Cara Membuat Kapur Tulis Sederhana Dan Praktis

Kapur Tulis

Di sekolah pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, dimana sebagai sebuah alat yang biasanya digunakan untuk menulis di papan tulis. Sebut saja namanya kapur tulis, yang berguna untuk menuliskan dan memberikan materi pelajaran kepada siswa disekolah.

Apa itu Kapur Tulis?

Kapur Tulis adalah suatu alat untuk menulis yang penting sebagai penunjang proses pembelajaran di sekolah dengan menuliskannya di sebuah papan tulis yang biasanya menggunakan papan tulis berwarna hitam atau biasa disebut blackboard. Kapur tulis terbuat dari bahan gypsum pilihan yang pastinya tidak mengganggu kesehatan.

Baca Juga : Cara Membuat Pasta Gigi Dengan Sangat Mudah dan Sederhana

Meskipun di zaman sekarang ini kebanyakan sekolah sudah mengganti papan tulisnya dengan papan berwarna putih atau biasa disebut dengan whiteboard, dan menggunakan spidol sebagai alat untuk menulisnya, dan jika tinta spidol habis bisa pula di isi dengan tinta yang baru, akan tetapi meskipun whiteboard sudah mulai banyak digunakan, namun tidak merta menurunkan eksistensi dari blackboard yang menggunakan kapur tulis, hal ini dikarenakan penggunaannya yang mudah dan juga sangat sederhana.

Itulah sekilas penjelasan tentang kapur tulis dan papan tulis, Namun pernahkah anda berpikir untuk membuat kapur tulis sendiri?

Cara Membuat Kapur Tulis Sederhana Dan Praktis

Jika anda ingin mencoba untuk membuat kapur tulis sendiri di rumah, kali ini saya akan berbagi informasinya kepada anda, dan bisa saja ini anda jadikan sebagai peluang usaha yang baru yang patut untuk anda coba. bagi anda yang sudah tidak sabaran untuk membuatnya, di bawah ini saya akan berikan langkah-langkah membuat kapur tulis secara sederhana dan praktis.

Bahan dan Alat Membuat Kapur Tulis

Bahan Yang di Butuhkan :
  • Carbonas Natricus sebanyak 400 gr
  • Plaster of Paris sebanyak 600 gr
  • Air bersih sebanyak 1.000 cc
Alat Yang Perlu Anda Persiapkan :
  • Timbangan dengan kemampuan maksimal 1.000gr
  • Gelas ukur (maatglas) ukuran 1.000cc
  • Baskom/panci ukuran sedang
  • Pipa cetakan
Cara Membuat Kapur Tulis Sederhana Dan Praktis :
  1. Pertama siapkanlah Carbonas Natricus sebanyak 400 gr dan Plaster of Paris sebanyak 600 gr, lalu anda masukkan ke dalam sebuah wadah panci/baskom dan aduk dengan sendok pengaduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata.
  2. Setelah kedua bahan tersebut tercampur, tuangkan Air bersih sebanyak 1.000 cc, kemudian aduk kembali sampai campuran berubah menjadi seperti bubur tepung.
  3. Kemudian, sediakan pipa-pipa cetakan, lalu masukanlah adonan tersebut ke dalam pipa.
  4. Diamkanlah selama tiga sampai empat hari agar kapur menjadi kering dan juga padat.
  5. Setelah bahan kapur tulis sudah jadi , saatnya anda ambil kapur tulis dari dalam ceetakan dan dapat anda kemas di dalam kotak karton.
Demikianlah tips dan cara membuat kapur tulis sederhan dan praktis beserta bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan kapur tulis. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah untuk mengisi waktu luang anda atau mungkin bisa juga anda jadikan sebagai ide bisnis. Selain digunakan untuk menulis pada papan tulis, tentu saja anda dapat mengkreasikannya dengan membuat kapur tulis warna-warni yang sesuai dengan keinginan anda. Semoga tips ini berguna dan bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...