Cara Membuat Makalah Dan Panduan Lengkap Penulisan Makalah

Panduan Membuat Makalah 

Salah satu keterampilan utama yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa adalah cara menulis makalah. Yah tentu saja setiap mahasiswa pasti bisa menulis. Tapi untuk menuliskan sebuah makalah bukanlah perkara mudah, sebab banyak sekali aturan-aturan yang harus diterapkan dalam penulisan makalah, dan bahkan tidak semua orang bisa untuk menulis sebuah makalah.

Cara Menulis Makalah Yang Baik Dan Benar

Apa itu Makalah?

Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang membahas pokok tertentu dari sebuah masalah yang mencakup ruang lingkup tertentu. Makalah biasanya identik sebagai karya akademis yang biasanya diterbitkan atau dipublikasikan pada jurnal yang bersifat ilmiah.

Pengertian Makalah

Menurut pengertian dari beberapa ahli seperti Tanjung dan Ardial, makalah merupakan karya tulis yang memuat pemikiran mengenai suatu topik masalah tertentu yang ditulis secara sistematis yang disertai dengan analisis yang logis dan objektif, sedangkan menurut Surakhmad makalah adalah segala jenis dari tugas kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa secara tertulis baik sebagai hasil karangan suatu pokok permasalahan ataupun pembahasan buku.

Makalah juga suatu bentuk tulisan yang menggunakan kode dan aturan-aturan tertentu. Dengan adanya makalah inilah seorang ilmuwan dapat menyampaikan hasil penelitian serta gagasannya. Sehingga makalah juga dapat diartikan sebagai media untuk menyampaikan sebuah penelitian ilmiah.

Jadi, dapat kita ambli sebuah kesimpulan bahwa makalah adalah alat untuk mengkomunikasikan ilmu pengetahuan.

Baca Juga : Cara Membuat Puisi Cinta Untuk Pacar Lengkap Dengan Contoh Puisinya

Itulah sekilas apa itu Makalah dan Pengertiannya, setelah anda menyimak penjelasan diatas pastinya sudah mulai memahami bukan apa yang dimaksud dengan makalah dan apa sebenarnya fungsi dan tujuan dari makalah tersebut.

Kenapa Mesti Membuat Makalah?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama-sama bahwa sangat penting untuk membuat makalah jika ada sesuatu hal tertentu yang ingin kita sampaikan kepada orang-orang yang berada disekitar kita tentunya dengan menuliskan hal tersebut terlebih dahulu dalam bentuk sebuah makalah, yang nantinya akan mempermudah kita menjelaskan tentang hasil dari penelitian yang kita lakukan ataupun tugas-tugas apa saja yang sudah dikerjakan.

Tata Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

Nah, kali ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang tata cara penulisan makalah yang baik dan benar, dan tentunya ini sangat dibutuhkan sekali oleh mahasiswa yang saat ini sedang menjalani proses belajar mengajar dikampus. Dan juga sangat berguna sebagai porto folio anda pada saat ada penelitian yang mungkin pernah anda buat, namun anda lupa untuk mengingat hal tersebut. Simaklah penjelasan berikut ini untuk menambah ilmu pengetahuan anda khususnya membuat makalah kuliah.

Presentasi Makalah Kuliah

Mahasiswa tidak cukup hanya bisa menulis makalah saja, akan tetapi harus mampu untuk menyampaikan dan mempresentasikan makalah yang sudah dibuat di depan kelas. Dengan memperesentasikan makalah menandakan bahwa mahsiswa tersebut telah memiliki kemampuan penguasaan sebagai seorang mahasiswa dengan berbagai ilmu pengetahuan yang didapat selama ini secara tertulis dalam bentuk sebuah makalah.

Jadi, presentasi makalah kuliah adalah suatu kemampuan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan secara lisan (langsung) dihadapan dosen-dosen dan jgau mahasiswa-mahasiswi lainnya.

Makalah dan Jurnal Ilmiah

Pada dasarnya makalah berawal dari tugas kuliah yang diberikan oleh dosen, yang selanjutnya makalah tersebut hanya disajikan di depan kelas saja yang kemudian dipresentasikan di depan dosen dan juga teman-teman sekelas. Akan tetapi latihan membuat makalah ini justru sebagai bentuk untuk melatih agar mahasiswa tersebut mampu menulis di jurnal ilmiah.
Apa itu Jurnal Ilmiah? 

Jurnal ilmiah adalah media resmi yang berisi sejumlah artikel yang diterbitkan secara teratur untuk menyampaikan atau menyebarkan hasil penelitian maupun ilmu pengetahuan dan juga temuan dalam format penulisan yang disesuasikan dengan format penulisan di jurnal ilmiah.

Struktur Isi Makalah

Berikut ini merupakan hal yang terpenting yang perlu anda diketahui dalam menyusun struktur isi makalah yang nantinya akan anda buat, dan ini adalah contoh makalah yang saya buat untuk anda.

Abstrak
Cover
Daftar Isi
Kata Pengantar
Kata Kunci
A. Pendahuluan
B. Sejarah Budaya Tradisional
1.  Pengertian Tradisional
2.  Sejarah Munculnya Zaman Tradisional
C. Ciri-ciri Manusia Tradisional
D. Sisi Positif dan Negatif Budaya Tradisional
E.  Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA

Keterangan:
  • Abstrak adalah ringkasan isi makalah secara umum maupun bagian menyeluruh yang ditulis dalam satu paragraph (kurang lebih sekitar 7 sampai 10 baris)
  • Cover adalah bisa berarti kertas yang dicetak untuk menyampul kemasan berisi makalah
  • Daftar isi adalah bagian dari sebuah makalah, laporan, maupun skripsi yang menjabarkan tema pembahasan
  • Kata Pengantar adalah tulisan yang berbentuk sebuah ungkapan sepatah dua patah kata oleh penulis mengenai karya ilmiah (makalah) atau karangan yang dibuat oleh penulist. Kata pengantar makalah yang baik dan benar haruslah mencakup keseluruhan dari isi makalah.
Baca Juga : (Cara Membuat Kata Pengantar Makalah Yang Benar Beserta Contohnya)
  • Pendahuluan merupakan beberapa paragraf yang hanya berisi tentang latar belakang dan rumusan masalah dari pembahasan makalah tersebut.
  • Kata kunci: terdiri dari tiga sampai empat kata/kalimat saja yang berfungsi untuk menyimbolkan isi pembahasan dari makalah.
  • Kesimpulan adalah beberapa paragraf yang menyimpulkan hasil pembahasan serta jawaban dari permasalahan yang ada di dalam pendahuluan.
  • Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis.
Bahasa Dan Penulisan Makalah

Bahasa Makalah
Dalam penggunaan bahasa pada makalah haruslah bersifat baku/formal tidak boleh menggunakan istilah-istilah kata sebagai berikut ; (nah, lho, kagak, biarin, dibutuhin, dll). Namun diperbolehkan bila ada kepentingan tertentu kata-kata tersebut harus ada, maka harus ditulis denga cetak miring seperti misalnya; biarin saja, dibutuhin untuk, kagak penting.

Panduan Lengkap Cara Penulisan Makalah
  1. Ketepatan EYD (posisi dan ketepatan: huruf kapital, tanda titik, koma, tanya, seru, dll).
  2. Jangan gunakan subyek seperti: saya, kita, kami (kalau penting gunakan: penulis).
  3. Tulis lengkap dahulu jika ada singkatan (EX: Kartu Tanda Penduduk (KTP), dll).

  4. Ejaan asing miringkan (Ex: jalan hidup (way of life), aturan Tuhan (rule of god), ilmu yang bermanfaat (al-‘ilm al-nafi’), dll).
  5. Tidak ada singkatan seperti: dsb, dll, dgn, yg, sprti, jk.
  6. Konsisten dalam menggunakan singkatan seperti: SAW, Saw., (QS. al-Baqarah [2]: 104)

Cara Mengutip Makalah
Dalam membuat sebuah kutipan pada makalah anda harus tahu bagaimana cara yang benar untuk mengutip sebuah tulisan yang sumbernya berasal dari penjelasan orang lain ataupun dari makalah-makalah terdahulu yang pernah dibuat sebelumnya. Dan berikut saya akan menjelaskan kepada anda teknik dalam menuliskan pengutipan makalah.

Menulis Kutipan Langsung Pada Makalah

Cara Menulis Kutipan langsung
Triple Guitar Hero atau yang lebih dikenal dengan istilah G3 berpengaruh besar terhadap peningkatan penjualan gitar. Di Indonesia, sejak kwartal pertama tahun 2011, penjualan gitar mengalami peningkatan hingga 50-200%. Menurut Glen Hanz Sky, M.Kom dari perusahaan distributor gitar merek GHS Guitar, penjualan Elektrik Guitar (Gitar Listrik) GHS meningkat sebesar 60% dibandingkan angka penjualan tahun sebelumnya (Bisnis Indonesia, 2 Mei 2015: 40).

Peningkatan yang sama juga dialami oleh perusahaan gitar Sky, yaitu berkisar 50-57% pada akhir bulan Maret 2014 sebagaimana diutarakan oleh Direktur PT Sky Indonesia, Angga Vai,

Kutipan :
"Peningkatan penjualan gitar GHS sebesar 200% selama tiga bulan pertama tahun 2011 disebabkan oleh kegiatan gitarisasi untuk menghadapi G3 dan segmen bisnis layanan" (Nimrod dan Aldyy  2015:12)

Cara Menulis Footnote
Footnote atau catatan kaki merupakan catatan pada bagian bawah halaman yang bertujuan untuk menyatakan sumber suatu kutipan, pendapat, pernyataan, atau ikhtisar.

Contoh Penulisan Catatan Kaki (Footnote)

Hugiono dan P.K Poerwantana, Pengantar Ilmu Sejarah (Jakarta: Bina Aksara, 1987), hlm. 56-58.
Sidi Gazalba, Ilmu Filsafat dan Islam tentang Manusia dan Agama, terj. Bahruddin, Jakarta: Bulan Bintang, 1978, hlm. 100.

Ukuran Kertas dan Font
Kertas : A4
Font : Time New Roman
Size Font : 12
Margin : Atas, bawah, kanan, kiri 4 cm
Halaman : 10-15 hlm
Jarak spasi : 1,5
Referensi : Minimal 5 buku

Cara Menulis Daftar Pustaka
1.   Nama dibalik dari belakang.
2.   Urutkan buku yang dikutip sesuai abjad.
3.   Perhatikan contoh di bawah ini:

Daftar Pustaka:

Contoh Daftar Pustaka dari Presentasi Makalah Seminar
Jika kutipan berasal dari makalah yang dipresentasikan dalam seminar, maka daftar pustakanya ditulis:

Saufani Ahmd. 2015. Konsep Psikologi untuk Lingkungan Sekitar. Makalah dipresentasikan pada Pekan Psikolog Nasional Indonesia, Januari 10-11, Jakarta.
(Makalah oleh Saufani Ahmad berjudul Konsep Psikologi untuk Lingkungan Sekitar, dipresentasikan di Jakarta, Indonesia, pada Pekan Psikolog Nasional Indonesia.)

Contoh Daftar Pustaka dari Buku
Al-Faruqi, Ismail. 1988. Tauhid, terj. Asmani Astuti. Bandung: Pustaka.
Ali, Syed Ameer. 1978. Api Islam, terjemahan HB Yasin. Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Mubarakfury, Syaikh Shafiyyurrahman. 1997. Sirah Nabawiyah. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Demikianlah panduan lengkap cara membuat dan teknik penulisan beserta isi dari makalah yang dapat anda buat ketika anda hendak mengerjakan sebuah makalah ataupun tugas membuat makalah yang diberikan oleh dosen anda. Saya yakin jika anda mengikuti aturan-aturan penulisan makalah seperti atas makalah kuliah anda akan menjadi makalah yang terbaik.

Dan setelah anda membuat menyelesaikan makalah tersebut, selanjutnya sayaa akan menjelaskan juga kepada anda bagaimana cara presentasi makalah kuliah anda, dan apa-apa sajakah yang butuhkan dan dipersiapkan pada saat anda akan mempresentasikan makalah yang telah dibuat. Simaklah penjelasan dibawah ini.
Cara Presentasi Makalah

Setelah makalah selesai dibuat maka anda harus mempresentasikan makalah tersebut agar teman-teman mahasiswa yang lainnya dan juga dosen dapat memahami isi dari makalah yang telah anda buat. Adapun langkah-langkah presentasi yang akan dilakukan nantinya adalah sebagai berikut.

Langkah-Langkah Presentasi Makalah

1. Membagikan makalah
2. Menyiapkan LCD untuk presentasi (dan Power point)
3. Moderator membuka presentasi dan memberikan pengantar
4. Penyaji menjelaskan
5. Tanya-jawab
6. Kesimpulan dan penutup

Presentasi
Presentasi makalah adalah menjelaskan isi makalah yang telah dibuat kepada orang lain. Menjelaskan disini bukan hanya sekedar membacakan makalah, akan tetapi harus dijelaskan secara rinci.

Foto copy makalah
Sebelum dipresentasikan, Makalah terlebih dahulu harus difoto copy dan dibagikan ke semua mahasiswa sekelas dan juga dosen.

Power point
Biasanya untuk melakukan presentasi kebanyakan orang menggunakan software aplikasi yang bernama power point. Dimana di dalam power point, yang perlu anda buat hanyalah point-point penting yang akan dijelaskan saja. Akan lebih baik bila anda dapat menyertakan gambar dalam power point tersebut sebagai pendukung.

Penyaji
Penyaji adalah orang-orang yang turut serta dalam pembuatan makalah tersebut. Dimana masing-masing berbagi tugas dalam menerangkan pembahasan tertentu.

Moderator
Salah satu dari pemakalah yang bertindak sebagai moderator dan bertugas untuk mengatur jalannya presentasi. Namun disini bukan hanya sekedar mengatur waktu dan membagi tugas saja akan tetapi bertugas juga untuk mengulas penjelasan, mengkondisikan forum supaya dinamis, dan lain sebagainya.

Tanya jawab
Setelah makalah selesai dipresentasikan, selanjutnya akan dibuka sebuah sesi tanya jawab, yang bertujuan untuk mengkritisi serta mendalami pemahaman makalah dari makalah yang telah diperesentasikan barusan.

Menyiapkan Catatan
Hal ini merupakan hal yang paling penting dimana si pembuat makalah harus menyiapkan catatan, yang bertujuan untuk mencatat hal-hal penting, terutama pertanyaan peserta.

Demikianlah langkah-langkah presentasi makalah kuliah yang harus anda lakukan nantinya, semoga dengan semua penjelasan yang saya sampaikan dalam tulisan ini dapat membantu anda yang saat ini tengah membuat sebuah makalah, baik itu untuk tugas kuliah, penelitian, ataupun yang lainnya. Semoga artikel mengenai cara membuat makalah dan panduan lengkap penulisan makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda.

Jika anda punya pertanyaan seputar makalah ataupun anda punya contoh lain pembuatan makalah, mari kita diskusikan dikolom komentar yang telah disediakan dibawah ini. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca tulisan saya yang lumayan panjang ini, selamat mencoba dan terimakasih.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...