Cara Membuat Puding Agar-Agar Coklat Lezat dan Menyehatkan

Halo sahabat CiptaanTangan.com kali ini kita akan belajar cara membuat agar-agar sederhana yaitu puding agar-agar coklat lezat dan menyehatkan, tentunya jenis makanan yang satu ini pun dalam proses pembuatanya pun juga sangat mudah dan sederhana.

Puding Cokelat

Namun sebelum kita membuatnya ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal apa sih itu agar-agar? atau makanan ini juga disebut dengan agarosa dan juga swallow, dan apa pula manfaat agar-agar ini bagi kesehatan tubuh kita, tentunya kalian masih banyak yang belum tahu bukan apa-apa saja sebenarnya yang terkandung dalam makanan ini.
Puding Coklat

Apa itu Agar-Agar?

Agar-agar atau agarosa atau Swallow adalah zat yang biasanya berbentuk gel yang diolah dari rumput laut atau alga. Agar-agar di negeri sakura Jepang ini dikenal dengan nama "kanten" dan oleh orang Sunda biasa disebut lengkong. Jenis rumput laut yang biasanya diolah untuk membuat agarosa ini adalah Eucheuma spinosum (Rhodophycophyta).

Agarosa atau swallow ini sangat dikenal di daerah Asia Tropika sebagai makanan sehat, dimana didalamnya terkandung serat (fiber) lunak yang tinggi dan kalori yang rendah. Kandungan ynag terdapat pada serat lunak yang tinggi akan membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan yang berada di usus (laksatif).

Agar-agar sebenarnya adalah sebuah karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Agar-agar juga tergolong dalam kelompok pektin yang merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa.

Membuat Agar-agar Coklat

Apabila makanan ini dilarutkan dalam air panas lalu kemudian didinginkan, maka agar-agar akan bersifat seperti gelatin: berbentuk padat lunak dengan banyak pori-pori di dalamnya, sehingga bertekstur 'kenyal'. Dan banyak olahan makanan yang menggunakan agar-agar seperti, puding (jelly), pengental sup, dan juga campuran es krim serta anmitsu (di Jepang),

Selain digunakan sebagai makanan, agar-agar juga digunakan di laboratorium secara luas sebagai pemadat kemikalia dalam sebuah percobaan, untuk meliha kultur jaringan tumbuhan serta pembiakan mikroba, serta digunakan juga untuk fase diam dalam elektroforesis gel.

Baca Juga : Cara Membuat Burger Mini Enak Dan Lezat

Nah, itulah sekilas pengertian tentang agar-agar dan zat yang terkandung didalamnya serta manfaatnya yang bagus bagi kesehatan, tentunya setelah kalian membaca penjelasan diatas jadi semakin paham bagaimana fungsi penggunaan agar-agar yang baik dan benar. Selanjutnya saya akan memberikan informasi kepada anda bagaimana caranya membuat puding agar-agar coklat nikmat, lezat dan menyehatkan.

Cara Membuat Puding Agar-Agar Coklat

Pudding swallow atau agar-agar biasanya dipakai sebagai salah satu makanan pembuka yang cukup digemari. Dimana puding agar-agar ini akan menjadi hidangan yang sagat lezat untuk di nikmati di saat suasana panas. Bahkan makanan ini juga sering disantap saat seharian lelah setelah berpuasa dibulan ramadhan, berbuka dengan menggunakan sajian pudding tentunya akan sangat memberikan rasa yang special.

Berikut ini saya akan bagikan cara membuat puding agar-agar swallow coklat yang bisa anda buat sendiri di rumah. Sajian pudding yang lezat dan juga menyehatkan yang bisa disajikan untuk menu acara ringan di rumah Anda seperti, arisan, pengajian dan lain sebagainya. Dan berikut resep makanan membuat agar-agar coklat lezat dan menyehatkan.

Membuat Puding Agar-Agar Coklat Lezat dan Menyehatkan

Bahan-Bahan :
  • Agar-agar berwarna putih atau Swallow Globe 1 bungkus
  • Cokelat berbentuk bubuk cocoa secukupnya
  • Nutrijell kemasan Cokelat Agar-agar 1 bungkus
  • Santan kelapa kental 1 gelas
  • Gula pasir 200 gram 
  • Garam 1 sendok teh
  • Air mineral 4 gelas 
Cara Membuat Puding Swallow Coklat :
  1. Langkah pertama, masukkanlah agar-agar, cokelat bubuk, gula serta juga garam ke dalam wadah panci.
  2. Kemudian, masukan air dan santan, lalu aduk-aduk dan rebus dengan api kecil saja.
  3. Lalu, masukan coklat bubuk sampai warnanya berubah menjadi coklat pekat dan tercium bau yang harum. Kemudian aduk-aduk terus sampai campuran mendidih supaya puding tidak pecah.
  4. Selanjutnya masukan dalam sebuah loyang atau cetakan, yang sebelumnya telah dibasahi dulu (Ini bertujuan supaya nantinya mudah pada saat akan mengeluarkan puding)
  5. Diamkanlah lebih dulu sampai dingin kira-kira 20 menit
  6. Setelah dingin selanjutnya masukan kedalam lemari es (kulkas).
  7. Nah, setelah dingin anda dapat mengeluarkan Puding cokelat tadi dari lemari es dan puding cokelat pun siap disajikan.
Sangat mudah bukan membuat puding agar-agar coklat? selain mudah untuk dibuat, rasanya yang lezat dan menyehatkan pun akan menjadikan puding swallow ini menjadi salah satu makanan favorit keluarga. Puding ini juga bisa ternyata bisa dibawa untuk kegiatan travelling di luar rumah ketika anda hendak melakukan perjalanan dan bersantai.

Oh ya puding agar-agar coklat ini lebih lezat dinikmati pada kondisi masih dingin dan baru keluar dari dalam kulkas. Dimana sensasi rasanya akan lebih terasa segar dan menyejukkan kerongkongan kita disaat cuaca panas melanda. Nah saatnya giliran Anda untuk membuatnya sendiri di rumah.

Demikianlah cara membuat puding agar-agar coklat lezat dan menyehatkan, semoga artikel yang saya bagikan kepada anda ini dapat berguna dan bermanfaat. Jika anda punya pertanyaan atau pun punya menu menyehatkan yang lain. Anda dapat meletakkannya di kolom komentar dibawah ini. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...