Cara Membuat Sofa Cantik Dari Botol Plastik Bekas

Anda suka dengan minuman soda dalam kemasan botol plastik dan setelah minumannya habis, biasanya botol plastik tersebut pastinya akan dibuang begitu saja. Padahal sebenarnya Anda dapat memanfaatkan botol tersebut dengan membuat kreasi tangan yang menarik.

Sofa Cantik Dari Botol Plastik Bekas
Daripada membuangnya begitu saja dan menjadi sampah yang tidak dapat terurai dengan cepat dan bahkan hanya akan terurai hingga jutaan tahun. Ada baiknya jika botol-botol plastik yang kelihatannya tidak berguna tersebut Anda simpan saja dulu sampai jumlahnya banyak, sebab ternyata masih bisa dimanfaatkan menjadi barang yang berguna.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan botol-botol tersebut menjadi barang yang berguna, seperti menjadikannya hiasan dan aksesoris cantik, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini saya akan berbagi informasinya kepada anda untuk membuat sofa cantik dari botol plastik bekas yang dapat anda kerjakan sendiri dirumah.

Apa itu Sofa?

Sofa adalah model terbaru dari kursi dan bangku, namun bedanya dari kedua tempat duduk tersebut, sofa ini telah dilengkapi alas berupa busa sehingga membuat permukaannya lebih empuk.

Istilah Sofa berasal dari kata Sopha yang memiliki arti sebagai tempat duduk seperti dipan (tempat tidur). Bentuk asli dari sofa ini berupa sebuah tempat duduk yang tidak berkaki, namun tetap dilengkapi dengan sandaran lengan dan sandaran punggung.

Cara Membuat Kursi Cantik Dari Botol Plastik

Secara umum sofa juga dapat diartikan sebagai kursi panjang yang memiliki lengan dan sandaran, berlapis busa dan upholstery (kain pelapis).

Seiring perkembangan waktu memungkinkan model kursi dan bangku dimodifikasi dengan menambahkan balutan busa, sehingga bisa disebut sebagai kursi-sofa dan bangku-sofa. Sofa identik digunakan untuk mempercantik ruangan serta membutuhkan kenyamanan berlebih, seperti di ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang pertemuan.

Setelah anda mengetahui apa itu sofa, kita kembali ke topik utama yaitu bagaimana caranya membuat sofa cantik dari botol plastik bekas. Dan bagi anda yang sudah mulai penasaran simaklah langkah-langkah berikut ini.

Alat Dan Bahan Membuat Sofa :

- Botol Bekas (berguna sebagai bahan utama kursi)
- Lakban Plastik (berguna untuk mengikat beberapa botol agar tidak mudah terlepas)
- Kardus Bekas/Triplek (berguna untuk menutupi bagian atas dan bawah botol agar rapi)
- Busa (berguna untuk membungkus botol dan membuat kursi menjadi empuk dan nyaman)
- Kain Perca (berguna untuk menutupi permukaan luar agar menjadi rapi)

Cara Membuat Sofa Cantik Dari Botol Plastik Bekas :
  1. Kumpulkan semua botol bekas yang mempunyai ukuran yang hampir sama.
  2. Selanjutnya rekatkan semua botol menjadi satu dengan menggunakan lakban, ikat melingkar dibagian botol, lakukan hingga botol tersusun rapi.


  3. Gunakan kardus bekas atau triplek yang sudah dipotong menjadi lingkaran untuk menjadi alas penutup bagian atas dan bawah botol. Kemudian rekatkan semua dengan lakban plastik hingga benar-benar terikat rapi.


  4. Bungkus semua bagian dengan menggunakan busa yang empuk, lapisi semua bagian seperti nampak pada bagian dibawah ini.


  5. Setelah semua tertutup, kemudian rapikan dengan menjahitnya agar busa tidak lepas. Jahit pada bagian sambungan atas dan bawahnya.


  6. Jika Busa sudah rapi, jahitlah. dan selanjutnya tutup menggunakan kain, kain yang digunakan bisa jenis kain apa saja. Seperti gambar dibawah.


  7. Langkah terakhir, gunakan kain waal, atau kain hias untuk menutupi bagian luarnya agar terlihat lebih cantik.



    Dan setelah jadi maka hasilnya akan seperti ini :

Demikianlah cara membuat sofa cantik dari botol plastik bekas yang tentu saja dapat berguna untuk mempercantik ruangan anda dan juga dapat beristirahat dengan tenang dan nyaman, Anda bisa berkreasi dengan mengganti kain penutupnya dengan selera anda. 

Setelah jadi orang tidak akan menyangka jika kursi yang cantik ini terbuat dari barang bekas. Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi kepada anda. Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini.

Jika anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan pesan anda pada kolom yang telah disediakan, selamat mencoba dan semoga sukses.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...