Cara Membuat Website Dengan Domain Ekstensi .com

CiptaanTangan.com
Cara Membuat Website Dengan Domain Ekstensi .com

Di zaman era teknologi canggih seperti sekarang ini, kamu pastinya sudah mengetahui bahkan sudah familiar dengan yang namanya Website. Namun bagi sebagian orang mungkin saja belum mengetahui apa sebenarnya yang di maksd dengan Website.
Domain .com
Apa itu Website?

Website adalah sebuah situs yang berisikan halaman informasi yang dapat diakses melalui koneksi internet hingga dapat diakses dari seluruh dunia. Website biasanya sering di singkat dengan sebutan Web.

Banyak orang biasa menyebutkan website dengan www.namawebsite.com. (dot com) Yah begitulah kira-kira kenapa dot com? Karena .com merupakan domain TLD yang paling sering digunakan dalam pembuatan website.

Namun tahukah kamu bagaimana caranya untuk membuat ekstensi domain seperti .com, net, .co.id, .id atau untuk redirect seperti goo.gl yang hanya dimiliki oleh perusahaan Google sendiri.

Mungkin kamu masih bingung, bagaimana caranya untuk medaftarkan domain dengan ekstensi.com, Nah, kali ini ciptaantangan.com punya sedikit rekomendasinya.

Domain dengan ekstensi dot com merupakan domain yang paling dikenal dan juga ekstensi dengan peringkat nomor 1 yang paling banyak diminati, dot com juga gak ribet dalam proses pembeliannya dan juga tanpa syarat sama sekali.

Jadi, Bagaimana Cara Membuat Website Dengan Domain Ekstensi .com?

Cara membuat website sendiri sebenarnya lumayan merepotkan, tergantung bagaimana cara Anda melakukannya.

Kalau Anda ingin membuat sebuah website, maka saudara tentunya Anda harus paham sedikit bahasa pemrograman. Minimal Anda mengetahui kode HTML.

Ada 3 Cara untuk membuat website .com yakni:
  • Level Pemula: Anda dapat membuat dari blog gratis, contohnya blogger.com yang disediakan secara gratis oleh Google, yang kemudian anda ganti dengan domain berbayar dot com (Cara ini adalah cara yang paling gambpang)   
  • Level Menengah: Jika Anda mengerti menggunakan Content Management System (CMS) anda dapat menggunakan software CMS seperti Wordpress, sehingga anda tidak perlu menguasai coding atau script apapun untuk membuat website tersebut, namun anda perlu hosting sendiri.   
  • Level Sulit: Anda harus mampu menguasai beberapa bahasa pemrograman dengan membuat sendiri tema dan database sendiri mulai dari nol, kemudian membeli hostingnya.
Jadi bagi Anda yang baru ingin memulai untuk membuat website, Anda dapat memilih salah satu dari ketiga metode di atas.

Baca Juga : Cara Membuat Website Dengan Wordpress

Nah, untuk itu saya akan kasih anda cara membuat website dengan menggunakan level pemula, dimana pertama-tama anda harus mendaftar dan membuat blog terlebih dahulu di blogger.com yang selanjutnya anda tinggal mengganti nama domainnya menjadi .com.

Membuat Blog Gratis di blogger.com (blogspot)
  • Anda harus memiliki email dari google terlebih dahulu yaitu gmail
  • Selanjutnya anda masuk ke blogger.com
  • Buatlah nama blog baru untuk Anda
  • Carilah Template yang keren menurut anda bagus
  • Ikuti langkah-langkah sesuai dengan standart blogger
  • Setelah selesai, sekarang Anda telah memiliki website sederhana anda. 
  • Kemudian yang perlu anda lakukan adalah tinggal mengisi artikel-artikel ke dalam blog sederhana tersebut
Setelah anda selesai membuat blog gratis, maka selanjutnya anda tinggal mengganti domainnya menjadi .com

Mengganti Domain Jadi .com

Karena anda sudah selesai membuat blog gratis, selanjutnya Anda harus membeli sebuah nama domain. Anda bisa searching di Google untuk mencari jasa penyedia nama domain, Anda bisa menghubungi Customer Service (CS) untuk membantu anda saat akan membeli nama domain.

Kalau saya menggunakan RumahWeb.com yang memang khusus menjual domain dengan ekstensi dot com (.com) yang akan mengubah domain gratis Anda menjadi domain .com. Ikutilah petunjuk yang di berikan oleh CS tersebut kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses :D

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...