Cara Membuat Bingkai Foto Dari Kardus Bekas

Mungkin anda sering mencetak foto-foto anda di saat-saat tertentu, misalkan pada saat berkumpul dengan teman-teman, merayakan sebuah acara pesta, atau bahkan pada saat Wisuda dengan mencetak foto-foto tersebut dengan ukuran tertentu untuk anda jadikan sebagai pajangan di rumah.

Dan biasanya untuk memajangkan foto tersebut dibutuhkan sebuah benda yang biasanya disebut dengan Bingkai Foto atau Bingkai atau Photo Frame.

Bingkai Foto Dari Kardus Bekas
Apa itu Bingkai Foto?

Bingkai Foto (Photo Frame) atau Bingkai gambar (Picture frame) atau sering disebut juga dengan Pigura adalah sebuah benda yang berbentuk persegi atau oval yang merupakan sebuah tepi dekoratif yang dibuat untuk melindungi, memasang,  dan memajang sebuah gambar, foto, atau lukisan. Bentuk.

Pada umummnya Bingkai foto/gambar biasanya di letakan diatas meja atau sering juga dipasang di dinding. Bingkai foto juga biasanya dibuat dari kayu atau logam, dan sering diberi selembar kaca untuk melindungi bagian lukisan/gambar yang dipasang.

Baca Juga : Cara Membuat Origami Bunga Sakura Yang Cantik

Meskipun harganya tidak terlalu mahal, namun jika bingkai berukuran besar maka harganya juga terbilang dapat merogoh kocek jika anda membutuhkan banyak bingkai untuk memajang foto-foto anda.

Proses Membuat Bingkai Foto Terbaru

Untuk itu anda harus berfikir dua kali bukan, jika harus mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk membeli sebuah bingkai foto. Nah, kali ini saya akan memberikan informasi kepada anda tentang cara membuat bingkai foto menggunakan kardus bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Dimana kebanyakan orang akan membuat Kardus bekas milik mereka, dan ada juga yang membakarnya dan lain sebagainya. Dengan keahlian anda yang kreatif, tentu saja anda dapat manfaatkan kardus bekas menjadi sebuah kerajinan tangan yang cantik, unik dan juga kreatif.

Dan bagi anda yang berminat untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah, anda dapat mengikuti tutorial seputar cara membuat bingkai foto dengan mudah dan sangat sederhana seperti dibawah ini.

Langkah-Langkah Membuat Bingkai Foto

Alat Dan Bahan :

- Kardus bekas (disini saya pake kotak sereal
- Spidol
- Cutter
- Penggaris
- Gunting
- Peralatan menggambar dan melukis diperlukan juga.
- Beberapa lem yang berkualitas baik juga dibutuhkan.

Cara Membuat Bingkai Foto Mudah Dan Sederhana
  1. Pertama, potonglah kardus menjadi sebuah kotak menggunakan alat pemotong yang sudah dipersiapkan sebelumnya sesuai ukuran yang akan dibuat.
    - Ukuran bingkai foto biasanya 4×6 atau 5×7 atau sesuaikan dengan ukuran foto.
  2. Selanjutnya tentukan berapa lebar bingkai yang diinginkan
    Misalnya : Untuk ukuran foto 4×6 dan lebar bingkai 2 inchi, maka potong kardus tersebut menjadi kotak dengan ukuran 6×8, lalu potong seukuran dengan Foto.
  3. Jika Anda sudah mempunyai kardus yang berukuran 6×8, maka selanjutnya potong bagian tengah kardus tersebut. Cara mudahnya, tempelkan foto yang akan dipajang tepat di tengah-tengah kardus. Tandai, kemudian potong.
  4. Membuat Garis di Dalam Bingkai (Inner Liner)
  5. Supaya bingkai foto kamu terlihat semakin bagus, sebaiknya membuat seperti double frame. Cara membuatnya anda hanya perlu memotong kertas karton yang berwarna putih, ukurannya lebih kecil dari bingkai luar. Gunakanlah cutter agar hasilnya terlihat lebih rapi.
  6. Kemudian hias atau cat Bingkai Foto (Anda dapat memakai apa saja untuk menghias bingkai foto yang telah dibuat.
    Misalkan dengan cat akrilik atau bisa juga dilapisi dengan striker, kain, dan kertas dekoratif, atau apa saja yang menurut anda bagus dan menarik.
  7. Selanjutnya membuat Bagian Belakang Bingkai Foto. Caranya dengan memotong kardus sebesar bingkai yang anda buat.
  8. Lalu berikan lem pada setiap sudut bingkai foto. 
  9. Setelah itu rekatkan bingkai luar, inner liner dan foto. (bisa memakai selotip, tapi seiring dengan waktu selotip akan lepas), maka sebaiknya gunakan lem, namun jangan terlalu banyak. Serta jangan lupa menambahkan plastik bening bila kamu merasa perlu.
    Sehingga urutannya bingkai luar, inner liner, plastik bening, foto dan cover belakang.
  10. Kemudian Buat Penyangga Bingkai Foto yaitu dengan menggunakan kardus yang lumayan tebal, lalu potong sesesuai ukuran yang telah ditentukan.
  11. Anda juga dapat menghias penyangga tersebut sesuai dengan selera anda.
  12. Kemudian tempelkan di bagian cover belakang bingkai foto dan bingkai foto pun telah selesai dibuat. Dan anda sudah bisa memajang di tembok atau diletakkan di meja sesuai keinginan anda.

Demikian cara membuat bingkai foto dari kardus bekas yang dapat anda buat dengan sangat mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah seperti di atas atau bisa juga mengembangkannya agar lebih terlihat lebih sempurna. Cobalah untuk membuatnya dengan ukuran berbeda, warna berbeda atau bahkan dengan cara yang berbeda sesuai ukuran foto, ide dan inovasi sesuai dengan kreatifitas yang anda miliki.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel singkat saya ini. Semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga, selamat mencoba dan semoga sukses.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Mega Ndower
admin
8 Mei 2018 14.17 ×

Terima kasih ilmunya

Congrats bro Mega Ndower you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar