es Krim atau Es Puter yang sangat nikmat ini. Dan tanpa basa-basi lagi selanjutnya kita langsung saja ke topik utama yaitu, cara membuat es krim yang lezat dengan cara yang mudah dan sederhana.

Berikut Cara Membuat Es Puter (ES Krim Putar) Lezat Dan Nikmat

Bahan Pembuatan Es Puter :
  • Santan 200 cc
  • Tepung maizena ½ sendok makan
  • Tape 1 sendok makan
  • Gula pasir 75 gram
  • Kuning telur 1 butir
  • Es batu secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Es Puter atau Es Krim Sederhana :
  1. Buatlah sebuah wadah untuk mencampurkan kuning telur, tepung maizena, dan tape, kemudian aduk-aduk terus sampai campuran tersebut tercampur secara merata.
  2. Kemudian, rebuslah santan dan gula pasir sampai mendidih, lalu masukkan campuran bahan-bahan yang tadi sudah dibuat ke dalam rebusan santan dan gula pasir sedikit demi sedikit.
  3. Nah, setelah itu semua campuran tadi kemudian di masukkan ke dalam sebuah kaleng atau termos dan masukkan es batu ke dalam celah-celah termos dan juga masukan garam sedikit demi sedikit.
  4. Termos yang berisi adonan selanjutnya diputar-putar hingga menggesek es batu dan garam, dan jika sebagian es dan garam telah mencair maka kemudian masukkan kembali es dan garam, lalu putarlah terus-menerus sampai adonan menjadi beku.
  5. Agar proses pembekuan menjadi lebih mudah, anda juga bisa menggunakan kulkas/freezer.
Demikianlah cara membuat es puter atau es krim yang nikmat serta menyehatkan yang patut untuk anda coba di rumah. Dan proses pembuatannya pun tidaklah rumit, sebab bahan-bahan dibutuhkan juga terbilang cukup mudah untuk didapatkan. Biasanya es krim putar sering dijual oleh pegadang kaki lima. Namun dengan tutorial kali ini es krim putar kini sudah dapat anda buat sendiri dirumah.

Di zaman sekarang ini memang sudah sangat jarang sekali kita jumpai es krim putar ini, hal itu dikarenakan keberadaannya perlahan-lahan mulai tergeser dengan berbagai macam es krim modern dengan banyak merk seperti walls dan cornetto. Dimana Es krim modern mempunyai rasa yang lebih banyak bahkan gampang dan mudah sekali untuk kita beli di toko-toko maupun swalayan.

Akhir kata saya ucapkan semoga tips dan cara membuat es puter sederhana (es krim putar) ini bermanfaat dan berguna bagi anda. Jika anda ingin bertanya anda dapat meninggalkan komentar anda di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...