Cara Membuat Politur/Plitur Kayu Furniture Meubel Sederhana

Rumah merupakan kebutuhan dasar dan memiliki fungsi sebagai tempat yang tinggal bagi setiap orang, dan biasanya di lengkapi dengan perabotan rumah seperti Furniture Meubel.

Namun tahukah anda bagaimana Furniture Meubel yang terbuat dari kayu dapat terlihat mengkilap dan juga menarik, sehingga dapat memperindah tampilan pada rumah anda? Furniture Meubel biasanya di lapisi dengan dengan menggunakan cairan yang bernama Politur atau Plitur.
Politur Kayu Furniture Meubel

Apa itu Politur atu Plitur?

Politur atau Plitur adalah pewarna kayu yang bersifat transparan, dan yang berguna untuk melapisi serat kayu, sehingga kayu akan tampak lebih indah. Dengan melapisi politur sebanyak 2 kali lapis, dan campuran air sebanyak 10%. Politur biasanya lebih sering digunakan untuk Funiture Meubel, Contoh produk yang sering dipakai yaitu, Propan Aqua Politur, Belazo Wood Stain, Mowilex Wood Stain, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah proses finishing touch atau proses pengecatan terakhir setelah seluruh permukaan kayu dihaluskan biasanya menggunakan Politur atau Plitur agar warna pada kayu menjadi tahan lama. Memolitur sebuah kayu bukanlah untuk memberikan warna, akan tetapi untuk memperhalus permukaan kayu agar terlihat lebih terlihat mengkilap.

Sebuah furniture meubel yang terbuat dari kayu, misalnya pintu, jendela, lemari, meja, kursi, ataupun ranjang tempat tidur (dipan) akan terlihat lebih indah bila diberi lapisan politur/plitur kayu. Jadi politur sangat berguna sekali dalam pembuatan sebuah perabotan rumah tangga.

Politur kayu biasanya berwarna coklat seperti kayu, anda bisa mendapatkan politur/plitur kayu dengan mudah di toko yang banyak dijual bebas di pasaran, anda bisa membelinya di toko bahan bangunan ataupun toko kayu. Harga yang di tawarkan pun cukup bervariasi tergantung dari kualitas plitur itu sendiri.

Itulah sekilas pengenalan tentang Politur yang perlu untuk anda ketahui. Namun pernahkah anda berpikir untuk mengetahui cara membuat Politur atau Plitur?. Nah, kali ini saya akan berbagi langkah-langkah untuk membuat plitur kepada anda.
Saya akan memberitahu anda cara yang paling mudah untuk membuat politur atau plitur kayu sendiri, dan yang anda butuhkan hanyalah keseriusan serta ketelitian dalam proses pembuatannya.

Berikut Cara Membuat Politur Kayu Furniture Meubel Sederhana

Bahan-Bahan Membuat Politur atau Plitur :

  • Spiritus sebanyak 1 liter
  • Sirlak sebanyak 1 ons
  • Oker (warna politur) sebanyak  ½ gram
Langkah-Langkah Membuat Politur Dengan Mudah :
  1. Pertama sekali, rendamlah Sirlak ke dalam spiritus selama 12 jam supaya benar-benar hancur.
  2. Setelah anda selesai merendamnya selama 12 jam. Selanjutnya, masukanlah oker ke dalam larutan tersebut dan aduklah sampai merata.
  3. Politur sudah siap untuk anda gunakan, namun bila anda tidak ingin langsung menggunakannya, simpanlah larutan plitur tersebut ke dalam sebuah botol dan tutup dengan rapat.
Baca Juga : Cara Mengawetkan Kayu Agar Tahan Lama
Demikianlah cara membuat politur kayu furniture meubel sederhana dan paling mudah. Sebaiknya anda masukan ke dalam kaleng untuk penyimpanannya, karena jika anda membiarkannya terlalu lama, maka akan berkarat dan menyebabkan politur menjadi hitam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...