Cara Membuat Getuk Singkong Gula Merah Dengan Taburan Kelapa

Ada berbagai macam kue tradisional Indonesia yang disukai oleh semua kalangan masyarakat. Tentu saja dengan sajian varian rasa dan warna yang berbeda-beda dan tentu saja memiliki rasa yang tiada duanya bahkan anda dapat menikmatinya kapanpun anda mau.

Getuk Singkong Gula Merah Dengan Taburan Kelapa
Sebut saja salah satunya adalah getuk makan ringan khas pulau Jawa ini selain lembut juga memiliki rasa yang lezat di lidah, bahkan sampai membuat anda ketagihan.

Apa itu Getuk?

Getuk (bahasa Jawa: Gethuk) adalah makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk juga merupakan salah satu makanan yang sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Makanan ini biasanya sangat enak jika dinikmati bersama keluarga pada Pagi hari maupun Sore Hari sambil ditemani dengan segelas kopi hangat.

Apa itu Getuk Singkong?

Getuk Singkong adalah sejenis makanan ringan yang lembut yang terbuat dari bahan dasar singkong dalam proses pembuatannya. Namun getuk singkong juga sering dipadukan dengan berbagai bahan makanan lain seperti gula merah dan juga kelapa.

Makanan tradisional yang satu ini tentunya banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional atau pameran-pameran makanan yang banyak terdapat di pulau jawa dan sekitarnya.

Baca Juga : Cara Membuat Susu Kedelai (Soy Milk) Sederhana Dan Nikmat

Nah, itulah sekilas mengenai getuk singkong, seperti yang sudah kita ketahui bersama-sama melalui penjelasan diatas. Dan selanjutnya saya akan berbagi tips kepada anda cara membuat getuk singkong yang dicampur dengan gula merah dan ditaburi kelapa yang sudah di parut diatasnya.

Cara Membuat Getuk Singkong Tabur Kelapa

Getuk singkong gula merah ini dalam proses pembuatannya terbilang cukup mudah, yakni dibuat dengan cara di kukus. Dan tentu saja rasa dari getuk singkong ini akan selalu terbayang di lidah anda karena kelezatannya yang begitu sangat menggoda.

Getuk singkong gula merah merupakan makanan yang memiliki cita rasa manis yang pas juga memiliki rasa yang gurih karena ditaburi dengan kelapa parut.

Meskipun terbilang sederhana, makanan ini juga dapat di kreasikan menjadi berbagai macam jenis rasa, misalnya seperti ditabur dengan keju parut sehingga makanan ini memiliki citasa keju, dan rasa yang lainnya sesuai dengan selera anda.
Langkah-Langkah Membuat Getuk Singkong

Bahan-Bahan Membuat Getuk Singkong :

- 1 kg Singkong Segar
- 125 ml Air Bersih
- 3 Sdm Gula Pasir
- 225 gr Gula Merah (disisir halus)
- 1/2 Sdt Vanili Bubuk
- 1/2 Sdt Garam
- 100 gr Kelapa Parut Yang Tidak Terlalu Tua

Bahan Taburan :

- Kelapa Muda yang di parut secukupnya

Cara Membuat Getuk Singkong Gula Merah :
  1. Pertama, rebus gula merah dan gula pasir dengan air
  2. Lalu, tunggu sampai mendidih sambil diaduk-aduk sampai gula larut 
  3. Angkat rebusan gula kemudian disaring supaya tidak kotor
  4. Selanjutnya, masukkan vanili bubuk dan garam sambil diaduk rata dan sisihkan
  5. Kemudian kupas kulit singkong lalu dicuci sampai bersih
  6. Potong-potong singkong dengan ukuran sesuai selera
  7. Kukus singkong dalam kukusan panas sampai matang dan empuk
  8. Lalu angkat, dan kemudian haluskan singkong kukus selagi masih panas
  9. Tambahkan kelapa parut kemudian tuang rebusan gula ke dalamnya
  10. Uleni dengan tangan sampai menjadi lembut dan masukkan kedalam nampan kotak sambil diratakan
  11. Potong-potong getuk lalu gulingkan dengan kelapa parut hingga merata dan siap dinikmati

Demikianlah cara membuat getuk singkong gula merah dengan taburan kelapa di atasnya yang cukup sederhana ini. Anda dapat menyajikan getuk singkong ini selagi dalam keadaan masih hangat agar memiliki rasa yang lebih enak.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba membuat makanan getuk singkong dengan cara yang sederhana dan akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...