Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Beserta Contoh

Kondisi di era sekarang ini memang tidak sesuai dengan harapan bagi kebanyakan orang di seluruh penjuru dunia terutama Indonesia, karena begitu banyak orang yang membutuhkan pekerjaan, akan tetapi lowongan pekerjaan yang tersedia pun sangat terbatas dan tidak cukup untuk menampung mereka semua. Sehingga untuk dapat masuk dan bekerja ke dalam sebuah perusahaan tentu saja akan ada persaingan dengan sangat ketat.

Contoh Surat Lamaran Kerja
Dan hal tersebut juga tak luput dari bagaimanakah cara kita untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita, tentunya sebelum dapat bekerja di sebuah perusahaan, tentu saja harus melampirkan terlebih dahulu yang namanya surat lamaran kerja.

Apa itu Surat Lamaran Kerja?

Surat Lamaran Kerja adalah sebuah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar suatu pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu. Surat lamaran kerja dulunya dibuat dengan menggunakan tulisan tangan sendiri menggunakan pena / pulpen diatas selembar kertas kosong yang berisikan pernyataan bahwa seseorang tersebut memang benar membutuhkan pekerjaan sesuai dengan lowongan yang ada di perusahaan tersebut.

Namun seiring berkembangnya zaman teknologi, kini kebanyakan Surat lamaran kerja dibuat menggunakan komputer dengan cara mengetikkan isi, lalu kemudia di print /cetak diatas sebuah kertas kosong. Biasanya ukuran kertas yang dipakai adalah ukuran Folio/HVS atau A4.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja merupakan salah satu sarana komunikasi yang memiliki sebuah tujuan agar dapat menyampaikan informasi secara tertulis oleh seseorang kepada sebuah perusahaan yang menyediakan lowongan kerja.

Biasanya untuk mendapatkan informasi sebuah pekerjaan bisa dilihat pada iklan di media cetak koran atau pun di media-media online, radio atau bahkan dapat di lihat di Stasiun Televisi. Surat lamaran termasuk kedalam golongan surat resmi, maka dalam penulisannya juga terdapat aspek-aspek tertentu yang harus di perhatikan.

Oleh karena itu penggunaan bahasa Indonesia yang baik serta menghindari kesalahan dalam ejaan dan penulisan huruf haruslah benar-benar diperhatikan. Selain itu struktur dari Surat lamaran kerja juga akan menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan dalam menerima Anda. Maka tentu saja anda harus membuat surat lamaran kerja dengan informasi yang jelas dan tepat sasaran.

Bagaimana Surat Lamaran Kerja Yang Baik?

Saat ini perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melakukan beberapa tahap seleksi yang ketat, dengan harapan tentu saja untuk memperoleh pekerja yang bisa menjalankan tugas yang diberikan dengan baik. Dan proses awal tentu harus melalui seleksi berkas lamaran kerja.

Oleh karena itu membuat surat lamaran kerja yang baik akan sangat membantu anda untuk bisa lolos dalam tahap seleksi awal, sehingga anda akan mendapatkan panggilan untuk maju ke dalam tahap selanjutnya. Dan pada artikel kali ini saya akan membahas tuntas berbagai hal tentang surat lamaran kerja, jadi luangkan waktu anda sejenak untuk membaca dan menyimak artikel ini sampai tuntas.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

Umumnya di zaman sekerang ini surat lamaran kerja tidak perlu lagi ditulis menggunakan tangan, tetapi lebih banyak sudah menggunakan komputer dalam pembuatannya. Sebab di dalam komputer Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan seperti Microsoft Word yang tentunya sangat support untuk membuat sebuah dokumen. Untuk itu ada beberapa tips yang perlu anda ketahui dalam membuat surat lamaran kerja menggunakan aplikasi Microsoft Word.

  • Gunakanlah huruf Times New Roman dengan ukuran 12 pt, sedangkan untuk ukuran kertas anda dapat menggunakan kertas A4 atau Folio. Atau bisa juga disesuaikan dengan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan.
  • Tulislah surat lamaran kerja semenarik mungkin, untuk membuat bagian HRD (Human Resource Departmen) perusahaan tertarik dan ingin mengetahui diri tentang diri Anda lebih dalam.
  • Surat harus ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD yang berlaku. Gunakan susunan kalimat yang baik, singkat, padat dan mudah dimengerti. Tidak menguasai EYD Anda bisa mengecek tulisan Anda di KKBI.
  • Tulislah skill yang Anda miliki sehingga bisa menarik hati perusahaan yang merekrut karyawan. Selain itu masukan juga prestasi-prestasi yang Anda raih.

Hal-Hal Penting Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Terkadang dalam membuat surat lamaran kerja kebanyakan orang sering sekali melupakan hal kecil. Padahal sebenarnya, kecil ini juga tak kalah penting dan sangat berpengaruh sekali pada nasib surat lamaran yang telah anda buat. Untuk itu anda bisa jangan pernah meneliti hal-hal kecil yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja seperti dibawah ini.

Data Pribadi Pelamar Yang Meliputi :
Nama Lengkap
Tempat dan Tanggal Lahir
Alamat
Telepon dan/atau HP
E-mail (bila ada, tidak wajib)
Status Perkawinan

Catatan:
Khusus untuk nomor kontak  adalah hal yang paling penting untuk anda cantumkan di surat lamaran kerja anda, karena jika perusahaan itu menerima surat yang Anda kirim, maka pastinya perusahaan akan memanggil Anda dengan menghubungi lewat nomor yang Anda cantumkan. Bila Anda tidak memiliki nomor kontak, anda dapat menggunakan nomor saudara, tetangga, atau siapa saja yang dekat dengan Anda.

Pendidikan

Tuliskan rekam jejak pendidikan yang pernah Anda jalani. Baik itu pendidikan secara formal atau pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang telah anda jalani mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) dan juga Perguruan Tinggi (Universitas/Akademi). Sedangkan Pendidikan non formal adalah pendidikan seperti kursus, pelatihan atau hal apapun yang menunjang kemampuan Anda.

Pengalaman Bekerja

Bila Anda pernah bekerja di beberapa perusahaan sebelumnya, maka tulis juga pengalaman bekerja Anda. Berapa lama Anda bekerja, posisi yang pernah di jabat dan jenis pekerjaan apa saja yang pernah Anda lakukan. Akan tetapi bila Anda belum pernah bekerja, maka Anda bisa melewatkan bagian ini.

Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Lengkapi surat lamaran kerja dengan bukti-bukti pendukung sesuai pernyataan Anda yang ada di dalam surat tersebut dalam bentuk lampiran. Fungsi lampiran ini adalah untuk mempertegas surat lamaran kerja agar dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan atau instansi yang menawarkan pekerjaan.

Adapun Lampiran tersebut meliputi:

  1. Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  2. Foto copy Ijazah terakhir
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  4. Pas Foto terbaru
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
  6. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
Nah, Itulah beberapa hal yang harus ada di dalam surat lamaran kerja yang Anda buat, dan untuk lebih memperjelas tentang cara pembuatan surat lamaran kerja, Anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang sudah jadi dibawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja




Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu HRD
PT. Informasi Teknologi Siantar
Jl. Dr. Wahidin No. 36 B
Pematangsiantar
Dengan hormat,  Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Informasi Teknologi Siantar yang saya dapatkan dari situs website CiptaanTangan.com pada tanggal 10 Maret 2017. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak /Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Web Developer dengan kode (WD) di perusahaan PT. Informasi Teknologi Siantar.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                               : Mark Zuckerberg
Tempat / tgl. lahir     : New York, 14 Mei 1984
Pendidikan Terakhir : S1 Computer Programmer
Alamat                            : White Plains, New York, United States
Telepon (HP)               : 085262341423
Status                             : Menikah

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu, dan terbiasa menggunakan program aplikasi Macromedia Dreamweaver, Wordpress, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu HRD sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu personalia.


Hormat saya,

Mark Zuckerberg
Previous
Next Post »