Cara Membuat Sampo (Shampoo) Cair Rambut Dengan Sangat Mudah

Ilustrasi Gambar

Sejak zaman dahulu telah banyak yang membuat sampo sendiri memakai bahan-bahan alami yang dengan mudah didapat dari lingkungan sekitar. Semisal bila anda ingin agar rambut hitam berkilau, maka anda dapat membuat samponya dari merang yang dibakar hingga menjadi abu, lalu dicampur dengan air, selain itu anda juga dapat mencampurkan lidah buaya, kemiri, dan juga santan.

Apa itu Sampo (Shampoo)?

Sampo atau Shampoo adalah sediaan kosmetika sejenis cairan seperti sabun yang bermanfaat untuk meningkatkan tegangan dipermukaan kulit kepala. Sampo juga dapat membuat rambut menjadi bersih, dan sedapat mungkin menjadi lembut, mudah diatur dan berkilau dengan cara dikeramas.

Kata sampo berasal dari bahasa Hindi "Champo", bentuk imperatif dari Champna, "Memijat". Di Indonesia dulu sampo dibuat dari merang yang dibakar menjadi abu dan dicampur dengan air.

Sampo merupakan produk perawatan rambut yang digunakan untuk menghilangkan minyak, debu, serpihan kulit, dan kotoran lain dari rambut.

Baca Juga : Cara Membuat Deterjen Bubuk Dengan Mudah

Pada saat ini sampo sudah banyak tersedia dengan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Ada sampo agar rambut berkilau, sampo anti ketombe, sampo untuk rambut rontok, sampo untuk melebatkan rambut , sampo untuk rambut kering. Anda harus teliti dalam memilih produk sampo yang terbaik dan juga aman agar rambut dan kulit anda terhindar dari kerusakan serta tetap sehat.

Shampoo adalah suatu zat yang terdiri dari surfaktan, pembentuk busa, pengental, pelembut, dan lain sebagainya, yang berguna untuk membersihkan kotoran yang melekat pada rambut seperti sebum, keringat, sehingga rambut akan kelihatan lebih bersih, indah dan mudah ditata.

Sekarang ini sampo sudah menjadi kebutuhan pokok mandi yang diperlukan oleh setiap orang untuk membersihkan rambut dan tentunya saja hal ini menjadi penting bagi kebersihan dan juga kesehatan rambut anda.

Itulah sekilas pengenalan tentang sampo atau shampoo yang perlu anda ketahui sehingga dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda, sehingga anda dapat mengerti apa sebenarnya manfaat dari sampo tersebut.

Nah, Kali ini saya akan berbagi tips kepada anda tentang bagaimana cara membuat Sampo (Shampoo) cair rambut dengan sangat mudah. Dengan membuat sampo cair sendiri dari bahan-bahan yang sederhana dan juga alami tentunya akan aman bagi kesehatan rambut serta kulit kepala anda.

Menurut bentuknya sampo terbagi dalam 2 macam, yaitu sampo bubuk dan sampo cair. Sampo bubuk biasanya lebih sering digunakan untuk hewan peliharaan yang tidak suka bersentuhan langsung dengan air seperti anjing dan kucing. Sedangkan sampo cair lebih banyak digunakan oleh manusia karena lebih praktis dan mudah cara penggunaannya.

Berikut Cara Membuat Sampo (Shampoo) Cair Rambut Dengan Sangat Mudah

Bahan Membuat Sampo Cair :
  • Taxafon/Sulfafon 1 ons
  • Natrium Clorida 15 gram
  • Bibit Minyak Wangi 2 cc
  • Air masak 500 cc
  • Pewarna secukupnya
Cara Membuat Sampo Cair :
  1. Masukkan Taxafon/Sulfafon dan Natrium Clorida ke dalam panci sambil diaduk hingga larut dan tercampur secara merata.
  2. Lalu, masukkan Air masak sedikit demi sedikit ke dalam campuran Texafon/sulfafon dan Natrium Clorida yang tadi sudah dilarutkan sambil terus diaduk.
  3. Kemudian masukkan bibit minyak wangi dan pewarna secara bersamaan, aduk terus hingga benar-benar merata.
  4. Setelah semua bahan tercampur, maka sampo cair pun telah siap untuk digunakan.
Cara penggunaan sampo yaitu mencampurkannya dengan air yang berguna untuk melarutkan minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh sehingga dapat membersihkan kotoran yang melekat di kulit kepala. Proses membersihkan kulit kepala dan rambut.

Demikianlah tips tentang cara membuat sampo cair rambut dengan sangat mudah. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan warna dan pewangi yang sesuai dengan keinginan anda. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Akhir kata saya ucapkan selamat mencoba dan semoga sukses.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...