Cara Membuat Semir Sepatu Hitam Paling Mudah Dan Sederhana

Sepatu kulit memang sangat identik dengan warna coklat dan hitam yang mengkilap, namun tahukah anda bahwa warna yang mengkilap tersebut biasanya di poles dengan menggunakan bahan yang bernama Semir Sepatu.
Semir Sepatu Hitam

Apa itu Semir Sepatu?

Semir sepatu adalah produk atau bahan yang digunakan untuk menggosok, membuat tahan air, dan membuat penampilan sepatu menjadi lebih baik, sehingga dapat memperpanjang daya tahan warna dari sepatu tersebut. Semir sepatu biasanya terbuat dari pasta maupun krim.

Dengan menggunakan semir sepat dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri anda yang sedang menggunakan sepatu, pada saat akan berpergian atau berangkat kerja, sebab semir sepatu akan membuat sepatu anda yang warnanya sudah mulai kusam menjadi semakin berkilau.

Baca Juga : Cara Membuat Kapur Tulis Sederhana Dan Praktis

Nah kali ini, yang akan saya bahas adalah cara membuat semir sepatu warna hitam berbentuk padat yang dapat anda oleskan pada sepatu anda yang warnanya sudah mulai memudar, dan bila anda ingin menyemir sepatu anda gunakanlah sikat khusus untuk warna hitam untuk menyemir sepatu anda, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua sepatu dapat di semir. Hanya sepatu-sepatu yang terbuat dari bahan kulit sajalah yang dapat anda semir.

Biasanya jika anda pergi ke tukang semir sepatu untuk menyemirkan sepatu anda, atau anda harus membeli semir sepatu ke toko/supermarket. Nah sekarang anda dapat membuat semir sepatu tersebut dan melakukannya sendiri di rumah dengan, proses pembuatannya pun cukup mudah.

Berikut Cara Membuat Semir Sepatu Hitam Paling Mudah Dan Sederhana

Alat Dan Bahan Pembuatan Semir Sepat

Alat Membuat Semir Sepatu :
  • Baskom/Panci atau wadah untuk proses pencampuran semua bahan-bahan
  • Ketel/Teko rebus dengan tutup rapat dan tidak berlubang.
  • Timbangan dengan berat maksimal 1.000 gr/ 1 kg
  • Kompor
  • Sendok kaca sebagai alat untuk mengambil bahan-bahan yang anti logam.
  • Gelas ukur 250 cc
  • Toples atau kaleng sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan yang berbentuk tepung atau kristal
  • Kaleng-kaleng kemasan yang berbentuk pipih.

Bahan-Bahan Membuat Semir Sepatu :
  • Malam Kuning (Cera Flava) sebanyak 1.000 gr
  • Kristal luglandis (Pigmen hitam) sebanyak 50 gr
  • Linceed (minyak penghancur kristal) sebanyak 50 gr
  • Minyak Terpentin sebanyak 1.000 cc
Cara Pembuatan Semir Sepatu :
  1. Pertama sekali, masukanlah Malam Kuning (Cera Flava) sebanyak 1.000 gr ke dalam ketel/teko rebus, lalu letakkan ketel di atas kompor yang sedang menyala.
  2. Selanjutnya, diamkanlah sampai malam kuning meleleh/mencair. Setelah malam kuning sudah mencair kecilkanlah api kompor.
  3. Kemudian, siapkanlah sebuah baskom dan masukkan Kristal luglandis (Pigmen hitam) sebanyak 50gr dan Linceed (minyak penghancur kristal) sebanyak 50 gr, lalu aduklah kedua bahan tersebut sampai menyatu dan tampak seperti lumpur hitam.
  4. Setelah kedua bahan tersebut tercampur, masukanlah Minyak Terpentin sebanyak 1.000 cc, kemudian aduk hingga menyatu dengan campuran yang tadi sudah dibuat, sampai campuran menjadi benar-benar hitam.
  5. Selanjutnya, setelah ketiga bahan tersebut tercampur merata, tuangkan dalam ketel rebus yang telah berisi malam kuning yang sudah cair, lalu aduk seluruh campuran bahan yang ada di dalam ketel berwarna hitam, jika campuran telah berbuah berwarna hitam matikan kompornya.
  6. Terakhir, siapkan kaleng-kaleng kemasan, lalu tuangkan cairan yang masih panas dari dalam ketel ke dalam kemasan tersebut, kemudian diamkan hingga cairan tersebut membeku dan mengeras dengan sendirinya.
Demikianlah tips kali ini yang dapat saya bagikan bagaimana untuk anda tentang cara membuat semir sepatu hitam. Anda dapat mempraktekkannya sendiri di rumah, dan ini juga akan menghemat biaya pengeluaran anda. Semoga cara membuat semir sepatu hitam paling mudah dan sederhana ini dapat bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
widwid
admin
30 Januari 2023 pukul 16.10 ×

kak bisa membuat tinta stempel flash

Congrats bro widwid you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Loading...