Cara Membuat Susu Kedelai (Soy Milk) Sederhana Dan Nikmat

Susu adalah sejenis minuman yang berfungsi sebagai sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu juga merupakan sejenis minuman lezat yang tercantum di dalam syarat menu sehat setiap orang karena kandungannya yang terbukti baik untuk metabolisme tubuh, biasanya sus sapi diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Susu Kedelai (Soy Milk)
Pada umumnya susu yang beredar di pasaran saat ini adalah susu buatan pabrik dan beberapa merk susu sapi industri rumahan. Mungkin anda sudah mulai bosan dengan cita rasa susu yang itu-itu saja, artikel ini sangat tepat untuk anda baca mengenai cara membuat susu kedelai sederhana dan nikmat yang bisa anda buat sendiri dirumah.

Apa itu Kedelai?

Kedelai atau Kacang Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti tempe dan tahu, dan juga kecap. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur.

Mungkin anda sedikit pesimis mendengar bahan satu ini. Namun tahukah anda bahwa kedelai merupakan salah satu jenis bahan makanan yang mempunyai kandungan kaya akan manfaat untuk tubuh yaitu dengan protein dan gizinya.

Apa itu Susu Kedelai?

Susu Kedelai atau Soy Milk (Hanzi) adalah sejenis minuman yang memiliki bahan dasar kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Susu kedelai lazim sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan penganan lainnya seperti youtiao.

Cara Membuat Susu Kedelai Sederhana Dan Nikmat

Dengan cara memasak yang benar dan bahan sesuai takaran, anda akan mampu membuat susu kedelai yang sehat dan menyegarkan. Tertarik? Pada artikel ini, penulis akan berbagi tips bagaimana sih cara membuat susu kedelai yang mudah dan enak, serta tips supaya susu kedelai buatan anda tahan lama.

Bahan-Bahan Membuat Susu Kedelai

- ½ kg kacang kedelai
- 1 bungkus vanili
- Gula pasir secukupnya
- Garam secukupnya

Alat Yang Dibutuhkan

- Kompor
- Blender
- Panci
- Saringan

Langkah-Langkah Membuat Susu Kedelai
  1. Pertama, siapkan kedelai yang akan diolah, cuci bersih dengan menggunakan air mengalir
  2. Rebus kedelai kurang lebih sekitar 15 menit
  3. Kemudian angkat rebusan kedelai lalu rendam menggunakan air bersih selama kurang lebih 11 jam supaya lunak dan kulit arinya mengelupas
  4. Cuci bersih sambil kelupas kulit yang masih tersisa. Tiriskan
  5. Blender dengan ditambahkan air secukupnya
  6. Tuang kedelai yang sudah diblender ke dalam sebuah wadah, tuangkan air mendidih secukupnya, Lalu saring untuk memisahkan ampas
  7. Susu kedelai buatan anda telah jadi. 
  8. Untuk mengkonsumsinya, caranya harus memasaknya hingga mendidih untuk menghilangkan bakteri-bakteri jahat penyebab kuman dan tentunya untuk menghilangkan bau khas kedelai yang mungkin tidak anda sukai
  9. Setelah rebusan susu kedelai mendidih, kecilkan api sambil terus mengaduk susu kedelai hingga kurang lebih 15 menit. Poin ini sangat penting supaya sari-sari yang dimiliki kedelai tidak mengendap, selain itu juga untuk membuat susu kedelai buatan anda tahan lama
  10. Tambahkan garam dan gula sesuai dengan selera anda
  11. Untuk menambah aroma lezat, masukkan vanili.
  12. Susu kedelai siap untuk dinikmati
Nah, demikianlah cara membuat susu kedelai sederhana dan nikmat dan hampir bisa dipastikan anda pasti akan ketagihan dengan rasa menyegarkan susu kedelai ini, Saya sarankan agar anda bereksperimen menggunakan poin-poin di atas.

Jika anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan pesan anda pada kolom komentar yang telah disediakan. Semoga artikel cara membuat susu kedelai ini dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...