Cara Membuat Sabun Cair atau Sabun Cuci Piring

Disebuah restoran ataupun rumah makan biasanya menyajikan banyak sekali jenis makanan yang berlemak atau berminyak, sehingga menyebabkan sisa dari makanan menempel di dalam wadah seperti piring, yang sulit sekali untuk dibersihkan.
Mencuci Piring Dengan Sabun Cair Pencuci Piring

Nah, biasanya pada saat akan membersihkan piring-piring tersebut haruslah menggunakan cairan yang sering dikenal dengan sabun cair atau biasa sering disebut sabun cuci piring.

Apa itu Sabun Cair atau Sabun Pencuci Piring?

Sabun Cair atau Sabun Cuci Piring adalah sejenis cairan yang memiliki reaksi saponifikasi dengan menggunakan minyak dan lemak yang mempunyai kandungan seperti asam oleat tinggi berfungsi untuk membersihkan kuman dan bakteri. Sabun Cair biasanya digunakan untuk sebagai sabun tangan ataupun sebagai sabun pencuci piring.

Sabun cuci piring merupakan cairan yang dipakai sebagai alat tambahan pencuci piring dan biasanya cairan ini kental dan bening dan juga berwarna yang berfungsi untuk membersihkan peralatan-peralatan makan seperti piring, gelas, sendok, garpu serta peralatan dapur lainnya dari kotoran sisa makan dan juga lemak-lemak pada sisa makanan.

Baca Juga : Cara Membuat Lem Karet Super Untuk Menempel Ban, Perahu Karet, Dan Pelampung

Di zaman dahulu masyarakat tradisioanal menggunakan abu gosok dan juga sabut yang didapat dari kelapa untuk mencuci piring. Namun seiring berkembangnya zaman, sekarang ini masyarakat modern sudah menggunakan spons bersamaan dengan sabun cair siap pakai dengan berbagai macam varian bentuk dan keunggulan masing-masing.

Sabun cair atau sabun cuci piring memiliki tiga macam bentuk yaitu, ada yang berbentuk bubuk/serbuk, namun sabun jenis ini sangat jarang digunakan meskipun banyak dijual di toko-toko seperti swalayan. Ada juga yang berbentuk pasta atau lebih populer dikenal dengan nama sabun colek. Dan yang terakhir berbentuk cairan, dan sabun ini paling banyak digunakan karena dalam proses pemakaiannya dirasa lebih praktis serta aroma khas yang ditimbulkan menjadikan cairan pencuci piring ini mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan sabun-sabun yang lainnya biasanya merk yang paling di kenal di Indonesia adalah Sabun Cair Sunlight.

Sebelumnya kebanyakan orang lebih banyak menggunakan sabun colek, namun lambat laun keberadaan sabun colek mulai tergeser dengan adanya cairan sabun cuci piring, walaupun demikian pemakaian sabun colek masih banyak digunakan. Dan sejak kemunculan sabun cair pencuci piring, masyarakat pun kini mulai beralih ke cairan sabun pencuci piring karena dirasa lebih praktis dan juga lebih cepat membersihkan lemak sisa makanan, hal itu disebabkan karena bentuknya yang cair, maka akan lebih mudah larut di dalam air bahkan sabun cair tersebut lebih banyak menghasilkan busa berlimpah sehingga mampu membersihkan sisa lemak makanan dengan sempurna.

Meskipun sabun cair pencuci piring ini sudah banyak di jual dipasaran yang tersedia dengan berbagai merk dan varian serta aroma yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dengan harga yang juga terjangkau, Namun hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah anda harus jeli dalam memilih produk yaitu terutama dari segi keamanannya dan juga bagi kesehatan.

Dan jika anda ingin mencoba untuk membuat sabun cair atau sabun cuci piring sendiri serta aman bagi kesehatan. Mungkin anda dapat mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan seperti dibawah ini.

Berikut Cara Membuat Sabun Cair atau Sabun Cuci Piring

Bahan-Bahan Membuat Cairan Sabun Pencuci Piring :

  • Tepol 70 cc
  • Bibit Minyak Wangi Secukupnya
  • Soda Ash 25 gram
  • Natrium Clorida 15 gram
  • Air bersih 250 cc
  • Pewarna Makanan Secukupnya
Cara Membuat Sabun Cair Pencuci Piring :
  1. Pertama sekali, masukkan air bersih ke tempat Tepol, kemudian aduk sampai rata.
  2. Kemudian, larutkan lagi soda ash sambil diaduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Lalu, masukkan pewarna makanan serta bibit minyak wangi kedalam larutan air bersih dan juga soda ash.
  4. Terakhir, masukkan Natrium Clorida sedikit demi sedkit sambil terus diaduk  ke dalam larutan, maka dukan akan terasa semakin berat, itu dikarenakan adukan pada larutan tersebut akan menjadi cair. Dan Sabun Cair pencuci piring pun sudah siap untuk dipakai.
Demikianlah Cara Membuat Sabun Cair atau Sabun Cuci Pirin. Selain dapat digunakan untuk mencuci piring, sabun ini juga dapat anda gunakan untuk membersihkan tangan anda dari kuman dan bakteri yang menempel pada tangan anda. Dan bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sabun cair ini juga juga ramah lingkungan sehingga anda tidak perlu ragu untuk memakainya. Selain itu cara membuatnya pun tidak terlalu sulit, jadi siapapun bisa melakukannya dengan mudah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda, dan teruslah berkarya serta berinovasi sesuai dengan keinginan anda. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »