Cara Membuat Website Profesional Dengan Hostinger

Cara Membuat Website Profesional Dengan Hostinger - Dalam pembuatan website atau blog yang perlu anda lakukan adalah memilih nama domain yang anda inginkan dan tentunya masih tersedia, kemudian mendaftarkannya di provider domain hosting.
Cara Membuat Website di Hostinger
Cara Membuat Website di Hostinger Dengan Tampilan Profesional
Untuk mendaftar domain, maksudnya disini adalah membeli atau menyewa nama domain anda, misalnya lensawarga.com. Dengan nama domain tersebutlah, maka website atau blog anda dapat dikatakan sebagai situs yang profesional dan juga terpercaya.

Jika anda menggunakan domain dan hosting sendiri, maka hal tersebut akan lebih disukai oleh mesin pencari Google atau mesin pencari lainnya, karena lebih terlihat profesional.

Maka sebaiknya jangan berpikir panjang untuk daftar domain bagi blog Anda. Segeralah daftarkan domain dan hosting ke provider terbaik untuk membuat website atau blog anda terlihat lebih profesional.

Harganya juga terbilang murah, untuk harga domain di kisaran 100 ribuan per tahun dan harga hosting di kisaran 200-500 ribuan per tahun.

Baca Juga : Cara Membuat Website Dengan Domain Ekstensi .com


Namun sebelum anda mendaftarkan domain dan hosting, ada baiknya anda simak terlebih dahulu apa sebenarnya manfaat dari domain dan hosting tersebut.

Pengertian Domain dan Hosting

Bagi Anda yang pemula (newbie) di dunia website tentunya anda harus memahami terlebih dahulu pengertian domain, domain dapat diartikan sebagai nama website atau alamat website. Misalnya, lensawarga, detik, kompas, mata, itsiantar, dll.

Di bagian belakang nama domain itu disebut pula dengan istilah ekstensi domain (domain extention), misalnya .com, co.id, net sehingga menjadi lensawarga.com, detik.com, kompas.com, mata.co.id, itsiantar.net.

Dan masih banyak ekstensi domain lainnya, seperti, .org, .info, .id, .or.id yang dikenal sebagai Domain Level Tertinggi (Top Level Domain/TLD).

Domain itu juga dapat diibaratkan alamat rumah. Namun, disini diartikan sebagai Alamat rumah online Anda atau alamat kantor online Anda. Itulah sekilas pengertian mengenai domain. Selanjutnya kita akan membahas mengenai Hosting.

Apa itu Hosting?

Jika tadi anda telah mengetahui bahwa Domain itu adalah Alamat rumah maka Hosting adalah rumahnya atau dapat dikatakan sebagai tempat menyimpan data berupa teks (artikel/tulisan), gambar atau foto, video, audio, grafis, dan konten web lainnya.

Hosting tidak hanya sebagai tempat menyimpan data saja, namun sekaligus salah satu tempat untuk proses pembuatan website, misalnya menggunakan CMS WordPress, Joomla, Drupal, atau membuat website secara manual atau coding sendiri.

Nah, kebanyakan orang pada umumnya membuat website menggunakan CMS WordPress, karena selain proses pembuatannya yang mudah ada banyak desain atau tema tampilan yang dapat anda pilih sesuai dengan selera anda, mulai dari yang gratis (free) hingga yang berbayar (premium).

Itulah sekilas pengenalan mengenai domain dan hosting yang perlu anda ketahui ketika anda berencana untuk membuat sebuah website atau blog dengan tampilan profesional.

Jika Anda ingin membuat website menggunakan WordPress, namun belum memiliki domain dan hosting. Salah satu provider penyedia jasa domain dan hosting yaitu, Hostinger bisa pilihan anda.

Cara Daftar Domain Hosting di Hostinger Indonesia

Sebelum mendaftarkan domain dan membeli paket hosting, pilih dan siapkan dulu nama domainnya.

Menurut para pakar SEO atau blogger profesional, nama domain sebaiknya:

    - Simpel
    - Mudah Diingat
    - Sesuai atau Relevan Dengan Konten Website

Setelah punya pilihan nama domain, misalnya nama ringkas atau nama panggilan Anda, maka langkah berikutnya adalah membuka halaman provider domain dan hosting.

Lakukan-Langkah Membeli Domain dan Hosting di Hostinger :

1. Buka Hostinger Indonesia yang merupakan Web Hosting Murah Indonesia.

    - Web Hosting Murah Indonesia : https://www.hostinger.co.id/web-hosting

2. Klik "Beli Sekarang". Akan muncul halaman baru berupa pilihan paket hosting.

3. Klik menu/link "Pilih Sekarang".

Paket Web Hosting Hostinger
Paket Web Hosting Hostinger
Anda akan dibawa ke halaman baru berupa harga paket per tahun, chart pemesanan, dan di bagian bawah ada kolom untuk mendaftarkan nama domain Anda.
Temukan domain

Selanjutnya, masukkan nama domain yang Anda inginkan. Nanti akan dicarikan secara otomatis oleh Hostinger daftar nama-nama domain dan ekstensi domain yang masih tersedia atau tidak.

Ikuti langkah berikutnya hingga selesai dengan pembayaran domain hosting Anda.

Sampai disini, Anda sudah memiliki nama domain dan paket hosting yang siap digunakan untuk membuat website atau blog untuk menyimpan dokumen, berbagi, atau bahkan untuk memulai bisnis online, atau bisa juga menjadi Blogpreneur.

Keamanan Situs

Anda juga membutuhkan Sertifikat SSL untuk keamanan situs website anda. Anda juga dapat membelinya melalui provider Hostinger

Lakukan-Langkah Membeli SSL Murah Hostinger :

1. Buka Halaman "Beli SSL" : https://www.hostinger.co.id/beli-ssl

2. Klik "Amankan website Anda". Akan muncul halaman baru berupa pilihan paket hosting.

3. Klik menu/link "Pilih Sekarang".

Beli SSL Hostinger
Beli SSL Hostinger

Cara Membuat Website Dengan WordPress

Setelah Anda mendaftarkan domain dan hosting di Hostinger, maka Anda akan mendapatkan data-data akun, termasuk username dan password, untuk login di Hostinger dan anda dapat memulai membuat website atau blog.

Anda dapat mengikuti panduan cara membuat website dengan menggunakan Content Managemen System (CMS) WordPress. Namun disini bukan platform blog wordpress.com yang gratis, akan tetapi wordpress dengan domain TLD (Top Level Domain). Dimana dalam proses pembuatannya anda nantinya akan dibantu oleh pihak Hostinger dengan diberikan tutorial seputar cara menginstall website selfhosted (doman dan hosting sendiri) dengan menggunakan Wordpress.

Baca Juga : Cara Membuat Website Dengan Wordpress

Mengapa WordPress?

WordPress merupakan sebuah aplikasi pembuat website yang sudah banyak dipakai oleh para webmaster dimana aplikasi ini dapat anda gunakan untuk membuat website anda masuk dalam jajaran situs website SEO yang bisa nangkring di halaman pencarian Google.

Untuk urusan Meta Tags yang menjadi bagian penting SEO, di website juga sudah otomatis ditangani. Anda hanya perlu menginstall Plugin Yoast SEO, maka semua urusan meta tags, sitemap, dan dasar-dasar SEO Web lainnya sudah beres. Selanjutnya Anda tinggal fokus membuat untuk konten yang berkualitas.

WordPress telah menjadi salah satu CMS yang paling populer di dunia. Dan menurut W3Tech yang WordPress kini menempati peringkat pertama, diikuti Joomla, Drupal, Magento, dan Blogger.

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara membuat website di Hostinger dengan tampilan profesional. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...