Cara Membuat Saus Tomat Sederhana Dengan Bermacam Rasa

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah jenis tumbuhan yang masih tergabung dari keluarga Solanaceae, yaitu tumbuhan asli yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, dan juga Meksiko hingga Peru. Tomat juga termasuk tumbuhan yang memiliki siklus hidup yang terbilang singkat dan dapat tumbuh mencapai tinggi 1 hingga 3 meter.

Ilustrasi Gambar Saus Tomat Yang di Lumuri di Atas Roti

Tomat juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti saus tomat, jus tomat, dan juga sebagai pelengkap sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Dan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi sedikit tips kepada anda tentang bagaimana cara membuat saus tomat atau saos tomat.

Apa itu Saus Tomat atau Saos Tomat?

Saus tomat atau saus tomat adalah saus yang terbuat dari bahan dasar buah tomat yang sudah masak ditambah cuka, garam, gula, dan juga rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Saus tomat juga sering ditambahkan dengan sayuran lain seperti Bawang bombay, dan juga seledri.

Saus tomat juga merupakan sebuah produk yang dihasilkan dari campuran bubur tomat, atau yang biasa disebut dengan pasta tomat atau padatan tomat yang dihasilkan dari olahan tomat yang sudah masak dan diolah menggunakan berbagai macam bumbu-bumbu dengan berbagai macam variasi rasa.

Salah satu merk yang paling terkenal di Indonesia yang sering kita dengar adalah Saus tomat Indofood dan saus tomat ABC, dan masih banyak lagi. Tomat juga diyakini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia, karena memiliki kandungan vitamin yang banyak, namun tidak semua saos tomat yang dibuat layak untuk dikonsumsi.

Resep dari buah tomat segar yang dapat diolah menjadi saus tomat dengan bahan utama tomat ternyata bisa anda lakukan sendiri di rumah. Membuat saus tomat sendiri pastinya bahan yang akan digunakan tentu saja jauh lebih higienis dan sehat, serta bahan terpilih yang jauh dari bahan pengawet kimia.

Baca Juga : Cara Membuat Puding Agar-Agar Coklat Lezat dan Menyehatkan

Perlu untuk anda ketahui sebelumya bagaimana cara memilih tomat yang baik dan berkualitas bagus sehingga ketika anda hendak membuat saus nantinya dapat membuat warna pada saus tomat akan menjadi kelihatan lebih segar dan juga lebih menarik. Untuk membuat saus tomat itu sebenarnya cukup mudah, akan tetapi mungkin masih banyakan yang belum mengerti. Dan untuk anda yang mulai tertarik untuk membuat saus tomat sendiri simaklah langkah-langkahnya dibawah ini.

Langkah-Langkah Membuat Saus Tomat Sederhana

Bahan Pembuatan Saos Tomat


- 250 gr Tomat segar
- 50 gr Gula ( atau sesuai selera )
- 1 sdt Garam

Cara Membuat Saos Tomat

  1. Pertama sekali didihkanlah air untuk rebusan di dalam sebuah panci.
  2. Kemudian masukkan tomat sekitar 1-2 menit, lalu angkat (jangan terlalu lama direbus karena dapat membuat hancur tomatnya).
    Tujuan : Direbus agar kulit luarnya mudah terkelupas pada saat akan dikupas.
  3. Selanjutnya, kupaslah kulit tomat lalu keluarkan isi tomat (bonggol dan biji dibuang),dan anda ambil daging buahnya saja.
  4. Kemudian blender tomat yang sudah dikupas tersebut sampai halus.
  5. Masukanlah tomat tersebut ke dalam wajan panas tanpa minyak serta masukkan pula garam dan gula dan (tujuannya : agar saus bisa bertahan lama).
  6. Kemudian aduk-aduk sampai airnya hilang, dan sampai saus meletup-meletup seperti bubur.
  7. Selanjutnya dinginkan dan simpanlah kedalam wadah kaca seperti botol kaca ataupun toples kaca (rebus terlebih dahulu botol dan toples kaca untuk mensterilkan wadah tersebut).
NB :
  • Jangan lupa untuk memberi label tanggal pembuatan pada botol kaca tersebut, agar anda dapat mengingat kembali kapan anda membuat saus tersebut.
  • Simpan saus tomat di dalam lemari es, dan saus bisa bertahan sampai 6 minggu.
  • Dan saus tomat pun bisa langsung anda konsumsi.
Macam-Macam Variasi Rasa Saus Tomat
  • Saus Tomat Rasa Bawang : Anda bisa menambahkan bawang putih dan atau bawang merah dan atau bawang bombai jika ingin Saos tomat berbumbu dan memiliki cita rasa bawang. Bahan-bahan tersebut dapat anda masukan sewatu direbus bersama tomat, seperti langkah-langkah pembuatan saus tomat yang sama seperti di atas.
  • Saus Tomat Spageti : Anda bisa menambahkan oregano saat proses memasak terakhir jika ingin membuat saos tomat spageti.
  • Saus Tomat Pedas : Anda bisa menambahkan cabe atau cabai jika anda ingin saus tomat pedas yang juga ikut direbus bersama dengan tomat seperti langkah pembuatan saus tomat di atas. Untuk komposisi Sambal pedas ini terbuat dari 90 %cabai dan 10% tomat atau anda dapat menyesuaikannya dengan selera anda.
  • Saus Kental : Anda dapat menambahkan tepung kanji / tepung maizena sebanyak 2 sendok lalu dicairkan dan kemudian tambahkan bahan tersebut pada langkah No. 6 untuk memperoleh kekentalan yang bagus.
Demikianlah tips cara membuat saos tomat sederhana yang menyehatkan dengan bermacam variasi rasa yang dapat anda praktekkan langsung di rumah dan jangan lupa untuk memilih bahan tomat yang berkualitas dan juga tanpa pengawet.

Semoga tips cara membuat saus tomat ini dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga, dan jika anda punya kreasi yang lain dalam membuat saus tomat atau ada yang ingin anda tanyakan. Silahkan tinggalkan pesan anda pada kolom komentar yang telah disediakan. Akhir kata saya ucapkan terimakasih kepada anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan selamat mencoba.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...