Cara Modifikasi Motor Agar Lebih Kencang Dengan Biaya Murah

CiptaanTangan.com
Cara Modifikasi Motor Agar Lebih Kencang Dengan Biaya Murah

Motor atau Sepeda Motor adalah kendaraan roda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin yang juga merupakan salah satu alat transportasi paling sering digunakan dalam menempuh sebuah perjalanan dengan cara cepat dan praktis untuk sampai ketujuan. Posisi kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik.
Sepeda Motor

Di zaman sekarang ini motor tidak hanya dijadikan sebuah alat transportasi, namun sebagian orang juga menggunakan motor menjadi gaya hidup modern yang sangat menentukan sebuah penampilan dalam menunjukkan identitasnya.

Biasanya kebanyakan orang akan selalu meinginkan agar motornya bisa lebih kencang pada saat akan berkendara di jalanan, dengan keinginan seperti itulah mereka mulai berpikir bagaimana caranya untuk menambah kecepatan sepeda motor yang dimiliki dengan memodifikasinya.

Jadi dapat diartikan, sebuah motor yang kecepatannya masih bawaan (Standart) pabrik dapat dimodifikasi menjadi sebuah motor yang lebih kencang. Namun untuk memodifikasi sebuah motor pastinya akan banyak menghabiskan biaya untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan, sehingg tidak semua orang dapat memodifikasi sepeda motor bila hanya memiliki sedikit biaya.

Baca Juga : Cara Modifikasi Mesin Pompa Air Agar Daya Hisapnya Meningkat Dengan Mudah Dan Sederhana

Pada kesempatan kali ini Ciptaantangan.com akan coba membahas bagaimana cara modifikasi motor agar lebih kencang dengan biaya murah agar Anda yang hanya punya uang pas-pasan tidak perlu merogo kocek yang banyak untuk memodifikasi kuda besi kesayangan anda dan dengan mempraktekan cara modifikasi seperti dibawah ini:

Cara Modifikasi Motor Agar Lebih Kencang Dengan Biaya Murah

1. Mengurangi Berat Piston

Piston adalah komponen mesin yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa yang membentuk ruang bakar secara bersama-sama dengan silinder blok dan silinder head dengan melakukan gerakan naik turun yang berfungsi untuk melakukan siklus kerja mesin.

Dengan mengurangi berat piston mesin motor akan mampu bekerja dengan lebih ringan sehingga laju kendaraan motor anda akan menjadi lebih kencang. Namun pada saat akan mengurangi berat piston ini, anda terlebih dahulu harus memiliki perhitungan yang pas supaya motor mampu melakukan akselerasi dengan cepat.

Jadi untuk mendapatkan hasil yang sempurna sangat di utamakan ketelitian dan perhitungan ketika akan mengurangi berat piston. Sehingga akan mendapatkan hasil yang benar-benar sempurna.

2. Mengurangi Volume Ruang Bakar

Volume Ruang Bakar adalah volume di atas piston dari ruangan yang terbentuk antara kepala silinder dan kepala piston pada saat mencapai TMA (Titik Mati Atas), yang disebut juga dengan volume sisa dilambangkan dengan Vc (Volume compressi)

Dengan Mengurangi Volume ruang bakar, jika motor memiliki kompresi yang tinggi akan sangat berpengaruh pada kecepatan motor dengan tenaga yang dihasilkan.

Dengan demikian anda perlu meningkatkan kompresi ruang bakar terhadap motor yang dapat dilakukan dengan menggerinda/membubut silinder, sehingga kompresi akan jauh lebih meningkat dan membuat motor mampu berakselerasi dengan cepat. Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengurangi volume ruang bakar yaitu harus dilakukan dengan pas, karena sedikit saja kesalahan dapat mempengaruhi kecepatan lari dan tenaga motor anda

3. Memperluas Lubang Pembilasan

Lubang Pembilasan atau Transfer Port adalah tempat mengalirnya bahan bakar dari bak engkol menuju ke bagian lubang silinder. Lubang Pembilasan biasanya ada di kiri-kanan blok silinder.

Dengan memperluas lubang pembilasan anda dapat menambah kecepatan motor anda, dikarenakan campuran gas dan udara yang masuk ke ruang pembakaran dapat mempengaruhi tenaga motor. Artinya semakin banyaknya gas yang masuk akan semakin baik pula kepadatan gas dan membuat kompresi akan jauh lebih meningkat.

Dalam melakukan perluasan pada lubang pembilasan harus dilakukan dengan batas normal, tidak boleh terlalu lebar, sebab hal itu justru dapat membuat mesin motor menjadi rusak dan tenaga yang dihasilkan juga tidak akan maksimal.

4. Menambah Tenaga Listrik

Tenaga Listrik atau Energi Listrik adalah energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik/energi yang tersimpan di dalam arus listrik yang biasanya dilambangkan dengan satuan amper (A) dan tegangan listrik dilambangkan dengan satuan volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dilambangkan dengan satuan Watt (W) yang berfungsi untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan.

Dengan menambah tenaga listrik hal ini juga dapat semakin meningkatkan kecepatan motor anda, karena motor yang masih dalam keadaan standart, biasanya hanya memiliki tenaga listrik sebesar 6 Volt. Dan untuk menambah tenaga pada motor, anda bisa mengubahnya menjadi 12 Volt.

Dengan mengubah tenaga listrik menjadi lebih besar bukan hanya motor saja yang akan menjadi lebih kencang, akan tetapi lampu-lampu pada motor juga akan menyala lebih terang, sehingga jika berkendara pada malam hari akan menciptakan rasa aman. Bukan hanya itu saja lampu sein dan stop lamp juga akan menjadi lebih terang.

5. Ganti Roda Gigi

Roda Gigi atau Gears adalah bagian dari mesin yang berputar dan berguna untuk mentransmisikan daya. Roda gigi juga memiliki gigi-gigi yang saling bersinggungan dari gigi yang satu dengan roda gigi yang lainnya.

Dengan cara menganti roda gigi belakang dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan akan membuat kecepatan pada motor menjadi lebih stabil dan seimbang dan juga akan mempengaruhi tenaga yang dihasilkan pada motor.

Mengganti roda gigi belakang pun juga tidak sembarangan sebab bila sedikit saja terjadi kesalahan akan sangat mempengaruhi tenaga dan kecepatan yang dihasilkan pada motor. Oleh karena itu pada saat akan mengganti roda gigi belakang lakukan dengan teliti agar memperoleh hasil yang maksimal.

Demikianlah Cara Modifikasi Motor Agar Lebih Kencang Dengan Biaya Murah. Lakukanlah langkah-langkah diatas dengan cara yang benar sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat anda para pengguna Sepeda Motor :D
Previous
Next Post »