Cara Membuat Gasing Beyblade Dari Bearing Bekas Sepeda Motor

Mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, atau bahkan dulu waktu masih kecil sering memainkan benda ini bersama teman-teman kalian. Yah, mainan yang satu ini memang sangat seru untuk dimainkan ramai-ramai bersama teman-teman disaat kita sedang suntuk ataupun jenuh.

 Cara Membuat Gasing Dari Bearing Bekas Sepeda Motor
Biasanya mainan yang satu ini sering disebut dengan nama gasing, benda yang berputar kencang dan saling diadu dengan gasing yang lainnya yang dapat menimbulkan efek api yang keren.

Apa itu Gasing?

Gasing atau Gangsing adalah sejenis mainan yang bisa berputar-putar pada poros yang berkesetimbangan pada suatu titik yang ada ditengahnya. Gasing juga merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi.

Bahkan mainan gasing juga pernah dibuat dalam serial animasi kartun yang berjudul "Beyblade" yang sangat populer di Indonesia.

Baca Juga : Cara Membuat Hidung Agar Mancung Alami

Tapi pernah kah anda berfikir bahwa sebenarnya untuk membuat gasing dari bahan bekas ternyata sangatlah mudah dan jika anda ingin membuatnya sendiri banyak barang bekas yang dapat digunakan yaitu salah satunya dengan memanfaatkan bearing bekas atau kelahar berukuran bekas yang biasanya digunakan pada sepeda motor.

Namun tentunya tidak hanya bearing saja yang menjadi komponen utama, akan tetapi kita juga memerlukan beberapa bahan-bahan dan alat tambahan yang lainnya.

Cara Membuat Gasing Dari Bearing Bekas Sepeda Motor


Alat Dan Bahan Membuat Gasing Dari Bearing Bekas
Alat Dan Bahan Membuat Gasing Dari Bearing Bekas :

- Pentil Ban sepeda motor
- Kawat Besi
- Seutas Tali dengan panjang 30-40cm.
- 2 buah Mur ukuran kunci 12
- 2 buah Ring Baut berukuran sedang.
(Ring Baut ini berfungsi untuk menahan bearing sekaligus untuk menambah bobot gasing yang berguna untuk menambah momentum tubrukan saat di adu)

Cara Membuat Gasing Dari Bearing (Kelahar) Bekas :

  1. Pertama siapkan setelah semua bahan diatas dipersiapkan, pasang mur pertama pada pentil hingga mendekati bagian pangkal pentil.
  2. Setelah itu masukan ring, lalu masukan bearing. 
  3. Masukan lagi satu ring sehingga dua ring menjepit bearing (kelahar).
  4. Kemudian pasang mur dan kencangkan sampai bearing tidak bergerak sambil mengatur posisi pentil persis ditengah yang berfungsi sebagai poros.
  5. Selanjutnya, keluarkan bagian isi pentil (bagian dalam yang berfungsi untuk menahan udara keluar), lalu pasang secara terbalik (bagian ini berfungsi sebagai titik tumpu, jika dirasa perlu bisa tambahkan lem besi agar tidak goyang).
  6. Gasing sudah siap digunakan.



Cara Menggunakan/Memainkan Gasing Beyblade:
  1. Pertama-tama lilitkan tali pada bagian antara pangkal pentil dan mur, 
  2. Selanjutnya jika lilitan dirasa sudah cukup, lalu masukan bilah kawat besi di bagian lubang pangkal pentil sembari memegang gasing pada posisi titik tumpu dibawah/diletakan dilantai maupun di arena bermain.
  3. Tarik tali dan untuk sesaat tahan bilah kawat agar gasing tidak mental.
  4. Kemudian dengan cepat angkat bilah kawat jika lilitan tali sudah ditarik habis.
  5. Maka gasing pun akan segera berputar-putar.
  6. Selamat menikmati permainan gasing.
NB : 
- Agar laju putaran gasing stabil, buatlah serapi mungkin se-presisi mungkin antara bearing, ring dan pentil yang dipasang.
- Untuk arena sederhana bisa gunakan bekas kuali yang sudah tidak terpakai sebagai arena darurat. 

Nah, Bagiamana? Mudah sekali bukan cara membuat gasing dari bearing bekas sepeda motor ini, bahkan anda dapat menghemat pengeluaran jika harus membeli gasing yang baru, dan juga gasing ini mempunyai daya tahan yang cukup lama sebab terbuat dari besi.

Demikianlah artikel singkat kali ini mengenai cara membuat serta cara menggunakan dan memainkan gasing dari bearing bekas. Jika tarikan yang kalian lakukan cukup kuat, biasanya gasing yang saling beradu akan menimbulkan percikan bunga api yang keren.

Bermainlah dengan temanmu dan adu putaran gasing siapa yang mampu bertahan paling lama. Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel singkat ini. Selamat mencoba dan semoga sukses. :D

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
admin
31 Januari 2022 pukul 12.12 ×

How To Make Money From Roulette to - Work
How to 메리트 카지노 쿠폰 Make Money From Roulette to Learn หารายได้เสริม Poker Strategy For 제왕카지노 more information, read on. · Money from Roulette Strategy Guide. · Money from

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Loading...