Cara Membuat Pasta Gigi Dengan Sangat Mudah dan Sederhana

Pasta Gigi

Di zaman sekarang ini tentu saja kita sudah mengenal yang namanya Pasta Gigi, dimana cairan berbentuk cream ini sangat berguna sekali untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi kita sehingga tidak gigi selalu sehat dan tidak mencegah karang pada gigi, dan juga memberikan kesegaran pada mulut.

Apa itu Pasta Gigi?

Pasta gigi adalah sejenis pasta berguna untuk membersihkan gigi, yang cara penggunaanya bersamaan dengan menggunakan sikat gigi. Di kalangan masyarakat Indonesia, pasta gigi sering juga disebut dengan Odol. Namun sebenarnya Odol adalah sebuah merk pasta gigi yang berasal dari negara Jerman yang yang dibawa oleh tentara Hindia Belanda pada zaman penjajahan. Meskipun saat ini merk Odol sudah tidak ada lagi, namun nama Odol akhirnya telah menjadi sebutan umum untuk pasta gigi di Indonesia.

Sekitar Tahun 3.500 Sebelum Masehi, bangsa Babilonia dan Mesir menggunakan stik kunyah (chewingstik) yang terbuat dari kayu tanaman salvadora perisca yang bertujuan sebagai penyikat gigi yang atau disebut juga dengan siwak. Tanaman salvadora perisca ini dipercaya juga sebagai obat serta memiliki kemampuan sebagai antiseptik pada pasta gigi.

Baca Juga : Cara Membuat Sampo (Shampoo) Cair Rambut Dengan Sangat Mudah

Untuk memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan gigi dan mulut, tentunya sangat berpengaruh pada pemilihan pasta gigi yang tepat, terutama jika gigi anda termasuk gigi yang sensistif, sehingga sangat dianjurkan bagi anda memilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Namun anda juga perlu berhati-hati dalam memilih pasta gigi, sebab tidak semua merk pasta gigi yang ada dipasaran mengandung enzim yang baik bagi kesehatan gigi dan mulut, bahkan ada beberapa merk pasta gigi yang mengandung bahan kimia tertentu yang sebaiknya di hindari.

Nah, itulah sekilas pengenalan tentang Pasta Gigi yang harus anda ketahui sehingga anda dapat memilih pasta gigi manakah yang tepat bagi gigi anda. Tapi tahukah anda ternyata anda juga dapat membuat pasta gigi sendiri di rumah, tentunya dengan cara yang sangat mudah dan sederhana. Anda dapat menyimak langkah-langkah pembuatannya seperti di bawah ini.
Berikut Cara Membuat Pasta Gigi/Odol Dengan Sangat Mudah dan Sederhana

Bahan Membuat Pasta Gigi :

  • Sodium/Natrium Lauryl Sulfat : 50 gram
  • Gula-Gleserin : 250 gram
  • Minyak Pepermint : 2 cc
  • Magnesium Carbonat : 100 gram
  • Minyak pisang ambon : 10 cc
Cara Membuat Pasta Gigi :
  1. Buatlah larutan pertama dengan melarutkan Sodium/Natrium Lauryl Sulfat beserta Gula/Gleserin pada sebuah wadah dan aduk hingga merata.
  2. Lalu buat larutan kedua , larutkan Magnesium Carbonat dan juga Minyak pepermint pada wadah lain.
  3. Larutan pertama kemudian dicampurkan dengan larutan kedua sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  4. Jika larutan tersebut sudah mengental dan halus, selanjutnya tambahkan minyak pisang ambon kedalam larutan sambil terus diaduk hingga benar-benar merata dan halus sampai bentuknya menjadi pasta. 
  5. Dan Proses membuat pasta gigi pun selesai, kini pasta gigi sudah siap untuk digunakan.
Dengan adanya pasta gigi, dapat membantu anda untuk menyikat gigi menjadi lebih bersih sehingga terhindar dari berbagai macam ganguan gigi dan mulut. Serta juga memberikan aroma mulut yang segar dan tentunya akan membuat anda merasa nyaman saat beraktifitas, karena gigi dan mulut juga merupakan bagian tubuh yang harus kita jaga dengan baik kesehatan dan juga kebersihannya.

Demikianlah cara membuat pasta gigi dengan sangat mudah dan sederhana. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba :D
Previous
Next Post »