Cara Membuat Perangkap Jebakan Tikus Sederhana Dari Ember Dan Kaleng Bekas

CiptaanTangan.com
Cara Membuat Jebakan Perangkap Tikus Sederhana Dari Ember Dan Kaleng Bekas

Mungkin anda sering jengkel dengan hewan yang namanya tikus, atau bahkan sebagian orang pernah ingin sekali menangkap hewan yang sering sekali membuat kita kadang jadi repot karena harus mencari tempat yang aman untuk menyimpan makanan agar tidak dicuri oleh tikus.
Perangkap Tikus

Yah, karena tikus merupakan hewan yang dikenal suka nyolong makanan, karena kebanyakan tikus selalu memakan makanan yang di lihat tanpa peduli makanan itu bersih atau kotor.

Tikus adalah hewan mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Sepesies tikus yang paling dikenal ialah mencit (Mus spp.) dan juga tikus got (Rattus norvegicus) yang dapat ditemukan hampir di seluruh penjuru negara. Tikus juga sering digunakan sebagai suatu organisme model yang penting dalam ilmu biologi dan juga termasuk salah satu hewan peliharaan yang populer.

Baca Juga : Cara Membuat Slime Mudah Sederhana Menggunakan Tepung Kanji


Kebanyakan tikus yang ada di Indonesia adalah tikus got yang sering sekali mencari makanan dari sampah-sampah yang ada dijalanan, atau bahkan mencari makanan di rumah-rumah warga. Dan banyak sekali orang Indonesia ingin menangkap tikus ini dengan perangkap yang banyak dijual dipasaran.

Tapi tahukah anda ternyata ada  cara efektif mengusir tikus dengan mudah dan efektif bagi anda serta ini juga merupakan perangkap tikus sederhana dan tentunya dengan biaya yang murah. Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar anda seperti Ember dan Kaleng bekas untuk membuat perangkap tikus tersebut.

Perangkap tikus ini termasuk dalam versi terbaik di dunia dalam urusan menjebak dan menangkap tikus untuk kategori perangkap tikus buatan tangan dengan pemanfaatan barang bekas.

Berikut Cara Membuat Jebakan Perangkap Tikus Sederhana Dari Ember Dan Kaleng Bekas. 

Bahan-Bahan Yang Diperlukan :
- Ember 
- Kaleng Bekas Susu yang berbentuk tabung
- Kawat berdiameter minimal 3 mm
- Papan atau Kayu kecil yang nantinya sebagai jalan tikus naik keatas ember.

Cara Buat Perangkap Jebakan Tikus :
  • Lubangi bagian kiri dan kanan atas ember dengan bor tangan, atau anda bisa juga melubanginya dengan paku atau obeng jika tidak ada bor tangan.
  • Lubangi juga bagian kiri dan kanan kaleng bekas yang sudah anda persiapkan
  • Masukkanlah kawat ke dalam ember sampai menembus kaleng dan bagian sisi ember lainnya, perhatikan gambar di bawah ini
  • Pastikan kaleng dapat berputar, cobalah putar kaleng tersebut untuk memastikan
  • Pada bagian sekeliling kaleng berikan adonan makanan sebagai umpan untuk tikus
  • Berikan juga sedikit adonan pada bagian papan/kayu untuk membuat jejak pancingan
  • Selanjutnya pasang papan secara miring menumpu pada lantai dan bibir ember
  • Terakhir, pastikan jarak antara ujung kayu dengan kaleng sesuai bagi tikus untuk menggapai kaleng tersebut
  • Dan perangkap jebakan tikus sederhana dari ember dan kaleng bekas pun telah jadi.
Dibawah ini anda bisa simak bagaimana perangkap tikus yang telah anda buat akan bekerja untuk menggiring tikus tersebut masuk kedalam jebakan anda.
Berikut Cara Kerja Perangkap Tikus Sederhana Dari Ember Dan Kaleng Bekas:
  • Pertama-tama tikus akan naik ke papan dengan adanya jejak makanan yang anda buat tadi
  • Lalu tikus tersebut akan naik menuju bibir ember untuk mencari makanan yang lebih banyak
  • Kemudian tikus mendapatkan makanan/adonan di permukaan kaleng
  • Akhirnya si tikus akan berupaya menggapai kaleng tersebut dan tikus pun berhasil menggapainya dengan dua kaki depannya diatas kaleng
  • Sementara kaki belakang masih menginjak ujung kayu, begitu tikus berhasil menggapai kaleng maka tikus pun akan langsung berputar hingga akhirnya terpeleset dan terjatuh ke dalam ember serta terjebak didalamnya tidak bisa keluar.
NB:
  • Anda bisa mengisi ember dengan air dan racun serangga, agar tikus bisa langsung mati pada saat berada di dalam perangkap
  • Pasang Jebakan ini pada area dimana tikus sering menggangu keberadaan rumah sobat
Diluar negeri sendiri perangkap jenis ini sudah banyak digunakan oleh masyarakt dan termasuk berhasil dan juga efektif dalam menangkap tikus dalam satu malam.

Dengan memanfaatkan barang bekas dengan cara yang kreatif, anda dapat membuat sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi kehidupan anda. Demikianlah cara membuat perangkap jebakan tikus sederhana dan akhir kata saya ucapkan selamat mencoba dan semoga sukses. :D

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...