Cara Membuat Biogas Sederhana dari Kotoran Hewan Dan Sampah

CiptaanTangan.com
Cara Membuat Biogas Sederhana dari Kotoran Hewan Dan Sampah

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya atau bahkan Anda tidak tahu sama sekali dengan pengertian dari sebuah kata yang sering disebut dengan Biogas.
Biogas Sederhana

Beberapa orang mungkin sudah pernah mendengar kata Biogas, atau bahkan sudah mengetahui apa manfaat dan dampak yang bisa di hasilkan oleh Biogas. Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang Pengertian Biogas, simaklah pernyataan dibawah ini.

Apa itu Biogas?

Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh sebuah aktivitas fermentasi atau biasa disebut anaerobik yang termasuk dari bahan-bahan organik diantaranya; kotoran hewan, sampah biodegradable, limbah domestik (rumah tangga), limbah organik yang biodegradable, bahkan kotoran manusia yang mengalami kondisi anaerobik.

Itulah pengertian dari Biogas, atau secara singkat bisa diartikan sebagai fermentasi yang bersumber dari kotoran dan limbah sampah.

Biogas merupakan sumber energi sederhana dari sampah dan kotoran hewan sapi atau kambing. Dimana ini bisa menjadi alternaif ramah lingkungan dengan memanfaatkan berbagai sampah organik yang dapat membuat energi pengganti seperti bahan bakar minyak (bbm), listrik, dan juga.

Dalam proses pembuatan Biogas terbilang susah-suah gampang namun Biogas ini adalah sumber energi yang sangat efektif dengna menggunakan teknologi yang digunakan cukup mudah karena menggunakan limbah sebagai bahan utama yang bisa ditemkuan dimana-mana.

Daya bakar Biogas pun memiliki nilai yang sangat baik dalam penggunaanya, dimana Biogas tidak mengeluarkan asap sehingga sewaktu memakainya kita akan terbebas dari yang namanya polusi udara.

Kita tentunya pasti bertanya-tanya bukan dengan tingkat keamanan dari penggunaan Biogas ini.

Bagaimana Tingkat Keamanan dari pemakaian Biogas itu sendiri?

Biogas memiliki tingkat keamanan yang tergolong sangat aman untuk digunakan jika dibandingkan dengan gas yang biasa kita gunakan dirumah atau yang sering disebut dengan gas elpiji, dimana jika terjadi sedikit saja kebocoran pada gas elpiji dapat membahayakan diri kita.

Namun Biogas memiliki sebuah kekurangan yaitu jika menggunakan kita menggunakan bahan bakar biogas aroma gas yang ditimbulkan sedikit tercium kurang sedap di hidung kita, dimana aroma yang ditimbulkan seperti bau kentut, tapi tidak berbahaya dan gas yang dihasilkan pun tidak mengandung racun jadi sangat aman untuk digunakan.

Penggunaan Biogas biasanya disalurkan menggunakan paralon atau pipa-pipa yang lainnya untuk dibagikan kerumah-rumah warga. Dan biasanya warga yang berada di perkampungan yang sering memanfaatkan Biogas tersebut

Nah itulah sekilas tentang tingkat keamanan dari pemakaian Biogas, selanjutnya kita akan coba untuk membuat sendiri Biogas dengan cara yang mudah dan sederhana.

Bagaimanakah Cara Membuat Biogas Sederhana?

Cara Membuat Biogas Sederhana adalah kita dapat memanfaatkan Sampah dan Kotoran Hewan. Dimana Kotoran Hewan tersebut dicampur dengan air dan bakteri anaerob. Jika anda ingin membuat Biogas sendiri dirumah, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Drum bekas sebagai wadah penampung
- Atau kombinasi pasangan batu bata sesuai dengan kualitas peralatan pembuatan Biogas

Langkah-Langkah Membuat Biogas Sederhana
  • Masukanlah Kotoran hewan, lalu air dan bakteri anaerob kedalam sebuah wadah
  • Lalu, Busukkan selama sepuluh hari sampai menghasilkan gas
  • Selanjutnya, gas itu ditampung dalam wadah lainnya yang kedap udara 
  • Buatkan saluran penghubung dengan kompor khusus untuk memasak
  • Dan, anda pun sudah dapat menggunakan Biogas tersebut
Untuk mempermudah anda dalam Membuat Biogas perhatikan Gambar di Bawah ini :


Adapun kantong Biogas berfungsi seperti tabung elpigi bisa Anda gunakan untuk mengoprasikan mesin jengset untuk menghasikan listrik, tak hanya itu Anda juga bisa menggunakannya untuk kendaraan traktor yang menggunakan bahan Biogas.

Biogas sendiri sudah mulai dipasarkan di daerah pulau Jawa dan Sumatra, untuk harga pemasangan instalasinya berkisar antara 1,8 juta dan teknologi Biogas ini pun terbilang relatif murah sebab dari anda bisa menghasilkan 2,5 liter minya tanah dari 25 kilogram kotoran sapi.

Nah, demikianlah Cara Membuat Biogas Sederhana dari Kotoran Hewan Dan Sampah. Jika anda tertarik anda dapat mengalihkan sumber energi yang anda butuhkan dengan pemanfaatkan limbah sampai dan kotoran hewan.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...