Cara Mengawetkan Kayu Agar Tahan Lama

Kayu merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk bahan bangunan serta juga menjadi bahan dasar pembuatan furniture seperti meja, kursi, pintu, almari dan lain sebagainya. Agar kayu awet serta tetap kokoh, maka diperlukan sebuah proses pengawetan kayu. dan ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengawetkan kayu dengan beberapa metode yang biasanya dilakukan ialah dengan metode tradisional yaitu dengan cara direndam ke dalam air ataupun dengan memakai metode modern dengan menggunakan alat dan bahan-bahan kimia.
Kayu

Apa itu Kayu?

Kayu adalah sebuah bagian batang, cabang ataupun ranting tumbuhan yang sudah mengeras dikarenakan mengalami lignifikasi (pengayuan). Kayu biasanya digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari memasak, membuat perabotan seperti meja, kursi, seta untuk bahan pembuatan bangunan seperti pintu, jendela, rangka atap, bahan kertas, dan yang lainnya.

Jika anda ingin mendapatkan kayu dengan kualitas bagus dan juga kokoh, anda terlebih dahulu perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengawetkan kayu tersebut. Dimana sangat dibutuhkan sekali perhitungan yang teliti dan juga tepat, agar anda tidak mengalami pengeluaran ganda apabila kayu sudah dijadikan hendak dipergunakan sebagai bagian dari bangunan. Struktur dari kayu yang kuat tidak lantas menjamin kekuatan kayu tersebut dalam jangka waktu panjang.

Nah, kali ini saya akan berbagi beberapa tips yang patut untuk anda coba dan lakukan bagaimana caranya agar kayu dapat awet dan tahan lama. Ada beberapa macam cara mengawetkan kayu, simaklah penjelasan dibawah ini.

3 Cara Mengawetkan Kayu Agar Tahan Lama:

1. Mengawetkan Kayu Dengan Cara Di Cat & Ter

Mengawetkan kayu dengan cara yang satu ini terbilang cukup mudah yaitu dengan memberikan lapisan cat atau meleburkan ter, atau anda juga bisa menggunakan plitur. Ini merupakan cara paling mudah untuk dilakukan jika anda hendak mengawetkan kayu. Metode ini juga sangat bermanfaat agar kayu terhindar dari serangan-serangan penyakit kayu. Namun ini hanya dianjurkan dipakai sementara.

2. Mengawetkan Kayu Dengan Di Rendam

Mengawetkan kayu dengan cara yang kedua ialah dengan merendam kayu tersebut pada air dan larutan Natrium Flouride. Anda juga bisa menggunakan air saja dalam waktu beberapa minggu. Dengan menggunakan cara ini dijamin kayu akan lebih awet daripada kayu-kayu yang tidak direndam.

Anda juga dapat menggunakan larutan Natrium Flouride untuk beberapa kali dengan biaya yang lebih hemat. Dan perlu diperhatikan agar semua bagian/permukaan kayu harus terendam secara keseluruhan. Namun cara ini juga memiliki kelemahan, yakni anda harus merendam kayu ini dalam waktu yang cukup lama, serta tidak dianjurkan untuk menggunakan kayu tersebut secara langsung setelah proses perendaman, terlebih dahulu anda harus mengeringkan kayu tersebut dalam 2-3 hari.

3. Mengawetkan Kayu Dengan Cara Vakum

Mengawetkan kayu dengan vakum kebanyakan dilakukan oleh perusahaan-perusahaan/pabrik kayu. Dan Kelebihan dari cara pengawetan ini ialah penetrasi dan retensi bahan pengawet yang sangat tinggi, serta dalam proses pengerjaannya juga terbilang cepat dan juga dapat digunakan untuk mengawetkan kayu yang masih basah maupun kayu kering. Sedangkan kekurangannya adalah biaya di perlukan cukup mahal dan dibutuhkan ketelitian yang tinggi agar kayu dapat awet dan tahan lama.

Baca Juga : (Cara Membuat Politur/Plitur Kayu Furniture Meubel Sederhana)

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan kepada anda, tentang cara mengawetkan kayu agar tahan lama. Anda dapat memilih salah satu dari ketiga metode tersebut, pilihlah satu metode yang paling memungkinkan untuk anda lakukan serta juga pertimbangkan dari sisi biayanya, dan juga kemampuan dan ketelitian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat Mencoba :D
Previous
Next Post »